7 Sikap Positif Ini Jadi Hal Hal Penting Dalam Berbisnis

Ada 7 sikap positif yang menjadi hal hal penting dalam berbisnis. Bagi seorang pebisnis, mempunyai bisnis yang semakin maju dan berkembang adalah tujuan utamanya. Untuk tujuan pengembangan itu, maka ada beberapa hal yang harus anda pupuk dalam diri anda terlebih dahulu. Sebuah tanggung jawab yang besar harus disadari sebagai seorang pebisnis, agar anda bisa sampai pada tingkat kesuksesan. Mulai bisnis anda dengan memperhatikan beberapa formula sikap positif perilaku pebisnis berikut ini.

hal hal penting dalam berbisnis

Image courtesy of Ambro / FreeDigitalPhotos.net

Hal-hal penting dalam berbisnis ini pernah dikupas, seperti yang disebutkan di Antara News, ada 7 sikap dari budaya sukses Action Coach, yang bisa menyelamatkan bisnis anda dalam jangka panjang. Action Coach mempunyai formula khusus, yaitu formula BE x DO = HAVE. BE adalah pola pikir (mind set), sedangkan DO adalah tindakan yang dilakukan, dan HAVE adalah hasil yang didapatkan.

Inilah 7 hal hal penting dalam berbisnis yang harus diperhatikan:

1. Komitmen.

Sikap anda yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang anda kerjakan, dan sesuatu yang anda janjikan merupakan salah satu wujud bahwa diri anda punya komitmen. Bertanggung jawab atas komitmen apapun yang anda buat, baik komitmen pada diri sendiri maupun kepada orang lain. Sikap bertanggung jawab pada komitmen ini dibutuhkan sebagai seorang pebisnis yang baik.

2. Integritas.

Reputasi seorang pebisnis akan dinilai juga dari sisi integritasnya. Kejujuran merupakan salah satu etika bisnis yang diharapkan oleh para relasi dan konsumen sesuai dengan porsinya. Dengan memiliki integritas yang tinggi, orang akan lebih percaya kepada anda, hingga relasi atau orang lain akan lebih mau untuk menjalin bisnis dengan anda.

3. Ownership.

Ownership merupakan salah satu hal penting dalam berbisnis lainnya. Rasa memiliki yang tinggi akan membuat seorang pebisnis menjadi lebih bertanggungjawab dan lebih konsisten atas apapun yang dikerjakannya. Sikap memiliki yang tinggi juga akan membuat anda lebih terpacu untuk menjaga, meningkatkan dan mengembangkan bisnis anda.

4. Komunikatif.

Sifat komunikatif dibutuhkan bagi para pebisnis, untuk meningkatkan kualitas kerjasama anda, baik dengan para relasi, konsumen, maupun dengan karyawan. Kemampuan berkomunikasi bagi seorang pebisnis adalah senjata yang ampuh untuk menjaga keutuhan bisnis anda.

5. Bersifat edukatif.

Tidak puas atas ilmu yang anda miliki sebagai pebisnis, anda akan terus mencari ilmu yang bisa meningkatkan kualitas bisnis anda. Apapun yang terjadi merupakan pelajaran berharga untuk anda. Dengan terus belajar, dan mendapatkan ilmu, anda akan lebih lihai dalam menghadapi dan menyikapi berbagai masalah yang datang. Jangan punya sifat gengsi untuk belajar, dan menganggap diri anda sudah cukup pandai. Terbukalah untuk mendapatkan ilmu baru dari siapapun atau dari apapun.

6. Berpikir sistematis.

Segala sesuatu yang anda rencanakan atau yang akan anda lakukan dalam bisnis anda, lakukan dengan sistematis. Berpikiran sistematis dari mulai sistem kemitraan, sistem marketing, sistem perluasan bisnis, sistem replikasi, dan sistem yang ada dalam bisnis anda perlu disusun dan dilakukan secara terurut dan terarah. Ini akan memudahkan berjalannya bisnis anda, agar sesuai dengan tujuan anda.

7. Humoris.

Sikap yang terlalu serius dalam berbagai hal tanpa ada sikap humoris, sering membuat segala sesuatu menjadi membosankan. Tidak ada salahnya jika anda bisa menyisipkan unsur menghibur atau menyenangkan kepada orang lain. Hal itu tidak membuat orang berpikiran bahwa anda bukan pebisnis yang serius, sikap humoris malah akan membuat orang lebih lebih nyaman dan menyenangkan untuk punya hubungan kerja dengan anda. Menjadi seorang pebisnis dengan kepribadian yang menyenangkan, akan membuat orang lain lebih dekat dengan anda, di berbagai kalangan.

Cobalah untuk berpola pikir positive thinking, dan memperhatikan 7 hal hal penting dalam berbisnis yang telah disebutkan diatas. Inilah kunci keberhasilan yang bisa dijadikan contoh kepada sesama pebisnis dan kepada karyawan anda. Dengan memiliki 7 sikap ini, menjalin hubungan baik dengan orang lain akan lebih mudah dilakukan. Dan tentu saja, bisnis anda akan punya umur lebih lama dan akan jauh lebih baik.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

2 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *