8 Cara Membuat Rumput di Pekarangan Tetap Hijau dan Segar

Rumput hijau di pekarangan rumah dapat memberikan kesejukan serta keindahan. Menjaga kehijauan rumput di pekarangan menjadi suatu keharusan bagi siapapun yang ingin rumahnya tampil asri dan segar. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menjaga dan merawat rumput hijau di halaman rumah anda.

Banyak aktivitas yang dapat anda kerjakan di atas hamparan rumput hijau di pekarangan rumah. Anda dapat menambah keindahan dengan menambahkan berbagai tanaman hias diatasnya, anda juga dapat menghabiskan waktu bermain maupun bersantai bersama keluarga. Selain memberi efek segar, warna hijau dapat memberikan suasana ketenangan.

Berikut saran ini yang dikemukakan oleh S. Windiyani Mustiko, alumnus Landscpe Institut Pertanian Bogor, tentang tips merawat rumput agar lebih hijau dan menyegarkan.

cara merawat rumput di pekarangan tetap hijau

Image courtesy of photostock / FreeDigitalPhotos.net

  1. Air untuk Rumput

Air merupakan salah satu elemen penting untuk kesehatan rumput anda. Ada masa di mana rumput tidak mendapatkan cukup air yang biasanya timbul di musim kemarau, sehingga diperlukan penyiraman yang lebih intensif di pagi dan sore hari. Kondisi air berlebih juga tidak dibenarkan, karena akan menyebabkan pembusukan pada rumput.

  1. Alat Penyiram Rumput

    Pemakaian alat siram rumput seperti gembor dan sprayer akan lebih baik karena air diberikan secara halus dan merata.

  2. Pemupukan Rumput

    Pemupukan adalah salah satu hal yang perlu dilakukan setidaknya tiga bulan sekali. Gunakan pupuk NPK dengan perbandingan antara Nitrogen, Fosfor, dan Kalium 1:1:1. Dosis yang digunakan adalah 100 gr/m2. Campurkan sedikit pasir halus pada pupuk agar sebarannya lebih merata.

  3. Pupuk Organik untuk Rumput

    Penggunaan pupuk organik perlu dilakukan agar tanah tetap gembur dan diharapkan dapat mempercepat proses penyerapan makanan oleh tanaman. Humus yang halus dan kering merupakan salah satu pupuk organik yang baik. Sebarkan pupuk organik di atas permukaan tanah secara merata dengan dosis 1 kg/m2.

  4. Pembersihan Rumput

    Bersihkan rumpus hias anda dari gulma yang mengganggu keindahan dan pertumbuhannya. Usahakan untuk mencabut gulma sampai ke akar-akarnya, dengan bantuan pisau kebun.

  5. Pemangkasan Rumput

    Lakukan pemangkasan rumput di pekarangan minimal seminggu sekali. Khusus untuk musim hujan, biasanya rumput anda akan tumbuh lebih cepat, sehingga pemangkasan harus lebih sering.

  6. Tinggi Rumput

    Pertahankan tinggi rumput sampai 2,5 – 3 cm, agar rumput tumbuh dengan baik dan tampak indah. Begitu pula bila pemangkasan terlalu berlebihan akan menyebabkan kekeringan pada bagian pangkal dan rumbut terlihat botak.

  7. Penyuntikan Rumput

    Rumput yang sering diinjak, tanahnya akan pada dan mengeras. Hal ini akan berpengaruh pada pertumbuhan rumput. Rumput memerlukan udara untuk pertumbuhannya. Karena itu perlu dilakukan penyuntikan dengan cara membuat lubang dengan garpu tanaman sedalam 5 – 10 cm dengan jarak 10 – 3 cm, kemudian isilah dengan pasir atau humus halus. Lubang-lubang ini akan membantu tanaman untuk dapat menyerap air dan udara segar ke dalam tanah.

Perawatan pada rumput secara berkala yang dilakukan secara teratur dapat membuat rumput di halaman rumah anda tetap hijau dan segar. 8 Cara perawatan rumput diatas tidak memakan biaya cukup besar, daripada anda harus mengganti rumput di pekarangan anda dengan rumput yang baru, jika rumput anda telah rusak dan kering. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Referensi: Tabloid Rumah

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 − = two

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>