Cara Menggunakan Hydrogel untuk Tanaman Hias

Bosan dengan penampilan tanaman hias anda di rumah? Tak perlu mengganti tanaman yang sudah ada untuk menambah keindahan rumah anda. Coba anda siasati dengan mengganti media tanam tanah, dengan menggunakan hydrogel untuk tanaman hias. Ada beberapa langkah yang dapat anda ikuti, agar tanaman yang anda tanam tidak rusak saat anda menanamnya.

menggunakan hydrogel dalam vas

Sumber gambar: http://hidr0gel.wordpress.com

Tanaman yang ditanam dengan Hydrogel merupakan salah satu alternatif media tanam yang cukup efektif untuk menambah keindahan di rumah. Paduan warna dapat disesuaikan dengan existing interior di banyak ruangan, dan selera warna yang disukai. Cara menanam tanaman hias dengan hydrogel dapat dilakukan dengan mudah.

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dan cara menggunakan hydrogel untuk tanaman hias:

1. Cabut tanaman dari pot terlebih dahulu. Perhatikan bagian akar-akarnya, jangan sampai ada yang teraputus.

2. Hilangkan tanah dari akar. Untuk lebih mudahnya, lakukan dengan cara merendam tanaman dalam air selama kurang lebih 1 jam. Tanaman yang akan menggunakan hydrogel harus benar-benar bersih dari tanah, karena tanah tersisa dapat membuat hydrogel rusak, bahkan akan lebih mudah untuk ditumbuhi lumut.

3. Cuci semua bagian tanaman hingga bersih. Termasuk bagian daun, batang hingga ke akar-akarnya. Buang akar yang sudah tampak rusak, patah apalagi membusuk. Buanglah akar tanaman dengan memotongnya, jika dirasa terlalu panjang.

4. Langkah cara menanam tanaman ini berikutnya adalah biarkan tanaman beradaptasi untuk bersiap-siap hidup dengan hydrogel. Caranya yaitu dengan menyimpan tanaman ke dalam wadah yang berisi air semalaman. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk melatih dan membiasakan tanaman hidup di tingkat air tinggi.

5. Ambil dan tuangkan air sebanyak 1 liter ke dalam penampungan hydrogel. Sebaiknya menggunakan air matang untuk menjaga agar hydrogel tetap dalam keadaan steril.

6. Siapkan wadah yang telah diisi air tadi. Kemudian masukkan hydrogel kering ke dalam wadah tersebut. Aduk-adauk selama kurang lebih 10 detik agar warnanya lebih merata. Diamkan selama kurang lebih 4 jam, tunggu hydrogel mengembang dengan baik, kemudian tiriskan. Bilas dengan air bersih 1 kali, lalu kemudian diamkan kembali selama 30 menit. Setelah proses ini selesai, maka hydrogel siap untuk dipindahkan ke dalam vas atau pot baru untuk tanaman hias anda.

7. Masukkan hydrogel ke dalam pot kira-kira sebanyak 1/4 volume pot yang akan digunakan. Kemudian masukkan tanaman yang akan ditanam ke dalam hydrogel secara perlahan dan hati-hati. Atur posisinya agar tanaman bisa berdiri tegak. Setelah cukup diatur, maka masukkan sisa hydrogel tadi ke dalam vas sampai semua akar tanaman tersebut tertutup.

Demikianlah langkah-langkah cara menanam tanaman menggunakan hydrogel dalam sebuah vas atau pot. Anda pun akan segera dapat memasang tanaman hias favorit anda yang dapat menghiasi berbagai sudut ruangan anda dengan bersih. Jadikan Hydrogel untuk tanaman hias ini sebagai alternatif pilihan praktis untuk menambah dekorasi warna cantik dalam rumah anda.

Referensi: Tabloid Rumah

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This