Percantik Tanaman Hias, Mengganti Media Tanam Tanah Dengan Hydrogel

Jika anda pernah melihat tanaman yang menggunakan media tanamnya bukan tanah, namun menggunakan media yang bentuknya seperti agar-agar, mungkin anda bertanya-tanya apakah itu. Media tanam seperti ini disebut dengan hydrogel. Banyak tanaman hias yang kini menggunakan media tanam hydrogel. Tidak semua tanaman dapat hidup dengan hydrogel. anda perlu mengetahui tanaman apa saja yang bisa tumbuh dengan media tanam hydrogel.

tanaman hias dengan hydrogel

Image Source: http://hidrogell.wordpress.com

Hydrogel ini diikembangkan oleh para ahli di bidang perkebunan dan tanaman hias. Hydrogel mampu menyerap air hingga 500 kali beratnya sendiri, karena hydrogel merupakan sejenis polymer. Karena sifatnya ini, maka hydrogel dapat dan sering digunakan untuk water reservoir, juga untuk campuran obat, pupuk, parfum dan vitamin.  Hydrogel sendiri mampu menyulai makanan bagi tanaman yang hidup bersamanya.

Diperlukan sedikit trik untuk cara penanaman, cara merawat, hingga cara mencegah kerusakan pada tanaman Hydrogel. Namun ada beberapa keuntungan menggunakan hydrogel dibandingkan dengan penggunaan tanah atau air.

Beberapa keuntungan/kelebihan menggunakan media tanam hydrogel (tanaman hydrogel), yaitu:

1. Tanaman akan tampak lebih indah.

Bentuknya yang seperti agar-agar, bening,  seperti kristal, dapat diberi warna. Namun perlu diingat, bahwa jangan terlalu banyak menggunakan aneka warna dalam satu pot. Karena jika terjadi pencampuran warna satu sama lain, maka dapat menjadi warna hitam.

2. Hydrogel membuat bersih.

Tidak seperti jika menggunakan tanah yang bisa mengotori daerah sekitar tanaman berada, hydrogel akan lebih bersih. Apalagi jika ingin ditempatkan di atas meja, maka tidak akan membuat sekitarnya kotor.

3. Perawatannya mudah.

Tanaman Hydrogel atau ada pula yang menulis ‘Tanaman Hidrogel’, tidak seperti media tanam menggunakan tanah pada umumnya, yang harus menyiram tanaman setiap hari. Tanaman dengan hydrogel cukup disiram satu kali dalam seminggu saja. Jika sering bepergian, maka tidak perlu terlalu khawatir untuk masalah penyiraman.

Hydrogel dapat dijadikan media tanam yang optimal dengan beberapa trik. Tanaman yang dapat tumbuh dengan hydrogel pun harus disesuaikan. Anda harus memilih tanaman yang tepat, agar tanaman tidak mati saat ditanam dengan hydrogel.

Acha Tomosow dari Tanire’s Flora menjelaskan, tanaman yang bisa ditanam di hydrogel haruslah jenis tanaman yang tahan dengan kelembaban tinggi, tahan dengan kadar air tinggi, dan tahan dengan pencahayaan yang kurang. Biasanya tanaman yang punya karakter seperti ini adalah tanaman daun, bukan tanaman yang berbunga.

Beberapa contoh tanaman yang dapat hidup dengan media tanam hydrogel adalah:

  • aglaonema jenis donna carmen
  • anthurium
  • sansiviera
  • diffenbachia
  • philodendron
  • dracaena sp (bambu China, bambu Jepang)
  • scidapsus (sirih belanda)
  • cyperus sp (rumput payung)
  • cordyline sp (berbagai jenis tanaman hanjuang)
  • rumput hias
  • sirih hias
  • sri rejeki

Tak heran jika banyak pecinta tanaman hias kini mulai menggunakan hydrogel pada tanaman hias kesayangan mereka. Pecinta tanaman hias akan mendapatkan beberapa keuntungan jika menggunakan hydrogel. Jadikan tanaman hydrogel sebagai salah satu tanaman hias yang menghiasi kecantikan dan keindahan rumah anda.

Referensi: tabloid-rumah

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

2 Comments

  1. Informasi yang menark dan bermanfaat buat para pecinta tanaman hias.

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *