Tips Cara Mengatasi dan Mencegah Alergi dengan Sederhana

Penyakit alergi dapat dialami oleh siapa saja, tak pandang umur. Kenyataannya, penyakit alergi ini cukup mengganggu meski bukan termasuk penyakit yang berat. Tapi bagi mereka penderita alergi, dari tingkat ringan hingga berat, alergi dapat menjadi penghambat dan pengganggu aktivitas yang cukup berarti. Apa itu alergi? Ikuti beberapa Tips Cara Mengatasi dan Mencegah Alergi dengan Sederhana berikut ini.

tips mencegah alergi

Image courtesy of Stuart Miles / FreeDigitalPhotos.net

Macam-macam alergi yang diderita seseorang dapat berupa alergi dingin, alergi kulit, alergi susu, alergi gatal, dan masih banyak lagi. Gejala-gejala alergi cukup terasa menyiksa seseorang saat alergi tersebut kambuh. Napas terasa sesak, mata memerah,bersin terus menerus, hidung tersumbat, kulit merah-merah, kulit gatal-gatal, badan gemetar, merupakan gejala-gejala alergi yang sering mengganggu.

Apa itu alergi?

Dikutip dari julak-net.blogspot.com. Alergi berasal dari bahasa Yunani yaitu allon atau argon. Artinya adalah reaksi yang berbeda atau menyimpang dari normal terhadap berbagai rangsangan/zat dari luar tubuh. Misalnya debu, makanan, obat-obatan, dan sebagainya. Selain itu alergi atau hipersesitivitas mempunyai arti kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik)atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen.

Apa yang dapat memicu alergi?

Faktor lingkungan, cuaca dan polusi yang memburuk dapat menambah jumlah penderita alergi kian bertambah. Zat pengawet makanan, zat-zat lainnya yang terdapat di rumah, seperti pembersih lantai, pencuci pakaian, kosmetik, obat-obatan, produk-produk perawatan, juga dapat dapat menjadi pemicu alergi. Beberapa jenis alergi dapat diderita oleh seseorang yang mempunya kesensitifan berlebih atau diatas rata-rata di tubuhnya.

Bagaimana Cara Mengatasi dan Mencegah Alergi?

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah alergi adalah dengan menghindari benda-benda atau hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya alergi pada masing-masing penderita. Biasanya setiap penderita alergi memiliki kesensitifan yang berbeda terhadap benda-benda tertentu. Untuk mencegah alergi, sedapat mungkin anda membersihkan lingkungan terdekat anda, seperti di kamar, ruangan kantor, dan lingkungan di pekarangan rumah.

Untuk pengobatan lebih jauh dalam tips mengatasi dan mencegah aleri sederhana ini, sangat dianjurkan untuk langsung konsultasi ke dokter ahli. Dokter dapat membantu mengidentifikasi jenis alergi pada seseorang dan memberikan anjuran tindakan lebih lanjut. Selain itu, penggunaan Antihistamin, diet alergi, dan imunisasi juga untuk dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi alergi. Mengonsumsi jenis-jenis makanan dan suplemen tertentu yang mengandung zat-zat kekebalan tubuh juga menjadi salah satu pencegahan yang cukup efektif terhadap penyakit alergi. Pilih juga jenis-jenis makanan yang mengandung antioksidan, untuk menjaga kesehatan.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This