Tips Melengkapi Dandanan Anak Perempuan

ibu dan anak perempuan

Image courtesy of “imagerymajestic” / FreeDigitalPhotos.net 

 

Anak-anak perempuan, akan mengalami masa dimana ia merasa ingin tampil cantik di antara teman-temanya atau lingkungannya.  Kenyataannya, rasa percaya diri anak dapat dibangun dengan beragam cara, termasuk diantaranya dengan mempercantik penampilan saat pergi ke sekolah. Coba ikuti beberapa tips melengkapi dandanan anak perempuan berikut ini.

Bukan berarti mereka ingin menggunakan make-up, namun penampilan mereka lebih menunjukkan ke penampilan yang rapi dan cantik. Pada masa anak-anak setingkat sekolah dasar, mereka dapat mengekspresikan diri mereka di berbagai kesempatan dan lingkungan, termasuk di sekolah. Atau boleh dibilang, saat ini mereka dalam masa “centil“. Terkadang para orang tua, terutama para bunda, suka kebingungan, menangani masa centilnya anak-anak mereka.

Tips untuk para bunda, yang ingin menunjang penampilan anak perempuan tercintanya, dapat memberikan kepada mereka hal-hal tentang dandanan anak perempuan berikut ini.

1. Jika anak perempuan anda tidak ingin bersolek atau berpenampilan sesuai keinginan anda, jangan paksakan hal-hal yang memang saat ini sedang mereka tidak ingin lakukan. Cukup beri pengertian kepada mereka tentang apa gunanya untuk mempercantik diri. Cukup berikan mereka riasan yang sewajarnya untuk dapat membuat dandanan anak perempuan anda tetap natural.

2. Berikan kosmetik yang sesuai dengan umurnya. Mulai dari perlengkapan mandi, seperti sabun, shampoo, hand & body lotion, sesuaikan dengan usianya. Juga sesuaikan dengan kepekaan kulit lembut mereka. Pilih dan berikan bedak atau talc yang khusus untuk anak-anak. Jangan berikan mereka lipstik atau alat kosmetik lainnya yang khusus digunakan untuk umur remaja apalagi dewasa.

3. Berikan parfum atau cologne yang ringan, dan sesuai pula dengan usianya. Akan lebih baik jika mereka dianjurkan untuk mengenakan cologne di bajunya saja, tidak mengenai kulit. Alasan ini digunakan agar kesehatan kulit mereka dapat tetap terjaga. Jangan berikan wewangian yang menyerupai wewangian orang dewasa.

4. Berikan baju dan aksesoris yang ringan dengan warna-warna ceria. Lagi-lagi hal ini harus disesuaikan dengan usia mereka. Jangan memaksakan aksesoris dewasa untuk mereka kenakan, misalnya gunakan jepit, pita, bandana, kalung, anting, gelang yang wajar dan pantas digunakan anak-anak. Jangan kenakan aksesoris yang melebihi kapasitas umur mereka. Tanya kepada mereka penampilan seperti apa yang mereka inginkan, baru kemudian anda sesuaikan dengan mana yang sesuai dan mana yang tidak sesuai untuk mereka. Artinya disini anda tinggal mengarahkan atas dasar penampilan seperti apa yang mereka inginkan.

5. Ajak si cantik ke salon khusus anak-anak pada masa-masa tertentu, misalnya pada hari Sabtu atau Minggu. Bukan untuk didandani dengan make up, namun berikan kemanjaan kepada mereka untuk merawat rambut indahnya, baik itu dipotong, di creambath, atau perawatan lainnya. Salon khusus anak-anak biasanya menyediakan perlengkapan perawatan yang sesuai dengan usia mereka. Dan salon khusus anak juga biasanya menghindari bahan-bahan yang banyak mengandung zat kimia.

Dan faktor terpenting untuk meningkatkan dan membangun kepercayaan diri anak perempuan anda adalah dengan memberikan pendidikan informal kepada mereka di rumah, tentang berbagai hal yang menyangkut pembangunan kepribadian mereka secara positif. Dengan begitu, kepercayaan diri mereka akan lebih nampak, untuk melakukan berbagai hal positif.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This