Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam di Siku, Lutut dan Tumit

Pernahkah anda memperhatikan keadaan kulit tubuh disekitar siku, lutut dan tumit? Ketiga area ini merupakan daerah yang permukaan kulitnya cenderung lebih mudah berubah menjadi kulit kering dan kusam, kasar dan menghitam. Maka dari itu, diperlukan perhatian ekstra jika ingin merawat kulit kering dan kusam di daerah siku, lutut dan tumit agar tetap tampil sehat. Biasanya, para wanita sering mengeluhkan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada ketiga daerah ini.

masalah dan cara mengatasi kulit kering dan kusam siku lutut tumit

Image courtesy of David Castillo Dominici / FreeDigitalPhotos.net

Menjaga kecantikan wanita dapat dilengkapi dengan menambahkan perawatan beberapa bagian tubuh yang rentan akan kekeringan. Beberapa cara mengatasi kulit kering dan kusam di bagian siku, lutut dan tumit, dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang biasanya tersedia di rumah. Anda juga dapat menggunakan cara-cara perawatan dan mengatasi masalah-masalah tersebut cukup praktis.

Masalah dan Cara Mudah / Praktis Mengatasi Sikut, Lutut dan Tumit Kering

Masalah Tumit

Daerah kulit di tumit, sering menjadi pecah-pecah, mengeras, serta kasar. Keadaan ini biasanya terjadi akibat seringnya menggunakan high-heels, sering bertelanjang kaki, kekurangan vitamin C dan E, kurangnya kelembaban kulit, dan terlalu lama beraktivitas di air.

Cara mengatasi dan merawat:

  • Cara mudah untuk mengatasi masalah kulit kering dan pecah-pecah di bagian tumit adalah dengan menjaga kebersihan serta kelembaban kaki.
  • Sempatkan beberapa kali dalam seminggu untuk merendam kaki ke dalam air hangat yang telah dicampur garam, selama kurang lebih 15 menit. Kemudian oleskan minyak zaitun pada bagian tumit yang pecah-pecah atau kering. Lalu bungkus dengan plastic wrap. Lakukan kegiatan ini malam hari sebelum tidur.
  • Untuk perawatan dalam durasi mingguan, anda dapat menggosok tumit kering dengan menggunakan gula putih yang sedikit dibuat mengental atau seperti caramel yang dicampur dengan sedikit minyak zaitun. Anda juga dapat gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit di bagian tumit.

Masalah Siku

Keadaan kulit di bagian siku sering mengering dan menghitam. Kulit di bagian siku menjadi sensitif karena kadar pigmen-nya lebih tinggi, sedangkan kadar minyaknya sangat sedikit. Kulit dibagian siku cenderung sedikit lebih keras daripada kulit di bagian lainnya.  Sel kulit mati sulit terangkat.

Cara mengatasi dan merawat:

  • Untuk mengatasi masalah kulit keras dan hitam di bagian siku, buatlah scrub yang mampu mengangkat sel kulit mati dan kering tersebut. Salah satu cara mengatasi kulit di bagian siku yang praktis adalah dengan cara membuat scrub yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang terdapat di rumah.  Campurkan garam halus dengan perasan jeruk lemon. Aduk hingga campuran menjadi seperti scrub. Komposisinya dapat disesuaikan keinginan anda. Kemudian gosokkan perlahan ke daerah siku. Biarkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.
  • Lakukan perawatan harian yang praktis dengan selalu mengoleskan body butter atau body lotion, yang mengandung SPF tinggi sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.

Masalah Lutut

Kulit di daerah lutut sering mengering, kasar dan bersisik, bahkan warnanya berubah menjadi semakin gelap. Masalah ini tentu cukup menganggu penampilan anda.

Cara mengatasi dan merawat:

  • Lakukan perawatan praktis di rumah dengan menggunakan herbal. Gunakan campuran kunyit yang dihaluskan, satu putih telur, lemon dan beberapa tetes olive oil. Kemudian oleskan ke daerah kulit lutut.
  • Gunakan body lotion dengan SPF 15 untuk perawatan mudah sehari-hari mengurangi kekeringan di daerah lutut.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dan sayuran yang dapat mendukung kesehatan kulit anda. Lakukan perawatan secara teratur dan berkesinambungan, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wanita di bagian siku, lutut dan tumit anda. Pastikan agar anda terbebas dari masalah kulit kering dan kusam yang mengganggu di ketiga daerah tersebut. Dengan penampilan daerah sekitar siku, lutut dan tumit yang lebih sempurna, tentu akan membuat anda tampil lebih percaya diri, dan tentunya semakin tampil cantik seutuhnya.

Referensi: Tabloid Nova 1301/XXV

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

4 Comments

    • Topik blog nya buat para wanita.. tapi artikel tips tips nya bisa buat para pria juga kok.. ^_^ 🙂

      Post a Reply
  1. ni pakai garam dapur ya maksutnya???

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *