Tips Sebelum Putuskan Membeli Binatang Peliharaan

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan sebelum anda membeli binatang peliharaan? Pelihara binatang kesayangan dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para pecinta binatang. Binatang kesayangan seringkali dapat membantu anda untuk menghindari stress, karena mereka dapat menjadi teman setia anda di rumah. Kelucuan serta loyalitas yang ditunjukkan oleh binatang peliharaan kesayangan anda dapat menjadi hiburan bagi keseharian yang menyenangkan dalam hidup anda.

tips memelihara binatang peliharaan

Image courtesy of imagerymajestic / FreeDigitalPhotos.net

Menurut penelitian dari University of Wisconsin, memelihara binatang ternyata dapat menurunkan risiko alergi pada anak sebesar 33 persen. Bahkan hebatnya, bukan tidak mungkin bahwa orang dewasa yang juga telah menderita alergi bertahun-tahun bisa sembuh dengan cara memelihara binatang.

Sebuah penelitian lain juga menyebutkan bahwa pemilik binatang peliharaan dapat membantu menciptakan kondisi jantung yang sehat. Sebab mereka yang memelihara binatang akan mengalami penurunan tekanan darah dan kolesterol yang menjadi pemicu utama serangan jantung. Dan bagi balita atau anak-anak, memelihara binatang dapat membantu balita dalam mengembangkan ketrampilan sosial.

Namun demikian, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda mengambil keputusan untuk menambah anggota keluarga anda dengan membeli binatang kesayangan.

Tips Sebelum Putuskan Beli Binatang Peliharaan

1. Pastikan punya waktu yang cukup.

Binatang peliharaan akan membutuhkan perhatian dari anda layaknya seperti manusia. Keseharian mereka membutuhkan uluran tangan kita sebagai pemiliknya. Untuk itulah anda perlu memastikan, bahwa anda punya waktu yang cukup untuk memperhatikan dan merawat binatang kesayangan anda, dari mulai memberi mereka makan dan minum, memandikan, mengajak bermain, hingga membersihkan kotoran mereka.

2. Butuh Biaya Ekstra

Selain biaya untuk membeli binatang peliharaan, akan timbul biaya ekstra untuk merawat kecantikan binatang peliharaan anda. Siapkan dana lebih untuk membeli makanan, mainan, atau bahkan persiapan dana saat mereka sakit dibawa ke dokter hewan. Anda harus memberikan mereka tempat tinggal khusus bagi binatang-binatang yang membutuhkan tempat khusus untuk tempat tinggal mereka. Faktor higienis juga harus anda perhatikan dengan hadirnya mereka.

3. Ketahui alergi anda atau keluarga.

Pastikan anda atau anggota keluarga anda tidak memiliki alergi terhadap binatang yang akan anda pelihara. Jangan paksakan keinginan anda untuk memelihara binatang kesayangan, jika anda atau salah satu anggota keluarga anda ternyata memiliki alergi.  Kedua belah pihak, antara anda atau keluarga dengan binatang peliharaan, keduanya harus bisa memberikan dampak kesehatan, bukan malah justru menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

4. Pastikan kondisi binatang.

Perhatikan kondisi fisik dan mental binatang, saat anda memilih dan membeli binatang peliharaan. Jika binatang yang akan anda ambil masih kecil, itu berarti ia harus siap jauh terpisah dari induknya.  Kenali juga jenis kelaminnya, apakah dia jantan atau betina. Karena terkadang, perilaku dan karakter mereka punya sedikit perbedaan diantara keduanya.  Pastikan binatang yang akan anda jadikan hewan peliharaan juga dalam keadaan sehat, tidak berpenyakit.

5. Berkomitmen dan siap dengan konsekuennya.

Dan terakhir, berkomitmen pada keputusan anda saat membeli binatang peliharaan adalah hal penting. Dengan memutuskan untuk merawat mereka, berarti anda harus siap dengan segala konsukensinya, dari mulai masalah waktu hingga kasih sayang atau perhatian. Pastikan anda juga memenuhi segala kebutuhan mereka. Saat mereka jadi binatang peliharaan, maka mereka tidak akan bebas lagi berkeliaran seperti sebelumnya saat mereka tak punya tuan. Maka seharusnya anda yang akan menyiapkan segala keperluan mereka.

Memelihara binatang kesayangan memang menyenangkan dan dapat menjadi teman setia saat anda merasa kesepian. Namun jangan lupa untuk memperhatikan kelima point diatas, untuk memastikan kesiapan anda untuk membeli binatang peliharaan di rumah. Sayangi binatang anda dengan sepenuh hati, karena konon katanya, mereka juga dapat memberikan loyalitas serta timbal balik rasa sayang kepada tuannya, jika anda memperlakukan mereka dengan baik.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

1 Comment

  1. hal yang paling penting untuk diperhatikan juga adalah, akan difungsikan sebagai apa hewan peliharaan tersebut? Jika dipeeruntukan untuk melatih tumbuh kembang anak secara psikis dan fisik maka pilih lah hewan peliharaan yang tidak berbahaya seperti kelinci, kura-kura

    Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This