9 Tips Cari Kerja Gaji Tinggi

Mencari kerja gaji tinggi untuk pemula terbilang cukup sulit. Perusahaan yang mencari pekerja itu banyak, akan tetapi tidak semuanya memberikan gaji tinggi. Selain disesuaikan dengan UMR (Upah Minimum Regional), setiap perusahaan juga menetapkan beberapa aturan untuk menentukan gaji karyawannya. Banyak pertanyaan, “Kerja apa gaji tinggi?.”

tips sukses cari kerja gaji tinggi

Image courtesy of imagerymajestic / FreeDigitalPhotos.net

M. Ali Akbar, konsultan rekrutmen JO Executive, Jakarta, mengemukakan ada pengelompokkan standar rata-rata jenis perusahaan yang menawarkan pekerjaan gaji tinggi.(berdasarkan penuturannya di Majalah Intisari, 2010). Peringkat pertama diduduki oleh perusahaan-perusahaan migas multinasional. Peringkat kedua diduduki oleh perusahaan tambang nonmigas. Peringkat ketiga diduduki oleh perusahaan perbankan. Peringkat keempat bertengger industri telekomunikasi. Di peringkat kelima adalah industri consumer goods dan sejenisnya. Di bidang ini pun, standar gaji tinggi masih di dominasi oleh perusahaan multinasional.

9 Tips Untuk Pencari Kerja Gaji Tinggi

Para pencari diharapkan dapat menemukan profesi yang benar-benar tepat.  Tidak ada salahnya jika memilih profesi menjadikan besarnya gaji sebagai pertimbangan utama. Berikut beberapa  9 tips pelamar yang mencari kerja gaji tinggi.

1. Jika anda adalah sarjana baru, cobalah untuk tidak jual mahal. Sebagai awalan, posisi tawar pencari kerja yang baru lulus masih belum tinggi. Jangan menuliskan permintaan gaji yang terlalu tinggi. Sesuaikan dengan standar gaji perusahaan yang anda lamar.

2. Untuk pertama kali, hendaklah jangan tergiur dengan nama besar dan besarnya gaji yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Utamakan terlebih dahulu untuk mencari pengalaman kerja yang lebih banyak. Jika memang sudah memiliki cukup pengalaman, maka anda dapat pindah ke perusahaan lain atau berganti pekerjaan ke level lebih tinggi, dengan nilai standar gaji yang lebih tinggi.

3. Sikap dan perilaku yang baik merupakan modal utama pencari kerja gaji tinggi. Penilaian sikap dan perilaku itu seperti integritas, kemampuan untuk bisa bekerjasama dengan baik dalam tim, tahan banting terhadap berbagai tekanan, dapat dipercaya, dan sejenisnya. Perusahaan yang memiliki standar gaji tinggi biasanya menetapkan standar yang tinggi pula mengenai hal ini.

4. Bekali diri diri anda dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan sesuai standar yang diharapkan oleh perusahaan-perusaahan. Ini merupakan salah satu kemampuan yang sekarang hampir dipersyaratkan oleh perusahaan-perusahaan. Penuhi persyaratan ini untuk membuka peluang lebih besar mendapat pekerjaan gaji tinggi.

5. Pelajari dulu berbagai hal yang berhubungan dengan perusahaan yang anda lamar. Mulai dari visi dan misi, budaya perusahaan, sistem pengembangan karir, dan yang lainnya. Seorang pelamar bukan nomor satu saat psikotes, dapat menjadi kandidat yang dipilih jika pelamar tersebut lebih menguasai hal-hal tersebut.

6. Pahami job desk atau deskripsi tugas pekerjaan secara detail. Terkadang, ada beberapa pekerjaan dengan jenis yang sama, namun memiliki job desk yang berbeda. Jadi pastikan anda memahami pekerjaan yang anda lamar di perusahaan yang anda tuju.

7. Pahami etiket untuk pindah berpindah kerja. Meski pindah kerja itu sebenarnya tidak dilarang, akan tetapi akan berdampak kurang baik jika anda terlalu sering berpindah-pindah kerja dalam waktu singkat. Sebaiknya, lakukan pindah kerja saat anda telah melewati 3 tahun.

8. Sebenarnya, latar belakang pendidikan apapun yang anda miliki, anda punya kesempatan untuk menempati jabatan-jabatan yang memberikan nilai gaji tinggi. Sudah banyak didapati posisi pekerjaan atau jabatan yang diduduki oleh pekerja yang yang tidak sejalan dengan titel sarjana yang dimilikinya. Misalnya saja, Sarjana Pertanian menjadi Direktur Keuangan, Sarjana Teknik sukses menjadi Manager Keuangan, Arsitek menjadi Presiden Direktur di perusahaan TIK, dan yang lainnya.

9. Ukur kemampuan diri sendiri. Jangan cuma melihat pekerjaan dari sisi besarnya gaji saja. Cobalah buat pandangan anda melihat profesi secara menyeluruh, dimana anda bisa bekerja, berkarya, berprestasi, dalam kinerja yang terbaik. Jangan sampai anda merasa tertekan dalam bekerja, hanya karena mengejar gaji tinggi.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan bagi anda sebagai pencari kerja gaji tinggi. Tak hanya memperhatikan penampilan saat kerja, bangun juga kredibilitas diri anda dengan baik, ini merupakan salah satu persyaratan mutlak untuk meraih kesuksesan dalam profesi atau pekerjaan anda.

Referensi: Majalan Intisari, September 2010

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *