Macam-macam Bagian Daging dan Potongannya

Macam-macam bagian daging sapi dapat diolah menjadi berbagai masakan. Bagian-bagian pada daging sapi dipotong-potong dan disesuaikan jenis masakan yang anda olah. Potongan bagian daging sapi seperti dadu biasanya digunakan untuk membuat sate, atau daging yang dimasukkan ke dalam sayuran. Potongan daging yang lebih lebar dan pipih bisa diolah menjadi steak atau masakan dalam hotplate.

Khusus untuk steak, bagian daging terbaik yang paling sering digunakan adalah daging sapi import, karena teksturnya lebih lebut dan empuk. Jenis daging sapi yang biasanya digunakan untuk membuat steak adalah tenderloin, sirloin, rib eye, dan T-Bone. dengan beberapa macam tingkat kematangan (blue rare, rare, medium rare, medium, dan welldone.)

Jenis daging sapi lainnya  yang juga lezat untuk diolah adalah Wagyu yang berasal dari bahasa Jepang (wa=Jepang, gyu=daging sapi). Wagyu banyak disukai karena juicy, karena sapi-sapinya diberi pakan berkualitas seperti gandum, rumput pilihan dan vitamin. Bagian daging marble-nya adalah bagian terlezat. Anda dapat melihat wahyu bagian marble dengan mengenali guratan-guratan putih dan berlemak di potongan wagyu.

Bagian-bagian Daging Sapi dan Potongannya untuk Diolah Menjadi Hidangan

Macam-macam bagian daging sapi dan potongan

  • Satai & Gulai

Pilih bagian paha (inside), bentuk dadu kecil, tebal 1-2 cm untuk satai. Bentuk dadu besar, tebal 2-4 cm untuk rendang dan gulai.

  • Dendeng & Empal

Pilih bagian paha depan, lalu sayat tipis arah membujur. Setelah itu potong sayatan sesuai ukuran yang dikehendaki8. Untuk empal, rapikan pinggirannya sampai berbentuk balok lalu potong membujur setebal 1 cm.

  • Semur

Pilih daging paha dalam dan anda tinggal merapikan pinggiran daging. Agar bagus bentuknya, potong melintang setebal 1-2 cm.

  • Sukiyaki

Untuk daging jenis ini, pilihlah daging has luar (sirloin). masukkan daging dalam lemari pendingin sampai cukup keras dan mudah dipotong. Potong tipis dengan pisau tajam melintang serat.

  • Tumis

Has dalam cocok untuk masakan sayur yang dicampur daging iris karena cepat empuk. Potong daging agak tebal, melintang serat. lalu potong tipis sehingga diperoleh potongan tipis memanjang.

Trik Membersihkan Daging

Sebelum daging dipotong untuk berbagai keperluan memasak, bersihkan otot-otot dan lemak yang tidak diinginkan. Jika perlu, cuci dan keringkan dengan tisu dapur atau serbet bersih. Hindari mencuci daging setelah dipotong!

Buang lemak-lemak yang menempel pada daging, arahkan mata pisau tajam ke permukaan otot. Setelah dicuci, masukkan ke dalam wadah tertutup, kemudian simpan dalam freezer.

Referensi: Nova 1179/XIII 2010, Nova 1302/XXV 2013

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


× six = 42

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>