Tips Resep Tidur Sehat Untuk Wanita Sibuk

Tidur sehat sangat anda butuhkan agar anda dapat beraktivitas dengan energi yang maksimal. Untuk anda wanita yang punya banyak kesibukan, ada beberapa tips resep tidur sehat yang patut anda coba.  Waktu tidur yang baik lazimnya adalah 8 jam semalam, namun seperti hal tersebut tidak dapat terus dipenuhi bagi anda yang sibuk. Kualitas tidur tidak ditentukan oleh lamanya jam tidur anda. Menurut Dr. Neil Stanley, kepala pusat peneltitian tidur di Surrey, Inggris, yang dibutuhkan adalah tidur nyenyak selama setengah siklus awal tidur anda. Berikut artikel yang dikutip dari Majalah Cosmopolitan (edisi Agustus 2002).

tidur sehat untuk wanita sibuk

Image courtesy of imagerymajestic / FreeDigitalPhotos.net

Tidur nyenyak yang terganggu, akan membuat anda merasa lelah dan panik saat bangun keesokan paginya. Usia di bawah 30 tahun, biasanya hanya butuh 2 jam tidur nyenyak dalam semalam, tidak perduli lima atau sepuluh jam berikutnya cuma tidur-tidur ayam. Lalu bagaimana cara agar anda dapat bangun pagi dengan segar, meski hanya tidur beberapa jam saja?

Resep Tidur Sehat dan Berkualitas Untuk Wanita Sibuk

1. Relaksasi

“Tidur adalah salah satu aktivitas hidup yang menyenangkan dan selalu dinanti-nantikan,” kata Dr. Stanley. “Tertidur tanpa sengaja adalah jalur cepat menuju periode tidur kualitas terbaik selama dua jam. Tidur cara ini lebih efektif untuk mengembalikan kebugaran tubuh.” Untuk mencapai kualitas tidur yang baik anda harus benar-benar rileks saat naik ke peraduan. “Tanggalkan semua rasa stres. Ini yang paling sering menggangu tidur,”tambahnya. Ketika stres melanda pikiran, otomatis otak akan terus bekerja.

Resepnya: Sebelum tidur, tuangkan semua rasa cemas yang melanda pikiran dalam bentuk tulisan. Menurut Dr. Stanley, “Ini cara yang baik untuk melepas keresahan, paling tidak hingga keesokan paginya.” Bisa juga anda coba teknik akupresur: Tekan bagian tengah telapak tangan yang lunak dengan ibu jari. Lalu lepaskan pelan-pelan, kurang lebih sama dengan kecepatan napas rileks – kira-kira 20 kali dalam semenit. Setelah beberapa menita, tubuh dan pikiran akan lebih rileks untuk tidur.

2. Maksimalkan Melatonin

Melatonin adalah hormon pemicu kantuk. Tubuh pasti mengeluarkan hormon ini, kadarnya selama 20 menit bisa dari nol sampai batas maksimum, papar Dr. Stanley.

Pada lingkungan yang tepat untuk memicu produksi Melatonin, jelas ahli terapi Lilias Curtin. Pastikan saat tidur, kamar berada dalam keadaan gelap total. Tak boleh ada secercah sinar pun masuk lewat celah pintu atau dari lampu alarm radio. Kelenjar pineal yang memproduksi melatonin tidak dapat bekerja maksimal jika tidak gelap total. Jauhkan semua peralatan  elektronik dari kamar tidur, karena dapat merangsang aktivitas otak dan mengganggu kualitas tidur.

3. Tidur Siang

Kalau anda termasuk orang yang harus tidur delapan jam atau lebih semalam, tapi sulit memenuhinya, tambah waktu tidur di siang hari, saran Dr. Stanley. Tidur siang dapat memenuhi kekurang tidur anda. Saat lelah, anda pasti terkantuk-kantuk di siang hari. Cari tempat sepi waktu istirahat makan siang, atau cukup tidur di meja kerja. Tidur 15-20 menit saja cukup berarti untuk mengembalikan energi. Budaya tidur siang masih dijalankan di negara-negara Mediteranian. Budaya ini memanfaatkan kondisi tubuh yang sedang menurun di siang hari.

Tapi jangan terlalu banyak juga tidur siang. Efek terlalu banyak tidur sama seperti kurang tidur: badan jadi lemah lunglai. Penelitian terakhir menunjukkan, 40% penderita insomnia justru tidur lebih lama dari yang mereka sadar.

Untuk mengetahui berapa lam waktu tidur yang anda butuhkan setiap hari, kalkulasi rata-rata waktu tidur dalam seminggu, lalu hasilnya dibagi tujuh. Tambah setengah jam bila anda sering mengantuk dan jatuh tertidur. Atau tambah satu jam kalau anda susah tidur malamnya.

4. Halau Suara Ribut

Jauhkan segala sesuatu yang berpotensi mengganggu tidur anda, termasuk di antaranya suara dengkuran dan gemeletuk gigi (baik oleh pasangan maupun anda sendiri). “Jika pasangan anda mendengkur, pasang ear plug di kedua telinga anda,” saran Dr. Stanley.

“Kalau anda tidur mendengkur, tanpa sadar anda akan terbangun beberapa kali.” jelas Marianne Davey dari British Snoring and Sleep Apnoea Association. Redakan suara dengkur ini dengan tidur miring. Tidur miring membuat posisi lidah menjauh dari pangkal tenggorokan sehingga aliran udara tidak terhalang. Udara yang terhalang menimbulkan suara dengkur.

5. Makan yang Kenyang

Mengontrol makan dan waktu makan dapat membuat kualitas tidur lebih baik dan tubuh lebih enerjik keesokan harinya. “makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, mie, roti, kentang, berhubungan erat dengan aktivitas tidur,” kata Jane Clarke, penulis buku Body Foods For Life. Semangkuk mie ayam atau bubur ayam hangat merupakan pil tidur paling ampuh. Setelah perut penuh, rasa kantuk akan menyerang tanpa ampun. Mengapa demikian? Apa yang terjadi sebenarnya dalam tubuh kita?

Sistem pencernaan itu terdiri dari sekumpulan kelenjar otot lainnya, mereka baru bekerja maksimal jika asupan oksigen dan hormon cukup banyak. Sesudah makan, tubuh dengan sendirinya akan memproduksi hormon (seperti tryptophan) yang membuat anda mengantuk. Anda jadi malas bergerak dan tidak dapat mengedarkan oksigen dari perut ke seluruh anggota badan.

Makanan berkabohidrat tinggi merangsang tubuh mengeluarkan hormon dalam jumlah besar hingga membuat tidur lebih lelap. Karena itu, makalanlah karbohidrat saat makan malam. Kalau takut berat badan melonjak, paling tidak makan enam sendok makan nasi atau kentang rebus. Sebaliknya, untuk makan siang, ketika tubuh dituntut untuk banyak bergerak, jangan masukkan karbohidrat dalam daftar menu. Cukup makan protein (ayam atau ikan) dan sayur-mayur serta camilan buah segar. Camilan buah ini bisa anda olah dalam bentuk rujak supaya lebih merangsang selera. Hindari camilan biskuit karena membuat energi tubuh menurun dan menimbulkan rasa kantuk.

6. Bangun tidur dengan segar

Rendahnya kadar gula darah pada malam hari, membuat anda sulit tidur,” jelas Profesor Richard Hammersley, peneliti di University of Essex, Inggris. “Segala jus buah dapat menaikkan kadar gula darah dan memudahkan anda tidur kembali.”

7. Mengatur Sikap Tubuh

 

Sikap tubuh yang benar dapat mengendurkan ketegangan otot yang notabene sering menjadi pengganggu tidur. Selain itu sikap tubuh yang benar bisa meningkatkan aktivitas tubuh sepanjang hari. Walhasil, malamnya anda akan tidur lebih nyenyak. “Sikap tubuh yang salah tidak hanya membuat punggung nyeri, tapi juga mengganggu sistem pernapasan, pencernaan, dan peredaran darah,” jelas ahli psikoterapi pribadi Sammy Margo. “Ruang udara di paru-paru jadi berkurang, akibatnya darah dan oksigen butuh waktu lebih lama untuk sampai ke tujuan. Secara mental dan fisik, anda akan merasa lebih cepat lelah. Tidak cuma mitu, keadaan ini memperparah efek kurang tidur.”

Cara terbaik untuk mendapatkan sikap tubuh yang benar: Bayangkan di perut anda ada sebuah balon yang harus ditekan. Berdirilah dengan posisi tegak untuk menambah ruang diantara tulang iga dan pinggul. Sepatu yang baik dan membawa tas dengan menyilangkannya atau meletakkannya di depan tubuh, juga dapat menyokong sikap tubuh yang baik. Jadi ingat-ingat mulai sekarang, tegakkan selalu tubuh anda.

8. Memanjakan Diri

Ternyata batu-batu permata tertentu dapat memperbaiki kualitas tidur. “Batu safir misalnya, memberi efek menenangkan,” jelas Curtin. “Agar manfaatnya lebih terasa, pakai batu safir berukuran besar selam tiga bulan berturut-turut saat matahari sedang bersinar terik.” Curtin juga mempraktekkan terapi batuan elektronik, sebuah teknik baru yang akan diujicoba di rumah sakit. “Batu-batuan itu bekerja dengan cara menghapus pesan-pesan yang ada di sel-sel rusak, dan menyimpannya di sel-sel yang sehat,” tambah Curtin lagi.

Cara memanjakan diri yang lebih mudah dan murah adalah dengan menggunakan minyak bakar esensial (aromaterapi). Anda bisa lakukan di rumah atau di kantor. Gunakan beberapa tetes campuran daun basil, peppermint, rosemary atau cendana. Tumbuh-tumbuhan ini menyerap rasa lelah dan membersihkan pikiran. Sebelum tidur, oleskan krim lavender atau lemon. Dijamin tidur anda lebih nikmat. Sweet dream!

Sumber: Cosmopolitan, Agustus 2002

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *