Tips Tentukan Waktu Terbaik untuk Check Up Kesehatan

Bukan tidak mungkin, jika pada saat anda mendatangi suatu tempat untuk check up kesehatan, anda mendapat jawaban “Maaf, anda bisa datang kembali besok pagi.” Padahal anda sudah sengaja menyusun rencana ini jauh-jauh hari, ditengah-tengah kesibukan di kantor. Disinilah perlunya anda menentukan kapan waktu yang tepat untuk check up kesehatan anda. Cobalah untuk membuat jadwal khusus untuk berkunjung ke dokter ¬†atau tempat pengecekan kesehatan lainnya.

Tips menentukan waktu yang tepat untuk Check Up Kesehatan

  • 09.00

    tips atur waktu check up kesehatan

    Image courtesy of smokedsalmon / FreeDigitalPhotos.net

Waktu yang paling tepat untuk melakukan tes tekanan darah, kadar kolesterol, atau kadar lemak. Sepagi mungkin tanpa sarapan pagi, merupakan waktu yang paling ideal karena makanan dapat mengacaukan hasil tes anda.

  • 09.30

Ini adalah waktu paling baik untuk mengambil contoh urin. Protein dapat bertambah banyak sejalan dengan bertambahnya waktu yang dapat mengelabui dokter sehingga membuat diagnosa yang keliru.

  • 11.00

Waktu terbaik untuk menjalankan operasi. Pada jam ini para ahli bedah telah “cukup pemanasan” untuk berbagai masalah.

  • 11.30

Waktu terbaik untuk berbincang-bincang dengan dokter. Yaitu setelah jadwal operasi di pagi hari dan sebelum menerima kunjungan pasien. Di antara jam 11 dan 12 ia mungkin sedang istirahat minum kopi dan biasanya suasanan hatinya sedang baik.

  • 14.30

Waktu yang tepat untuk membuat janji kunjungan. Yaitu saat pesawat telepon telah melewati masa yang cukup sibuk.

  • 15.00

Waktu terbaik untuk melakukan kunjungan berobat. Anda akan terhindar dari kesibukan di pagi hari.

Datanglah pada waktu-waktu yang tepat untuk check up kesehatan anda, agar anda tidak terlalu sering menerima penolakan jadwal . Cobalah membuat jadwal dengan waktu-waktu yang diberikan pada tips diatas, agar anda tidak membuang waktu percuma untuk perjalanan dan kemacetan lalu lintas tanpa hasil.

Menyisihkan sedikit waktu untuk memperhatikan kesehatan anda, diantara kesibukan anda sehari-hari di kantor yang melelahkan. Meski anda juga sebenarnya sudah mengonsumsi makanan dan suplemen kesehatan, tak ada salahnya jika ada rutinitas pemeriksaan kesehatan secara berkala.  Dengan begitu anda dapat mengontrol kesehatan anda agar tetap sehat dan fit menjalankan pekerjaan anda.

Referensi: Men’s Health April 2005

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

2 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *