20 Kegiatan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Bikin Badan Tetap Fit Lho!

Bukan cuma makan, olahraga, istirahat teratur yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Banyak sekali kegiatan sehari-hari yang ringan dan ternyata mendukung tubuh untuk tetap bisa fit. Kegiatan-kegiatan rutinitas yang simple ini jauh lebih mudah dilakukan. Anda dapat melakukan berbagai akitivitas sehari-hari yang ringan ini kapanpun dan dimanapun.

Banyak kegiatan sehari-hari di rumah, ataupun di luar rumah terlihat sepele dan nama tidak ada pengaruhnya untuk kesehatan. Padahal tanpa disadari, ternyata kegiatan-kegiatan itu bisa memberi kekuatan dan mendorong agar tubuh kita dapat tetap fit sepanjang hari. Hal-hal ini memberikan support kepada mood juga kesehatan tubuh anda. Coba lihat yuk, kegiatan apa saja itu.

20 Kegiatan Sehari-hari yang Bisa Bikin Badan Fit:

1.    Jangan sepelekan tertawa.

Selain menajdi internal jogging, tertawa sehat mampu memberikan sistem kekebalan tubuh dalam kondisi yang baik. Kinerja otak dan sistem saraf akan lebih baik, dan akana dapat mengurangi resiko penyakit-penyakit saraf.

2.    Mandi dengan air pancuran.

Mandi adalah salah satu kegiatan sehari-hari yang tidak boleh terlewatkan setiap harinya. Air pancuran untuk mandi ternyata dapat memperlancar sistem sirkulasi darah dari jantung, dan dapat meningkatkan kecepatan detak jantung anda. Sedangkan uap air hangatnya akan membantu membersihkan sistem pernapasan. Lakukan ini dengan berdiri tidak lebih dari 10 menit setiap hari.

3.    Merawat rambut.

Pada saat keramas, pijat perlahan kepala anda. Selain baik untuk merangsang pertumbuhan rambut, juga mengendurkan urat saraf yang seringkali menyebabkan sakit kepala. Saat menyisir, darah mengalir ke kepala dan menyebarkan sebum, pelembab rambut alami yang membuat rambut sehat.

4.    Polesan Make-Up.

Gunakan kosmetik yang dapat melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet. Foundation atau pelembab banyak yang menyediakan keperluan itu. Hal ini akan menstimulasi alirah darah dan mengurangi resiko infeksi kulit.

5.    Jangan Sesali Kepanikan

Kepanikan dapat member tubuh stress aktif. Kepanikan dalam waktu singkat dapat memperbaiki system kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi.

6.    Shopping time.

Meski ini bukan kegiatan sehari-hari yang dapat dilakukan, tapi saat anda melakukannya, anda memberikan latihan khusus pada kaki anda. Jalan-jalan saat shopping dapat membuat kaki anda bergerak cepat. Jika dilakukan selama satu jam akan membutuhkan 200 kalori.

7.    Kerja lembur itu penting.

Dengan kerja lembur dan pekerjaan yang menumpuk harus diselesaikan, adrenalin dan kualitas jantung akan meningkat, dapat memompa lebih banyak oksigen ke organ-organ vital tubuh anda, begitu menurut penuturan Dr Simenoff.

8.    Cyber surf bikin sehat.

Lakukan online untuk membantu secara psikologi ketika sedang dalam masa down, badmood, atau stress. Kegiatan online ini dapat menurunkan resiko sindrom kelelahan kronis.

kegiatan sehari-hari berdansa bikit tubuh fit

Image courtesy of photostock / FreeDigitalPhotos.net

9.    Waktunya menikmati dansa.

Berdansa merupakan salah satu latihan kardio-vascular yang menyenangkan. Banyak jenis tarian atau dansa yang dapat anda lakukan, seperti misalnya salsa, tango, atau bahkan tarian tradisional. Pilih mana yang paling anda suka dan dapat memberikan kesenangan pada diri anda. Berdansa dalam waktu 45 menit, dapat membakar 250-500 kalori lemak yang berlebih, yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Kegembiraan yang timbul dapat mengeluarkan hormone serotonin, yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

10.    Falling in love.

Orang yang sedang jatuh cinta, mempunya tingkat penyumbatan darah di jantung yang lebih kecil daripada mereka yang sedang tidak dalam masa itu. Begitu menurut penelitian di Yale University. Bermanfaat untuk mengurangi resiko sakit punggung dan insomnia.

11.    Menciptakan suasana romantis.

Anda dan pasangan dapat membuat suasana romantis sekali-sekali. Kenyamanan, kebahagiaan, serta ketenangan saat menikmati suasana romantic dengan pasangan juga dapat memberikan pengaruh baik untuk kesehatan pikiran dan hati anda.

12.    Sering bercakap-cakap.

Orang-orang yang sering menghabiskan waktu dengan teman-temannya untuk mengobrol, akan lebih sehat daripada mereka yang kesepian dan cenderung menyendiri. Mengobrol dapat memenuhi kebutuhan emosional kita.

13.    Mengunyah permen karet.

Ini merupakan salah satu olahraga mulut. Mengunyah permen karet, akan meningkatkan produksi air ludah, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Permen karet yang mengandung xylitol, dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi tenggorokan dan telinga. Kunyah permen karet setelah makan dapat mencairkan dan menetralkan kadar keasaman plak dari makanan yang bisa menyebabkan gigi rusak.

14.    Tidur di tempat tidur.

Tidur merupakan salah satu cara paling baik untuk menjaga kesehatan. Sel kulit dapat bernganti lebih cepat saat anda sedang tidur. So, pastikan anda punya waktu cukup tidur yang berkualitas selama enam jam, saat anda libur, jika memang anda adalah orang yang super sibuk.

15.    Permainan otak yang menyenangkan dan menguntungkan.

Cobalah untuk sering mengingat agar kerja otak aktif. Hal ini dapat melatih sel-sel saraf otak untuk berlatih memproses informasi dan mengingatnya. Anda boleh bermain game atau melakukan hal-hal kecil pengasah otak seperti mengisi Teka Teki Silang, Puzzle, Scrabble, Sudoku, atau game-game pengasah otak lainnya.

16.    Berfantasi itu boleh.

Jika punya waktu luang, sesekali berfantasilah hal-hal yang anda inginkan, dan menyenangkan untuk anda. Hubungan antara pikiran dan tubuh dapat menstimulasi system kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah, juga dapat meningkatkan kesehatan.

17.    Dengarkan musik yang menenangkan.

Melakukan kegiatan mendengarkan musik yang menenangkan dapat mengubah suhu kulit, pola gelombang otak dan tingkat tekanan hormon di aliran darah. Ketenangan dapat juga memprlambat irama napas sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Bersenandung bisa dianggap seperti mengurut tubuh dari dalam ke luar.

18.    Jangan pikirkan tubuh yang tidak berlekuk.

Lekuk tubuh ekstra jangan dijadikan suatu pemikiran yang memberatkan anda. Perempuan bertubuh pear-shape dengan pinggul dan pantat yang besar, mempunya resiko lebih rendah untuk terkena serangan jantung, diabetes, atau penyakit kardiovascular, daripada perempuan yang memiliki tipe Appled-shape (besar di bagian tengah).

19.    Olahraga mata dengan main mata.

Main mata atau flirting bisa menurunkan tekanan darah, menghilangkan migren, gangguan perut dan sakit leher. Psikolo Letha Hadady dari New York, mendapatkan hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa perasaan menyenangkan yang anda dapatkan akan memberikan anda energy yang lebih besar dibandingkan menghirup secangkir kopi tanpa kafein.”

20.    Jangan ragu dan malu untuk menangis.

Jika anda mudah menangis, bukan hanya karena tersakiti, namun mudah tersentuh saat menonton film yang menyentuh, maka bersyukurlah. Air mata mengandung antibody dan enzim penghancur bakteri yang dapat membersihkan serta melindungi mata, sehingga dapat bersih dari kotoran. Sedangkan emosi yang terjadi, dapat meredakan tekanan, hingga dapat membuat anda terhindar dari ketegangan otot atau sakit kepala.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This