Tak Harus Operasi Wajah Untuk Jadi Lebih Cantik

Haruskah melakukan operasi wajah untuk jadi lebih cantik? “Ekstra Hati-hati, Teliti, dan Cermat” saat anda berkeinginan untuk memperbaiki kekurangan pada wajah baik dengan cara operasi dan non operasi. Ketahui dengan benar masing-masing proses, bahan yang digunakan, efek, serta kepada siapa anda menyerahkan pekerjaan sulit tersebut. Segala hal tentang perbaikan tersebut harus anda kenali dengan hati-hati, teliti dan cermati. Pilih dokter ahli yang bersertifikat untuk keamanan anda.

Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki kekurangan pada bagian wajah yang anda inginkan, tanpa harus melakukan operasi wajah.

2 Metode utama yang digunakan tanpa operasi adalah :

1. Metode Invasive : metode ini menggunakan suntikan / bedah.

2. Metode noninvansive : metode ini tidak menggunakan suntikan, biasanya akan menggunakan produk atau alat.

perawatan kecantikan tanpa harus operasi wajah

Image courtesy of Ambro / FreeDigitalPhotos.net

Disini, kita akan sedikit mengupas tentang apa saja metode invasive tersebut. Beberapa alternatif perawatan tanpa operasi wajah. Untuk metode noninvansive, kita akan sedikit mengupasnya lagi di artikel berikutnya.

Macam-macam metode invasive diantaranya adalah:

1. Botox

Botox adalah metode perbaikan kekurangan wajah dengan menggunakan protein alami, yang dalam dosis sangat rendah dapat melemaskan otot-otot hiperaktif yang menyebabkan timbulnya kerutan di wajah. Suntik Botox ini merupakan perawatan non-bedah yang bertujuan untuk menghaluskan garis dalam membandel, di bagian antara alis yang perkembangannya terus bergerak dari masa ke masa. Fungsi botok lainnya adalah menghilangkan garis-garis penuaan, kerut yang timbul akibat kontraksi oto wajah seperti kerut dahi, kerut antar alis (kernyit), kerut sudut mata (crow’s feet) dan lekukan wajah, mengubah bentuk alis, merampingkan pipi, peremajaan kulit wajah (mesobotox). Dapat juga untuk mengurangi keadaan hiperhidosis (keringat yang berlebihan) pada ketiak, telapak tangan dan telapak kaki.

Perlu diperhatikan, injeksi botox ini juga ada peraturannya. Anda tidak boleh dalam keadaan hamil, menyusui, sedang mengonsumsi obat/resep, memiliki penyakit saraf, otot, jantung, gangguan pendarahan, kejang, kelemahan parah, atau pengecilan otot-otot di tempat suntikan, dan punya masalah kulit di daerah-daerah injeksi.

2. Filler

Orang yang mempunyai masalah dengan kontur wajah biasanya memilih melakukan filler. Akibat faktor usia, dapat mengalami perubahan kontur wajah dikarenakan sel kulit yang semakin sulit mempertahankan air didalamnya, sehingga membuat wajah tampak keriput, tonus berkurang dan turun. Dengan metode ini, anda juga tak memerlukan proses operasi wajah.

Filler biasanya akan ditentukan oleh dokter yang sebelumnya telah melakukan pemeriksaan dengan seksama dan memutuskan bahwa pasiennya dapat melaklukan terapi Dermal Filler. Dokter telah memeriksa banyak faktor penting, mulai dari ketebalan dan tekstur kulit, usia, tipe kulit, preferensi estetika, hasil yang ingin dicapai, toleransi atas resiko, anggaran hingga ke jadwal sosial pasien. Metode Filler ini hanya boleh dilakukan oleh dokter yang menjalani pelatihan khusus Dermal Filler dan bersertifikat. Dan metode ini juga  memiliki peraturan atau persyaratan untuk dilakukan.

3. Thread Lift

Metode kecantikan tanpa operasi wajah berikutnya adalah Metode Thread Lift adalah salah satu prosedur kecantikan yang menggunakan benang khusus, terbuat dari nilon yang tidak mudah menyerap yang diletakkan di bawah kulit untuk memberikan efek kencang dan awet muda. Benang yang memiliki kait ini akan memastikan kulit berada di posisi yang benar dan akan menstimulasi fibrosis serta kolagen sehingga dalam jangka waktu panjang, kulit muka dan leher menjadi kencang. Jaringan di bawah kulit pun akan mengalami peremajaan. Kini sudah ada jenis benang yang dapat melebur bersama jaringan kulit (Happy Lift).

Metode ini dikenal sebagai metode paling aman, karena tidak akan ada proses pemotongan jaringan di kulit. Kemungkinan pendarahan dan infeksi lebih kecil. Perhatikan pula peraturan dan persyaratannya.

Sobat KilasDara, bijaklah dalam merawat kecantikan anda. Apapun metode kecantikan yang akan anda lakukan, sangat direkomendasikan untuk keamanan, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter-dokter ahli terkait sebelum melakukannya. Cek up kesehatan anda, periksakan juga dengan teliti dan seksama ke laboratorium, faktor-faktor penting di tubuh anda ke laboratorium. Cermati pula segala resiko betapapun itu dianggap aman. Keindahan Inner beauty adalah kecantikan abadi untuk diri anda, ini yang terpenting.

Sumber referensi: Tabloid Nova 1301/XXV, dr. Trifena, praktisi esthetic & antiaging medicine.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *