5 Trik Cara Membersihkan dan Mengepel Lantai Kayu

Lantai kayu dapat memberikan kesan unik di sebuah hunian asri. Seperti halnya bahan lantai lainnya, lantai kayu perlu dirawat dengan cara dipel. Namun, ada sedikit trik sederhana tambahan dalam hal perawatan lantai kayu agar tetap bersih, sehat, dan bagus. Lalu bagaimana cara mengepel lantai kayu yang baik dan benar?

Meski pada dasarnya, cara mengepel lantai kayu itu hampir sama dengan cara mengepel lantai pada umumnya, namun jika salah melakukan perawatan, malah justru dapat membuat lantai kayu lebih mudah keropos, kusam dan rusak. Maka dari itu, dibutuhkan sedikit trik tambahan untuk menghindari kerusakan dini.

trik cara mengepel lantai kayu yang baik

Image courtesy by artur84 | freedigitalphotos.net

Lantai kayu lebih cepat lembab dan menyerap air dibandingkan dengan lantai keramik. Sehingga noda dari debu dan cairan akan lebih sulit dihilangkan daripada lantai keramik. Dibutuhkan penanganan yang tepat jika rumah anda memilih lantai kayu sebagai lapisan lantai.

Dikutip dari Boldsky, ada 5 trik cara membersihkan dan mengepel lantai kayu:

1. Perhatikan instruksi bagaimana cara mengepel dari tukang kayu saat anda memutuskan untuk memilih lantai kayu. Jika suatu saat ada noda kopi atau teh yang tumpah, bersihkan daerah yang terkenan noda tersebut dengan kain basah yang bersih terlebih dahulu. Usahakan agar tidak menetes.

2. Sapu semua kotoran, debu atau pertikel kotoran lainnya. Dengan begitu, anda akan akan lebih mudah untuk membersihkan dan mengepel lantai kayu.

3. Pilih dan gunakan kain pembersih yang tepat, bagus dan benar. Perhatikan banyaknya cairan digunakan yang tepat, jangan terlalu banyak, karena hal ini dapat meninggalkan noda membandel dan semakin sulit dibersihkan di lantai kayu.

4. Lakukan proses pengeplan dua kali saat itu juga. Namun bukan berarti lantai kayu anda harus dipel dua kali sehari. Setelah lantai kayu dipel dengan kain lembab atau basah, keringkan kembali dengan cara mengepel untuk kedua kalinya dengan kain kering yang bersih sehingga air cepat diserap.

5. Saat proses perawatan dengan mengepel lantai kayu selesai, hindari lantai kayu diinjak atau dilalui jejak kaki. Anda dapat memilih kain dari bahan katun untuk melakukan pengepelan di lantai kayu rumah anda.

Semoga tips perawatan lantai kayu diatas dapat membuat penampilan lantai kayu di hunian anda semakin awet, indah dan asri. Selamat mencoba!

Referensi : Ghiboo.com

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *