6 Tips Berpendapat Dalam Rapat Kantor

Menjadi pembicara atau peserta rapat, terkadang merupakan moment yang menegangkan bagi seseorang. Apalagi jika dihadapkan pada situasi rapat yang formal. Rasa gelisah, berkeringat dingin, tidak percaya diri, grogi, terkadang membuat seseorang menjadi bersikap pasif, dan takut untuk memberikan suaranya dalam rapat. Simak ulasan KilasDara tentang bagaimana isi 6 Tips Berpendapat dalam Rapat Kantor berikut ini.

tips cara berpendapat dalam rapat kantor

Image Courtesy by Ambro | freedigitalphotos.net

Seseorang juga dapat menjadi tidak fokus pada pokok permasalahan atau topik rapat yang sedang dibahas. Rapat kantor biasanya ditujukan untuk merumuskan suatu strategi atau membahas permasalahan yang berhubungan dengan usaha kemajuan perusahaan. Jadi kehadiran seseorang dalam rapat sebaiknya dapat mendukung kelancaran dan kesuksesan. Anda dapat mempersiapkan diri anda secara maksimal untuk menghadapi rapat, dan tentu bukan hanya persiapan penampilan sebelum rapat saja  Cermati beberapa hal berikut.

TIPS MENYAMPAIKAN PENDAPAT DALAM RAPAT KANTOR

1. Persiapkan Materi dan Bahan Rapat

Setiap rapat kantor yang diselenggarakan tentu ingin mendapatkan keputusan. Sebuah rapat dapat menjadi bertele-tele, atau membutuhkan waktu rapat lainnya, jika saat itu tidak menghasilkan keputusan karena persiapan kurang matang, kekurangan materi, belum ditemukannya kesepakatan, atau sebab lainnya. Jadi sebaiknya, persiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam rapat yang akan anda ikuti, mulai dari materi, hingga ke peralatan penunjang yang dibutuhkan. Buat daftar persiapan yang harus anda penuhi dalam sebuah catatan kecil, dan ceklis satu persatu setiap item yang anda tulis tersebut. Hal ini dilakukan agar anda tidak melewatkan persiapan yang harus anda penuhi untuk menghadapi rapat.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Ikuti dan simak semua materi dan pembicaraan dalam rapat. Sebisa mungkin dengarkan setiap pendapat yang disampaikan oleh peserta rapat. Dengan demikian anda dapat menyusun respon yang relevan dan tidak keluar dari topik bahasan rapat. Fokuslah terhadap rapat yang anda ikuti, agar anda tidak perlu bersikap pasif. Sikap aktif anda diharapkan dalam menjadi kontribusi yang baik dalam tujuan rapat.

3. Jangan Takut Menyampaikan Ide Segar

Tak ada salahnya anda menyampaikan sebuah ide kreatif dalam rapat, namun tetap sesuaikan dengan alur topik dalam materi rapat. Jangan takut dan malu mengemukakan pendapat atau ide anda. Namun jangan sampaikan ide atau pendapat yang keluar jalur materi dalam rapat, atau bersifat abstrak. Ide atau pendapat seperti itu cenderung akan diabaikan atau bahkan tidak diterima.

4. Singkat, padat, jelas dan berisi.

Gunakan gaya bicara yang menggunakan bahasa yang baik dan tidak bertele-tele. Sampaikan segala sesuatu dengan singkat, padat, jelas, berisi dan mudah dipahami oleh peserta rapat. Jangan berbicara terlalu cepat atau terlalu lirih, agar semua peserta rapat dapat mendengar yang anda sampaikan.

5.  Melatih dan Mengasah Kemampuan Diri

Semakin anda sering mengikuti rapat, maka anda semakin terbiasa menghadapi rapat. Maka anda dapat semakin melatih dan mengasah kemampuan diri untuk berbicara di dalam rapat khususnya, dan di depan orang banyak pada umumnya. Sedikit demi sedikit rasa gelisah, tidak percaya diri, akan hilang seiring berjalannya waktu.

6. Kemampuan Mengendalikan Ego dan Emosi

Perdebatan atau perbedaan pendapat dapat terjadi dalam sebuah rapat. Usahakan agar anda mampu mengendalikan ego dan emosi dalam diri anda. Jangan mudah terpancing oleh suasana yang justru dapat menyudutkan anda atau orang lain. Perhaitkan moment serta kesempatan yang tepat, kapan saat yang baik untuk membuka dan menyampaikan segala sesuatu yang ingin anda sampaikan dalam sebuah rapat. Dan cobalah untuk tetap dapat menghargai pendapat atau masukan dari orang lain.

Kemampuan anda tentu akan semakin baik, atau bahkan kehadiran anda dalam sebuah perusahaan tidak akan dipandang sebelah mata, jika anda mampu menempatkan diri anda dengan baik, baik itu dalam rapat, maupun dalam situasi lainnya dalam perusahaan.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This