Merawat Kulit dengan Menyehatkan Kolagen

Rasa khawatir pada kaum wanita yang semakin beranjak dewasa dan tua semakin besar. Wanita mulai memperhatikan dan merasakan keadaan fisik yang semakin bertambah umur akan semakin sensitif. Biasanya, kaum wanita akan semakin khawatir dengan garis-garis halus atau keriput yang mulai nampak jelas secara perlahan atau cepat di kulit tubuhnya, terutama di daerah wajah. Saat itulah, wanita harus mulai sering merawat kulit dengan berbagai cara sehat.

merawat kulit dengan menjaga kesehatan kolagen

Image courtesy by marin | freedigitalphotos.net

Kulit mulai nampak bertambah tua karena kulit akan kehilangan 1% kolagen setiap tahunnya. Kolagen adalah serat-serat protein yang diproduksi oleh tubuh. Kolagen ini merupakan salah satu unsur penting pada kulit. Semakin tua, kemampuan untuk memproduksi kolagen akan semakin menurun secara perlahan atau cepat, bergantung kepada kebiasaan dan gaya hidup masing-masing. Maka dari itu, untuk mendapatkan kulit yang tetap kencang dan sehat, diperlukan perhatian khusus pada kesehatan kolagen kulit pada tubuh anda.

Ciri-ciri Kolagen pada Kulit yang Sudah Semakin Menipis

  • Kulit akan cenderung kering, kusam dan kasar. Terutama pada daerah kulit yang sensitif, akan lebih tampak garis-garis keriput yang semakin hari akan semakin jelas terlihat.
  • Ketahanan kulit semakin menurun. Kulit mudah rusak seperti mudah terkelupas. Kulit tampak tidak sehat karena biasanya nampak seperti kulit bersisik.
  • Kerutan akan semakin terlihat jelas di kulit sekitar mata.
  • Kerontokan rambut semakin sering dialami. Hingga rambut akan semakin tipis dan kusam dari waktu ke waktu.
  • Kerapuhan semakin meningkat pada kuku. Kuku yang mengalami penipisan kolagen akan lebih mudah patah dan terlihat lebih kusam.

Bagaimana Cara Merawat Kulit dengan Menyehatkan Kolagen?

1. Sebisa mungkin kurangi bahkan hindari hal-hal yang dapat membuat kulit berhubungan langsung dengan zat-zat berbahaya dan mengandung radikal bebas. Seperti misalnya polusi udara, asap kendaraan, asap pembakaran, dan debu-debu. Hindari kebiasaan hidup merokok dan minum minuman beralkohol, kopi, dan soda. Hindari juga minuman-minuman yang mengandung bahan pengawet.

2. Saat harus bersentuhan langsung dengan sinar matahari atau sinar ultraviolet, gunakan pelembab tabir surya. Jika kulit terasa kering, gunakan body lotion atau body butter untuk melindungi kelembaban kulit agar tetap terjaga. Juga gunakan krim malam secara teratur untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

3. Penggunaan serum yang mengandung nutrisi dapat dengan mudah meresap ke dalam jaringan kulit yang sudah semakin habis atau menipis. Perawatan ini dapat membantu mengembalikan keadaan kolagen, sehingga kulit akan dapat nampak lebih kencang dan segar.

4. Konsumsi makanan bergizi untuk kesehatan kulit juga merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan kolagen pada tubuh anda. Tips ini sudah bukan menjadi rahasia sebagai salah satu cara merawat kulit yang paling mudah dilakukan. Kekurangan vitamin dan protein, akan membuat kolagen semakin cepat menipis.

5. Olah raga secara teratur dan berkesinambungan. Ini merupakan penyeimbang kondisi kesehatan tubuh anda.

6. Jangan terlalu sering menggunakan kosmetik-kosmetik berat. Sesuaikan penggunaan kosmetik dengan jenis kulit anda. Usahakan anda tidak sering gonta ganti merek kosmetik. Terutama kosmetik wajah. Gunakan tips ini untuk merawat kulit anda agar tetap sehat.

7. Senyum adalah hal yang sangat indah bagi wanita. Menggerakkan otot pada kegiatan yang tidak diperlukan seperti berkerut dahi, cemberut, dadpat meninggalkan kerutan lebih lama tinggal di kulit. Jadi lebih baik tersenyumlah.

8. Istirahat yang cukup, cukup tidur, banyak minum air putih, serta terhindar dari seringnya stress, dapat membantu anda lebih lama terjangkit masalah kerusakan kulit. Perawatan kulit secara teratur akan dapat membuat anda dapat mempertahankan keremajaan kulit lebih lama.

Sobat KilasDara, tinggalkan kebiasaan hidup yang dapat merugikan kesehatan, terutama hal-hal yang berhubungan dengan kerusakan pada kulit, jika anda ingin tetap memiliki kulit sehat, tidak tampak awet muda dan bersinar. Cintai kesehatan dan kebugaran tubuh agar anda tetap dapat menjaga kecantikan anda sepanjang masa.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This