Kilas Informasi Online Dunia Wanita


banner kawalina 728x90

10 Solusi Menumbuhkan Rasa Percaya Diri


Krisis kurang rasa percaya diri pada seseorang sering membuat banyak hal terhambat. Setiap orang memiliki ketidakpercayaan diri sendiri dalam hal yang berbeda-beda. Jika anda merasa memiliki rasa tidak percaya diri berlebihan, sebaiknya anda harus segera mengobati hal ini, sebelum anda menjadi lambat mencapai segala tujuan. Bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri itu?

Tumbuhkan rasa kejujuran dalam diri sendiri sebagai langkah awal untuk mengembalikan rasa percaya diri anda yang pernah hilang. Rasa percaya diri itu akan tumbuh oleh pikiran dan motivasi dalam diri sendiri. Jadi bagaimana anda menyadari dan mengelola segala kemampuan diri maupun kekurangan dalam diri anda, itu adalah titik yang harus dipelajari.

tips cara meningkatkan rasa percaya diri

Image Courtesy by Michal Marcol | freedigitalphotos.net

Berpikiran buruk tentang kegagalan, menekankan banyak keharusan-keharusan pada diri sendiri, pesimis terhadap masa depan, mengecilkan arti keberhasilan, itu adalah contoh pemikiran-pemikiran dari diri anda sendiri, yang menumbuhkan rasa tidak percaya diri semakin tumbuh dan kuat. Ada beberapa hal yang bisa anda terapkan pada pemikiran dan perilaku anda untuk dapat mulai menghilangkan rasa percaya diri. Yuk kita ikuti tipsnya.

Cara Meningkatkan dan Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

1. Mulai Berpikir Jujur dan Objektif

Mulai sekarang, berusahalah jujur dan objektif pada diri sendiri. KenaliĀ  kemampuan, dan kekurangan dalam diri. Gali banyak potensi yang ada dalam diri anda. Temukan berbagai hal yang berharga dalam diri anda, agar anda dapat berusaha untuk mengembangkan banyak hal berharga yang belum dikembangkan.

Kelemahan memotivasi diri, kesalahan dalam pola pikir, tidak disiplin, kurang tekun dalam banyak hal, kurang sabar, sering bergantung kepada orang lain, akan banyak menghambat pengembangan diri untuk jadi orang yang percaya diri. Maka rubahlah hal-hal penghambat dalam diri anda yang seperti itu.

2. Jujur pada Prestasi Diri

Jujurlah terhadap banyak hasil dan prestasi yang pernah anda raih. Jangan pandang besar atau kecilnya, tetap hargai perolehan itu. Jangan sekali-kali merendahkan hasil yang telah anda capai. Kebanyakan orang cenderung lebih berpikir banyak kekurangan daripada kelebihan yang ada pada dirinya. Itu sebabnya, seseorang yang tidak bisa menerima diri apa adanya membuat seseorang kurang menghargai dirinya sendiri.

Kejujuran pada diri sendiri merupakan tongkat utama yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Belajar untuk bersikap positif dan seimbang seimbang melihat sisi kelebihan dan kekurangan dalam diri.

3. Siapkan Strategi Matang

Persiapkan diri anda untuk menghadapi berbagai tantangan dalam perjalanan meraih tujuan. Jika anda mampu berpikir secara logis dan objektif, maka anda dapat memprediksi setiap resiko yang akan dihadapi. Dengan bagitu, anda akan dapat berusaha sebaik mungkin memperkecil efek atau resiko sehingga anda dapat melewati masa sulit dan menghadapi rintangan.

Fokuslah terhadap tujuan diri anda, bukan kepada harapan orang lain. Jangan sampai anda berhenti begitu saja dalam usaha mencapai tujuan, hanya karena mendapatkan penolakan.Ini merupakan salah satu cerminan bahwa diri anda takut menghadapi resiko. Jadi, persiapkan diri anda untuk menghadapi berbagai resiko agar anda mampu mencapai tujuan.

4. Belajar Mengontrol Pikiran

Menyalahkan diri sendiri merupakan hal yang paling sering terjadi saat seseorang menghadapi kegagalan. Padahal sebenarnya, faktor kegagalan yang dialami adalah bukan murni kesalahan yang ada pada diri anda sendiri. Jangan jadikan kegagalan itu sebagai bukti ketidakmampuan diri anda.

Cobalah melihat kegagalan dari sisi positifnya terlebih dahulu. Semua orang pernah mengalami kegagalan, tak pandang siapa dirinya, konglomerat, selebritis, pengemis sekalipun. Belajarlah untuk mengetahui kesulitan serta kelemahan yang membuat kegagalan itu muncul dari diri anda, namun bukan berarti untuk disalahkan. Cobalah temukan hal itu untuk membangun motivasi diri anda agar kedepannya bisa lebih baik, dan buktikan pada diri sendiri, bahwa anda mampu menghadapinya di kemudian hari.

5. Hilangkan Rasa Bersalah dan Menyalahkan yang Berlebihan

Jika segala hal yang telah anda lakukan belum ada hasilnya setelah sekian lama, jangan salahkan diri sendiri, apalagi menyalahkan nasib dan Tuhan. Banyak orang yang kurang percaya diri dikarenankan kurangnya rasa bersyukur terhadap segala pemberian Tuhan, rahmat, kekayaan, kecantikan, kemampuan, prestasi, kesuksesan, dan yang lainnya. Rasa iri dan kurang percaya diri akan semakin tumbuh.

Kuncinya disini adalah, jangan buat diri anda mudah menyerah dan putus asa. Buatlah diri anda untuk mensyukuri segala pemberian Tuhan, dan berhenti menyalahkan diri anda, apalagi menyalahkan Tuhan.

6. Mimpi dan Kenyataan

Jangan terjebak hidup dalam khayalan. Bukan berarti tak boleh bermimpi, bermimpi itu sangat boleh, namun jangan buat diri anda larut dalam mimpi berlebihan. Jadikan mimpi sebagai motivasi. Fokuslah kepada tujuan-tujuan nyata dan cita-cita. Cobalah mengevaluasi diri untuk mewujudkan banyak mimpi dengan karya nyata. Jangan kecewa atas gagalnya meraih salah satu mimpi, masih banyak mimpi-mimpi lain yang bisa anda usahakan untuk tercapai.

7. Bangun Motivasi

Bangun motivasi diri anda semaksimal mungkin dalam hal berkarya, berjuang, belajar, dan yang lainnya. Keyakinan untuk tetap berhasil apapun rintangannya, adalah sebuah motivasi. Kegagalan seringkali berawal dari sebuah keragu-raguan. Mulailah segala sesuatu dengan keyakinan.

Pepatah mengatakan, “Semakin seorang manusia banyak merasakan kegagalan, semakin ia tidak takut akan kegagalan itu, kegagalan adalah guru terbaik, dan kegagalan adalah sukses yang tertunda.” Jadikan kegagalan sebagai motivator dan untuk memprovokasi diri untuk lebih semangat mencapai tujuan.

Usaha yang sungguh-sungguh disertai dengan semangat dan kerja keras akan membuahkan hasil yang maksimal. Latih kemampuan untuk membangun motivasi ini terus menerus dalam diri anda dan jangan mudah putus asa.

8. Cuek Pada Slentingan Miring

Belajar cuek pada sindiran, kritikan, cercaan atau hinaan. Kembali lagi, cobalah menerima hal itu semua sebagai suatu motivasi. Jangan mudah terpengaruh dan terperosok jika menerika perlakuan-perlakuan tersebut, apalagi membuat diri anda down. Belajarlah untuk lebih menerapkan positive thinking dalam banyak hal.

9. Belajar Atasi Ketegangan

Tahukah anda, bahwa ketegangan itu sebenarnya punya banyak manfaat, begitu menurut pakar psikologi. Ketegangan itu mampu mempertahankan diri saat menghadapi ancaman atau bahkan untuk menangkap kesempatan. Berpikirlah positif saat menghadapi ketegangan. Hadapilah dan berusahalah atasi dengan cara-cara yang bisa anda temukan sendiri untuk menghilangkan ketegangan itu.

10. Usir Rasa Bimbang

Buat keputusan dengan efektif dan tepat, namun memiliki resiko yang cukup rendah. Cobalah mengusir bimbang dengan menganalisa beberapa pilihan, yang dapat dijadikan bahan pertimbangan pada keputusan yang akan diambil. Ketahui untung dan ruginya masing-masing.



One comment

  1. pada kenyataannya hal ini tidak mudah untuk dilaksanakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 × two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>