Syarat Donor Darah dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Betapa berharganya setitik darah, terutama bagi mereka yang membutuhkan transfusi darah untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Donor darah memiliki nilai kemanusiaan yang sangat tinggi. Donor darah merupakan suatu kegiatan sosial yang mulia, dimana pendonor dan penerima donor dapat merasakan manfaatnya, baik dari sisi sosial maupun dari sisi kesehatan. Jika anda berkenan untuk mendonorkan darah, maka ada beberapa syarat donor darah yang harus anda penuhi sebelumnya.

Dikutip dari rhesusnegatif.com, donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian dipakai pada transfusi darah. Dunia Internasional telah menetapkan tanggal 14 Juni sebagai Hari Donor Darah Sedunia.

syarat donor darah dan manfaatnya untuk kesehatan

Image courtesy by Sailom | freedigitalphotos.net

Siapapun dapat mengajukan dan kemudian melakukan donor darah dengan beberapa persyaratan menjadi pendonor darah. Syarat donor darah ini ditetapkan agar pendonor maupun penerima donor tidak mengalami hal-hal yang beresiko buruk. Banyak mitos-mitos buruk tentang donor darah yang tidak terbukti kebenarannya, seperti mitos yang mengatakan jarum suntik super besar, setelah pengambilan darah badan jadi lemas, mencegah sakit jantung dan kanker bisa tertular penyakit, menyebabkan adiksi, membuat awet muda, bikin badan jadi gemuk, pria lebih cocok jadi pendonor, dan mitos-mitos lainnya.

Prosedur awalnya, biasanya seorang dokter akan memeriksa calon donor yang mengajukan diri terlebih dahulu secara gratis. Hal ini dilakukan untuk mengetahui golongan darah dan apakah calon pendonor memenuhi persyaratan medis atau tidak untuk menjadi seorang pendonor. Syarat pendonor darah diawali mulai dari pengecekan darah di awal, maka akan dikeluarkan hasil melalui “Tes Screening”.  Jika pendonor memiliki riwayat penyakit, baik penyakit serius atau tidak, maka akan diketahui sejak hasil tes awal. Sehingga akan dapat ditentukan dan diputuskan, apakah calon pendonor memenuhi persyaratan untuk menjadi pendonor atau tidak. Demikian prosedur dan syarat untuk dapat mendonorkan darah di PMI.

Dikutip dari Femina.co.id, mengenai mitos tentang penularan penyakit; dalam bekerja, Palang Merah Indonesia (PMI), badan resmi yang menangani donor darah di tanah air, selalu mengikuti standar internasional. “Mereka mengadopsi cara-cara American Red Cross Blood Services,” terang dr. Nyoto. Para petugas PMI pun terus menjalani training untuk meningkatkan keahlian. Sebelum aksi donor darah digelar, mereka akan meneliti apakah sarana dan lokasi yang ada layak dari segi kebersihan. “Bila tidak, mereka pasti akan mencari lokasi lain,” sambung dr. Nyoto. Jarum yang digunakan pun dipastikan steril dan sekali pakai. Dan, yang melegakan, tak ada satu pun kegiatan donor darah umum –di rumah sakit ternama sampai di tenda-tenda daerah terpencil– yang tidak berada di bawah pengawasan PMI.

SYARAT DONOR DARAH :

1. Pendonor berusia antara 17-60 tahun.
Pendonor berusia 17 tahun harus memiliki surat izin tertulis dari orang tua. Diatas 60 tahun dibutuhkan pertimbangan dokter.
2. Berat badan minimal 45 kg.
3. Temperatur tubuh diantara 36-37.5 derajat Celcius
4. Denyut nadi teratur yaitu antara 48-100 per menit.
5. Tekanan darah normal, sistole 110 – 160 mmHg, diastole 70 – 100 mmHg
6. Hemoglobin (Sel darah merah) tidak boleh kurang dari 12,5 gram (untuk pria) dan 12 gram (untuk wanita).
7. Pendonor telah tidur malam minimal 5 jam.
8. Jumlah pendonoran maksimal 5x, dengan jarak penyumbangan darah sekurang-kurangnya 3 bulan.
9. Memenuhi persyaratan medis. Sebagai tambahan referensi persyaratan medis apa saja yang harus dipenuhi, anda dapat kunjungi situs WikiMu.

Detail mengenai Donor Darah dan Berbagai Programnya dapat anda lihat langsung di website resmi Palang Merah Indonesia.

MANFAAT DONOR DARAH UNTUK KESEHATAN

1. Manfaat diet; donor darah dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu membakar kalori.
2. Deteksi dini dan mencegah resiko kesehatan.
3. Melindungi jantung.
4. Mengatur kontrol kesehatan, mencegah penyakit langka
5. Meningkatkan sel darah merah, melancarkan sirkulasi darah, memperbaharui sel dalam darah, memaksimalkan darah dalam paru-paru.
6. Meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal.
7. Meningkatkan kesehatan psikologis.
8. Menurunkan zat seng dalam darah, mengalahkan kelebihan zat besi.
9. Menghilangkan kaku pundak.
10. Mengetahui dan mengatur lebih lanjut tentang tipe darah individual.

Menolong sesama yang membutuhkan merupakan tugas mulia. Sepanjang anda sudah dapat memenuhi syarat mutlak donor darah seluruhnya, anda dapat mempercayakan pendonoran darah kepada PMI. Tak perlu ragu menyumbangkan darah anda demi kelangsungan hidup sesama, jika memang anda dalam keadaan sehat dan memenuhi persyaratan medis.

Referensi:
tabloid nova
http://rhesusnegatif.com/article_detail.php?id=50
http://www.wikimu.com/news/displaynews.aspx?id=12859
http://www.femina.co.id/isu.wanita/kesehatan/kusumbangkan.darahku/005/005/250

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This