7 Bahan Makanan Hijau yang Kaya Manfaat

Sayuran dan buah-buahan  yang berwarna hijau segar mempunya nilai gizi yang baik untuk kesehatan. Namun demikian, tak semua orang menyukainya. Ada banyak orang yang justru malah menghindari makanan berwarna hijau. Ada beberapa manfaat bahan makanan serba hijau yang dapat anda rasakan dengan cara yang mudah. Ikuti dan simak ulasannya berikut ini.

7 Bahan Makanan Hijau Kaya Manfaat dan Tips

  • Teh Hijau

manfaat teh hijau

Image courtesy by zirconicusso | freedigitalphotos.net

Teh hijau memang sudah terkenal serbagai bahan minuman yang bergizi. Manfaat kandungan antioksidan di dalamnya dapat mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti misalnya penyakit diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Selain sebagai bahan yang dapat mencegah penuaan dini, teh hijau juga dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat dan payudara. Kekuatan teh hijau juga dapat merawat kesehatan serta kecantikan kulit tubuh.

Tips Penyajian:

Cara paling praktis adalah membuat minuman atau menyeduh teh hijau, dan dapat segera dinikmati sebagai minuman hangat atau dingin. Namun selain itu, teh hijau dapat dipadukan menjadi berbagai olahan minuman lainnya, macam-macam olahan kue atau roti.

  • Edamame

manfaat edamame

Image courtesy by by ponsulak | freedigitalphotos.net

Edamame adalah jenis kedelai Jepang yang dapat ditemui dan dibeli dalam keadaan mentah maupun siap makan. Bahan makanan dari kedelai merupakan sumber protein, lemak, serat dan antioksidan yang baik. Edamame juga mengandung isoflavon yang terbukti dapat mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara, mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi gangguan saat menopause.

Sementara itu, makanan yang kaya akan antioksidan dapat mendukung penguatan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko kanker. Namun, belum banyak yang mengetahui hal ini, karena selain terlihat seperti kacang biasa, kacang kedelai hijau yang satu ini dulu dianggap sebagai makanan yang kurang modern. Kadar protein edamame jauh lebih tinggi 36% daripada kedelai matang.

Tips Penyajian:

Rebus kacang edamame selama sekitar 5 -10 menit saja di dalam air yang telah diberi garam secukupnya. Selain dapat dijadikan camilan bergizi, edamame juga dapat dipadukan dalam berbagai macam masakan lezat, dimasukkan sebagai bahan campuran salad, atau masakan sayuran lainnya. Untuk anda vegetarian atau sedang diet, edamame cocok untuk sajian menu diet anda, karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.

  • Kiwi

manfaat buah kiwi

Image courtesy by Grant Cochrane | freedigitalphotos.net

Buah Kiwi Hijau memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk manis. Buah ini memiliki bulu-bulu tipis di permukaannya. Manfaat buah hijau yang satu ini merupakan sumber asam amino arginin dan glutamat, sehingga ia mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah, juga digunakan untuk mengobati gejala impotensi. Selain itu, kiwi juga dapat menangkal radikal bebas, membantu menjaga kesehatan mata, dan bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada otak atau saraf tulang belakang, juga mengatasi kekurangan zat besi.

Tips Penyajian:

Buah Kiwi dapat disajikan kedalam berbagai bentuk minuman dan makanan lezat. Kiwi dapat menjadi bahan campuran sajian minuman buah segar bersama buah-buahan lainnya. Buahnya yang segar juga dapat dikudap.

  • Buncis

manfaat bahan makanan sayuran buncis

Image courtesy by SOMAI | freedigitalphotos.net

Buncis merupakan salah satu jenis polong-polong yang berwarna hijau sebagai sumber serat dan asam folat. Buncis mengandung vitamin A, K dan C yang cukup tinggi. 10 Batang buncis akan dapat memenuhi kebutuhan vitamin sebanyak 15%, jika dikonsumsi setiap hari.  Khasiat buncis diantaranya adalah dapat memperkecil resiko kanker ganas, mengobati tukak lambung, dan dapat menahan kadar gula dalam darah, sehingga penderita penyakit diabetes dapat mengonsumsi  sayur ini.

Tips Penyajian:

Buncis dapat dijadikan lalapan, atau dijadikan bahan makanan membuat masakan oseng-osengan dan sayur berkuah seperti sop. Selain itu, buncis juga dapat direbus bersama minyak zaitun atau direbus untuk kemudian dicampurkan ke dalam sajian salad segar.

  • Thyme

manfaat daun thyme


Image courtesy by Evan-Amos (Own work) [CC0], via Wikimedia Commons

Thyme merupakan, bumbu dapur jenis rempah yang berasal dari Mediterania mengadung banyak khasiat. Bentuknya berupa daun-daun kecil dengan batang berwarna coklat.  Bahan herbal yang satu ini merupakan salah satu rempah yang digunakan sebagai pemberi rasa dan aroma khusus. Satu sendok teh thyme setiap hari, akan dapat memenuhi kecukupan zat besi, vitamin  A, B, C, E dan K. Khasiat Thyme diantaranya adalah mampu meningkatkan daya konsentrasi, mengurangi resiko kanker,  mencegah peradangan, mengobati bekas luka gigitan serangga atau luka bakar karena sifat antiseptiknya, menjaga pencernaan dan pernafasan, termasuk untuk mencegah gigi berlubang dan menghindari masalah bau mulut.

Tips Penyajian:

Digunakan sebagai bumbu rempah di berbagai masakan, baik masakan tradisional maupun masakan modern. Thyme juga akan memberikan aroma dan citarasa lezat pada masakan ikan dan telur.

  • Paprika Hijau

manfaat paprika hijau

Image courtesy by Gualberto107 | freedigitalphotos.net

Paprika hijau merupakan salah satu jenis cabai sebagai makanan yang kaya vitamin C dan sangat rendah kalori. Selain kaya akan serat, paprika hijau juga mengandung vitamin A, potassium, dan kadar airnya cukup tinggi. Paprika hijau dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh, mencegah penyakit mata dan mencegah resiko penyakit kanker. Selain itu, paprika dapat menurunkan kolesterol, mengontrol diabetes, meredakan nyeri, juga inflamasi.

Tips Penyajian:

Paprika Hijau dapat dicampurkan dengan berbagai bahan dasar pembuatan makanan lainnya ke dalam aneka masakan, juga salad. Jika dimasak sebentar saja dalam api kecil, paprika akan terasa lebih manis, dan nutrisi flavonoid di dalamnya bisa didapatkan lebih maksimal. Paprika Hijau juga dapat dijadikan kudapan. Warnanya yang segar dapat menggugah selera saat disajikan segar dalam berbagai masakan istimewa.

  • Basil

manfaat daun basil

Image courtesy by by SOMMAI | freedigitalphotos.net

Basil merupakan salah satu rempah-rempah dari dedaunan berwarna hijau yang mengandung vitamin A, C, K dan B6, kalsium, seng dan zat besi. Kandungan minyak atsiri dalam Basil dapat membantu orang yang mudah panik, dan menurunkan kadar stres, jika dikonsumsi secara teratur. Basil juga dapat menyehatkan kulit wajah dan akan sangat bermanfaat untuk mencegah jerawat. Tanaman herbal ini juga dapat menjaga kesehatan kulit, rambut, pencernaan, kesehatan jantung, pernapasan, meredakan sakit kepala, juga baik untuk sistem imun tubuh.

Tips Penyajian:

Basil memberikan citarasa khas pada masakan italia dan mediterania, pasta dan berbagai masakan lainnya. Basil juga dapat disimpan dengan diolah menjadi saus pesto yang dicampur dengan bawang bombay, kacang pinus, tomat, dan sedikit minyak zaitun.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This