Kelebihan Paving Block Untuk Mempercantik Eksterior

Anda tentu sering melihat sebuah taman, tempat parkir, teras, carport, halaman rumah yang menggunakan perkerasan dengan berbagai bentuk berukuran kecil-kecil  yang tersusun rapi. Perkerasan yang digunakan ini biasanya menggunakan bahan bangunan yang disebut dengan Paving Block. Bahan ini sering digunakan untuk area eksterior. Paving block memberikan beberapa kelebihannya dari berbagai faktor. 

Apa yang dimaksud dengan Paving Block?

Paving Block adalah salah satu produk bahan bangunan yang terbuat dari komposisi campuran semen portland atau bahan pereket hidrolis sejenisnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan lainnya yang tidak mengurangi mutu bata beton. Bahan bangunan ini digunakan sebagai salah satu alternatif pengerasan permukaan tanah atau dijadikan penutup tanah dan dikenal juga dengan sebutan bata beton (concrete block) atau conblock.

kelebihan paving block

Sumber gambar: http://cisangkan.co.id

Terdapat banyak pilihan yang dapat digunakan sebagai penutup tanah. Namun diantara sekian banyak alternatif penutup permukaan tanah, paving block lebih memiliki banyak variasi baik dari segi bentuk, ukuran, warna, corak dan tekstur permukaan, serta kekuatan. Inilah yang membuat bahan perkerasan permukaan tanah ini sering dijadikan bahan lapisan penutup tanah yang dekoratif. Selain itu, bahan ini juga dapat divariasikan penggunannya dengan berbagai jenis paving atau bahan bangunan penutup tanah lainnya.

Keunggulan atau Kelebihan Paving Block diantaranya adalah:

1. Daya serap air baik, sehingga dapat menjaga keseimbangan air tanah untuk menopang beban betonan/rumah diatasnya.

2. Beratnya relatif lebih ringan dibandingkan dengan betonan/aspal, sehingga dapat menjadikan satu penopang utama agar pondasi rumah dapat tetap stabil.

3. Penggunaannya akan memberikan serapan air yang baik sekitar rumah / tempat usaha anda akan menjamin ketersediaan air tanah untuk bisa dibor/digunakan untuk keperluan sehari-hari.

4. Dapat tampil dalam berbagai motif, bentuk, warna, dekorasi, dan desain-tidak seperti yang biasa digunakan untuk trotoar umum yang berkarakter monoton yang lazim disebut con block.

5. Terdapat jenis paving block yang disebut grass block. Jenis yang satu ini memungkinkan rumput dapat tumbuh di sela-sela tertentu, sehingga penggunaan grass block akan memberikan kesan alamiah, dan dapat membuat rumah atau bangunan anda lebih sejuk. Kesejukan tersebut dikarenakan rumput dapat menyerap sinar ultraviolet matahari, dan sinar tersebut tidak memantul pada bangunan.

6. Lebih irit biaya dibandingkan dengan pelapisan dengan menggunakan batu alam.

7. Lebih mudah dipasang dan tidak terlalu rumit.

8. Ketika terjadi kerusakan atau cacat berat, dapat dilakukan penggantian dengan cara mudah. Hanya perlu diganti atau diangkat di bagian yang rusak atau cacat saja. Pembongkaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

9. Lebih tahan terhadap cuaca panas terik matahari dan hujan, serta tidak mudah berlubang tidak seperti aspal atau beton.

10. Dapat di desain sedemikian rupa untuk tampil lebih artistik dan dijadikan eksterior yang menawan, baik untuk luasan tanah skala kecil ataupun besar, terutama pada eksterior. Penampilannya dapat dipadukan dalam design eksterior untuk semakin membuat rumah nyaman dan asri.

Paving block banyak juga dikenal dengan nama Conblock, yang merupakan salah satu jenis bahan bangunan yang dipergunakan untuk perkerasan jalan atau yang lainnya yang terbuat dari campuran beton dengan kekuatan tertentu, dengan ukuran atau dimensi serta bentuk khusus. Bahan baku yang dipergunakan adalah semen, bahan mineral dan pewarna/pigmen.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This