Kulit Wajah Berminyak Harus Selektif Memilih Produk Perawatan

Masalah umum yang sering dihadapi kaum wanita adalah kulit wajah berminyak. Biasanya, kulit berminyak lebih sensitif, sehingga komedo dan jerawat lebih mudah bersarang di kulit wajah. Perawatan dan penanganan yang salah dapat menyebabkan keluhan semakin parah.

Anda harus dapat memilih produk dan cara perawatan kulit wajah yang benar-benar tepat. Porsi penggunaan pada setiap produk yang digunakan juga harus tepat, tak boleh berlebihan. Penggunaan produk apapun, jika berlebihan akan mengakibatkan dampak yang fatal bagi kesehatan kulit.

tips memilih produk perawatan wajah kulit berminyak

Image Courtesy / Image Source : http://welearners.com

Seorang dokter ahli, Joshua Zeichner dari penelitian kosmetik di Mout Sinai Medical Center, mengemukakan beberapa penjelasan tentang zat apa saja yang berguna dan berbahaya bagi kulit berminyak.

Tips Memilih Produk Perawatan untuk Kulit Wajah Berminyak

1. Sebelum memutusksan untuk membeli pelembab, lihat dulu kandungan zat dalam produk tersebut. Pilih pelembab yang tidak mengandung minyak, atau pelembab yang menggunakan zat dimethicone sebagai bahan dasarnya. Dimethicone dan berbagai produk pelembab sejenis yang tidak menggunakan minyak, akan dapat menyerap minyak berlebih di wajah. Hindari pemakaian pelembab wajah yang mengandung zat petrolatum. Produk yang menggunakan zat ini biasanya cenderung terasa berat bagi kulit wajah berminyak.

2. Jika keadaan mengharuskan anda menggunakan produk yang mengandung minyak, maka selektiflah dalam memilih. Pelembab yang diberi label non-comodegenic dan non-acnegenic, dan telah melalui proses tes atau analisa, ini merupakan salah satu pilihan tepat untuk meminimalisir timbulnya jerawat pada kulit wajah.

3. Jangan gunakan berbagai macam produk kecantikan dan perawatan terlalu berlebihan. Gunakan sesuai porsi dan seperlunya. Seperti halnya saat memilih bedak, memilih kosmetik dan yang lainnya. Tips ini bukan hanya berlaku untuk kulit wajah berminyak saja, namun juga untuk semua jenis kulit.

4. Jangan terlalu keras memperlakukan kulit wajah yang berjerawat. Saat membersihkan wajah, terkadang tekanan usapan tangan terlalu keras, karena begitu besarnya keinginan hilangnya minyak dari wajah. Namun ternyata, perilakuk seperti ini justru akan membahayakan kulit wajahnya itu sendiri, sehingga wajah akan semakin berminyak lagi. Selektif dan lebih berhati-hatilah ketika anda menggunakan produk yang dapat membuat kulit wajah mengelupas. Bersihkan wajah setiap hari secara teratur, apalagi setelah beraktivitas seharian, baik di kantor maupun aktivitas lainnya di luar rumah.

Masalah komedo dan jerawat memang menjadi permasalahan yang sulit dihindari bagi kaum wanita. Akan lebih menyebalkan jika jerawat yang menempel di wajah meninggalkan bekas. Maka dari itu, berhati-hatilah dalam memilih produk perawatan wajah. Ada baiknya, konsultasikan dengan dokter, agar anda dapat memastikan, kesehatan kulit terhadap berbagai macam produk kecantikan yang akan anda gunakan. Jangan paksakan produk kecantikan mahal jika memang kulit anda ternyata sensitif dan tidak kuat.

Referensi: http://www.tabloidwanitaindonesia.net

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *