Tips Membuat Rumah Nyaman dan Asri

Menciptakan kenyamanan yang sempurna dalam sebuah hunian memang bukan pekerjaan mudah. Namun jika kenyamanan itu berhasil diciptakan, maka akan memberik efek kondisi psikologis yang positif bagi penghuninya. Sebuah rumah tinggal di desain sedemikian rupa, lengkap dengan interior nya, sebisa mungkin di kombinasikan untuk dapat menciptakan rumah nyaman dan asri.

Gaya apapun yang dipilih untuk menjadi tema sebuah hunian, hendaknya mengedepankan faktor kenyamanan.  Beberapa saran yang dikemukakan oleh Ir. A. Shonny, seorang arsitek perancang rumah tinggal tentang bagaimana membuat rumah nyaman berikut ini.

tips membuat rumah nyaman

Image courtety by photostock | freedigitalphotos.net

Tips Membuat Rumah Nyaman :

1. Organisasi ruang harus tertata dengan baik. Untuk itu beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

a. Pemisahan antar kelompok ruangan harus jelas, misalnya pemisahan antara kelompok ruangan servis, ruang pribadi, ruang semiumum, dan ruang umum.

b. Komunikasi dari satu ruangan ke ruangan lainnya harus mudah dan lancar.

c. Sirkulasi antarruang juga harus mudah dan lancar, terutama ketika harus memasukkan barang ke dalam ruangan.

2. Penggunaan finishing sedapat-dapatnya memakai dasar yang berasal dari alam.

3. Pencahayaan, baik alami  maupun buatan, harus dirancang dengan cermat penataannya supaya pandangan terhadap objek di dalam rumah dapat tercapai dengan baik.

Usahakan ventilasi dan cahaya alam cukup memadai agar sirkulasi udara dan cahaya dapat tetap terjaga dengan baik.

Pilihan penggunaan luang lebar terbuka dan cermin besar,  juga dapat mendukung terciptanya sebuah rumah nyaman. Penghuni dapat membebaskan pandangan pada sebuah ruang lebar terbuka seperti area taman didalam rumah, pada saat-saat tertentu, baik itu saat penat, saat bermain bersama keluarga, di pagi, siang, bahkan di malam hari.

Sedangkan cermin besar berfungsi untuk memanipulasi ruangan agar tampak lebih luas. Tempatkan cermin besar pada salah satu sisi ruang yang berhadapan dengan jendela atau ruang terbuka, sehingga akan didapatkan pantuan ruang luar yang luas. Sertakan pula sentuhan tanaman hias di dalam rumah untuk dapat memberikan kesejukan. Beberapa macam Tanaman hias hydrogel juga dapat dijadikan pilihan sebagai tanaman hias yang dapat membuat rumah tetap bersih dari butiran tanah.

Pertimbangkan estetika rumah harus berkaitan dengan beberapa faktor, antara lain keseimbangan, gradasi, ukuran, bentuk, warna, jenis bahan, pola, detail, bahkan dengan pernak perniknya agar tercapai suatu keharmonisan.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This