Setelah Putus Cinta, Jangan Lakukan Hal-hal ini!

Putus cinta banyak membuat orang jadi bersikap lain dari biasanya. Efek dari putus cinta juga bisa membuat seseorang menjadi lebih sensitif atau bahkan menjadi kurang bersahabat dengan lingkungannya. Tak sedikit orang yang baru saja memutuskan hubungan cinta dengan pasangannya, dengan atau tanpa disadari melakukan hal-hal buruk. Ladies KilasDara, setelah Putus Cinta jangan lakukan hal-hal ini!

Pertengkaran di antara pasangan, yang tidak dapat ditemukan solusinya juga dapat menyebabkan hubungan berakhir.Menerima kenyataan bahwa seseorang yang anda cintai kini tak dapat lagi berada di sisi anda memang sulit. Namun hadapilah kenyataan dengan besar hati dan bijak. Jangan lakukan hal-hal yang dapat merusak kehidupan, karir, kredibilitas serta pribadi anda. KilasDara punya sedikit saran untuk anda yang baru saja putus cinta, agar tidak melakukan hal-hal berikut ini.

Hal-hal yang Jangan Dilakukan Setelah Putus Cinta :

jangan lakukan ini saat putus cinta

Image courtesy by Michal Marcol | freedigitalphotos.net

1. Jangan mencari sosok baru terlalu cepat.

Hubungan anda berakhir tentu bukan tanpa sebab. Cobalah untuk mengintrospeksi diri. Bukan untuk menyalahkan diri anda sendiri, tapi untuk mencari tahu lebih dalam, seperti apakah sebenarnya pasangan yang ingin anda dapatkan? Jangan jadikan moment putus cinta anda untuk mencari pasangan sebagai pelampiasan. Tenangkan diri dan gunakan waktu dengan lebih bijak untuk memilih cinta yang baru.

2. Jangan teror sang mantan.

Berbagai emosi dapat timbul meningkat lebih dramatis, seperti marah, sedih, cemburu, benci, atau bahkan merasa kesepian yang teramat sangat, merindukan masa-masa kebersamaan. Hindari sms atau telepon sang mantan untuk beberapa waktu, hingga anda benar-benar emosi anda dapat terkendali, apalagi jika anda masih merasa belum bisa menerima kenyataan ini.

3. Menghina atau menjelek-jelekkan mantan.

Apapun bentuknya, menghina atau menjelek-jelekkan orang lain adalah hal tidak baik. Apalagi untuk seorang mantan, yang dulunya pernah memberi kebaikan dan kebahagiaan dalam kehidupan anda. Apapun kesalahan atau keburukan yang pernah dia perbuat, sifatnya, jangan beberkan kepada orang lain. Jika suatu hubungan diawali dengan baik, maka akhiri dengan cara yang baik pula. Toh anda masih dapat menjadi temannya.

4. Putus asa dan frustasi.

Jangan pernah merasa putus asa dan frustasi atas hilangnya hubungan cinta anda. Putus asa dapat membuat seseorang mengalami kegagalan dalam banyak hal. Hidup adalah perjuangan, jatuh dan bangun adalah sebagian dari serita kehidupan. Jangan jadi seseorang yang lemah dan tak berdaya saat menghadapi kegagalan. Cari solusi yang dapat membuat diri anda justru menjadi bangkit dan kuat, hingga anda dapat membuka kembali pintu hati anda untuk bersiap-siap menerima cinta lain yang lebih baik untuk anda, bukan malah sebaliknya, menutupnya rapat-rapat karena kejadian menyakitkan ini.

5. Jangan menyakiti diri sendiri.

Jangan memperburuk diri anda karena putus cinta, apalagi jika sampai melakukan hal-hal bodoh dan yang membahayakan diri anda sendiri, itu adalah hal yang paling  buruk. Sadarilah jalan hidup anda masih panjang, dan masih banyak kesempatan untuk mendapatkan banyak hal yang lebih baik, termasuk pacar atau pasangan yang juga lebih baik.

6. Membuang energi dan waktu percuma

Jangan libatkan keputusasaan anda ke minuman keras, obat terlarang, perilaku jahat, dan semua hal yang justru akan menjerumuskan dan merusak diri anda. Menyesali diri, menyalahkan orang lain, melamun, mendengarkan lagu sedih, menangis, menghabiskan waktu di tempat-tempat kenangan, merupakan hal-hal yang dapat membuang waktu percuma. Masih banyak hal positif dan bermanfaat, yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki hidup anda. Lupakan sejenak hal yang berhubungan dengan putusnya hubungan, misalnya dengan hangout bersama teman-teman, olah-raga, atau melakukan hal-hal yang positif dan menyenangkan.

7. Perbaiki hubungan dengan teman dan keluarga

Jika semasa pacaran waktu anda bersama teman-teman dan keluarga cukup tersita dengan kesibukan atau menemani sang mantan. Inilah saatnya untuk anda mengembalikan waktu-waktu yang hilang bersama teman, sahabat, atau keluarga anda. Manfaatkan kesendirian, masa pasca putus cinta anda untuk membina dan memperbaiki hubungan sosial anda.

8. Jangan mengumbar status kesedihan dan sakit hati.

Jangan membebani pikiran dan hati anda dengan hal-hal yang dapat semakin membuat diri anda merasa tersakiti atau terbuang. Hindari membuat status di media sosial, handphone atau status blackberry anda yang mengekspresikan kesedihan dan sakit hati yang sedang anda alami, karena akan terkesan seperti anda sedang ingin mendapatkan simpati dari orang lain.

9. Memusuhi atau membenci orang-orang terdekat mantan.

Sebisa mungkin untuk menghindari menyalahkan orang lain. Putusnya hubungan anda belum tentu disebabkan oleh semua orang di sekitarnya, teman-teman terdekat sang mantan. Cobalah untuk berpikir positif atas apa yang menimpa diri anda sekarang. Ambil hikmahnya, atau bahkan kalau bisa berterima kasihlah, bahwa ternyata orang-orang terdekat mantan anda telah dapat membukakan mata hubungan anda berdua ke arah yang lebih baik.

10. Meminta kembali barang-barang.

Apapun penyebab berakhirnya hubungan anda berakhir, setelah putus cinta,  jangan sekali-sekali meminta kembali barang-barang yang pernah anda berikan kepadanya. Pada saat masih bersama, tentu anda pernah mencurahkan dan menunjukkan kasih sayang, dan sebagai salah satu bentuknya adalah dengan memberinya sesuatu. Ini akan membuat rasa sakit anda semakin membesar dengan membawa barang-barang kenangan yang kembali di tangan anda. Relakan dan lepaskan dia dengan segala atributnya.

So ladies KilasDara, jangan takut melangkah ke masa depan, jangan tengok kembali masa lalu. Meski terdengar mudah, namun kenyataannya melupakan kesedihan dan rasa sakit itu tidak mudah. Tapi percayalah, kegagalan cinta hari ini, akan membuat anda lebih dewasa dan lebih matang lagi menghadapi dan menjalani suatu hubungan cinta. Ambil sisi positif serta hikmah dari kejadian ini, agar langkah anda dapat menjadi lebih ringan untuk mencapai apa yang anda cita-citakan di kemudian hari. Obati lubang di hati anda dengan harapan dan semangat berwarna putih, bukan dengan warna hitam dan gelap.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *