7 Tips Kerja Di Rumah Tetap Optimal

Memilih untuk memiliki kantor kecil atau kerja di rumah memang sepertinya lebih mudah ketimbang harus pergi setiap hari ke kantor. Meski terlihat lebih santai, namun ternyata banyak hal-hal kecil yang dapat membuat pekerjaan menjadi terbengkalai dan tidak juga terselesaikan. Bagaimana cara membuat bekerja di rumah tetap optimal?

Mencari uang atau penghasilan dengan bekerja di rumah, tak perlu menghabiskan waktu untuk bertemu dengan kemacetan lalu lintas, berpanas-panasan, dikejar-kejar waktu, melupakan sarapan, ketinggalan dokumen, dan hal-hal lainnya yang biasa dilakukan bila anda bekerja di luar rumah. Alasan itu juga yang membuat beberapa orang memilih untuk bekerja dari rumah saja. Padahal sebenarnya, jika anda tak pandai mengatur waktu, bisnis di rumah akan menjadi lebih tidak efektif.  Perlu sedikit trik untuk mensiasati agar mengerjakan bisnis dari rumah anda menjadi lebih optimal.

7 Tips Kerja di Rumah Menjadi Maksimal

tips kerja di rumah

Image courtesy by Ambro | freedigitalphotos.net

1. Buat dan Ikuti Jadwal Pekerjaan yang Tetap

Pagi hari setelah anda bangun tidur, segera ikuti jadwal yang sudah anda buat. Seperti layaknya pergi ke kantor, persiapkan diri dari mulai mandi, sarapan pagi, dan mulailah bekerja sesuai jadwal. Dengan begitu anda dapat waktu bekerja anda lebih terorganisir. Anda juga tidak akan kesulitan untuk mengatur waktu pertemuan dengan klien atau customer.

2. Pisahkan Saluran Telepon dan Internet

Segala yang berhubungan dengan pekerjaan dan bisnis, pisahkan dari urusan rumah tangga, termasuk saluran telepon dan internet. Usahakan agar anggota keluarga tidak berhubungan langsung dengan rekan atau klien bisnis anda. Apalagi jika anda bekerja online atau memiliki bisnis online.

3. Pisahkan properti dan ATK

Pisahkan berbagai macam properti dan ATK milik pekerjaan / kantor di rumah. Usahakan agar anggota keluarga tidak mengganggu properti kantor yang berada di rumah, sehingga kapanpun anda butuhkan, bisa digunakan, tidak perlu menunggu karena sedang digunakan oleh orang lain di rumah. Pemisahan ini juga akan baik untuk lebih dapat mengontrol administrasi dan keuangan secara terpisah antara kantor dan rumah tangga.

4. Nyamankan Area Kerja

Meski banyak furniture di rumah yang bisa anda gunakan untuk bekerja di rumah, di ruang manapun dalam rumah, sebaiknya gunakan barang-barang seperti meja, kursi, lemari, rak khusus untuk pekerjaan anda secara terpisah. Buat senyaman mungkin area kerja di rumah anda, baik dari segi ruang, maupun barang-barang yang anda gunakan untuk bekerja.

5. Jangan Lupakan Istirahat

Sesibuk apapun, jangan lewatkan jam makan pagi dan makan siang. Beri waktu istirahat untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Beri energi yang cukup untuk melakukan pekerjaan anda hingga petang. Waktu tidur yang cukup setiap malam akan dapat membuat diri anda tetap segar dan berenergi saat bekerja.

6. Tetap Konsentrasi

Kerja di rumah tak lepas dari hal-hal kecil yang dapat menjadi gangguan dalam konsentrasi bekerja. Suasana di rumah memang lebih santai dan homey. Suara musik atau tv saat anggota keluarga sedang menikmatinya, terkadang justru membuat hilang konsentrasi. Cobalah untuk meminta pengertian anggota keluarga untuk mengecilkan volumenya, atau carilah solusi lain yang dapat membuat diri anda tetap dapat berkonsentrasi saat bekerja.

7. Memisahkan Pekerjaan Rumah dan Kantor

Ini adalah hal yang biasanya paling sulit dilakukan. Memiliki kantor di rumah cenderung akan mendapat banyak godaan dari berbagai kebiasaan di rumah. Usahakan agar anda tidak melakukan pekerjaan rumah jika anda sedang dalam waktu bekerja. Disinilah alasan mengapa diperlukan membuat jadwal yang tetap untuk jam kerja anda.

Jika memang situasi mengharuskan anda untuk melakukan keduanya, baik pekerjaan bisnis dan pekerjaan / aktivitas rumah tangga, maka buatlah jadwal yang pasti untuk membedakan keduanya. Pada saat ada pertemuan, rekan bisnis tentu juga akan merasa terganggu jika kunjungan mereka diusik oleh pekerjaan rumah tangga anda yang seharusnya tidak mereka ketahui.

So ladies KilasDara, pekerjaan di rumah ternyata bisa menjadi maksimal jika anda mengikuti beberapa tips diatas. Apapun jenis pekerjaannya, akan membutuhkan konsentrasi, istirahat, dan pola makan yang baik. Cobalah untuk mengorganisir waktu bekerja anda dengan baik, agar mendapatkan hasil yang optimal sesuai atau bahkan melebihi ekspektasi anda.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *