Cara Menjaga Kesehatan Miss V

Kesehatan tubuh juga ditentukan oleh bagaimana cara merawat tubuh anda, dari ujung rambut hingga ujung kaki, tak terkecuali cara menjaga kesehatan miss v dan berbagai perawatannya. Kaum wanita sangat disarankan untuk dapat benar-benar menjaga daerah kewanitaannya agar terhindari dari berbagai penyakit kronis yang menyerang sistem reproduksi tubuhnya.

Cara menjaga kesehatan daerah kewanitaan

Image courtesy by dilip36 | flickr.com

Organ tubuh tertutup yang satu ini terkenal dengan sebutan Miss V. Meski ia berada di bagian tubuh yang tersembunyi, jangan lewatkan perhatian anda. Karena  keberadaannya yang tersembunyi, maka ia cenderung lembab dan akan sangat tidak sehat dan berbau jika tak dirawat dengan baik.

Kebersihan adalah hal yang paling tak boleh dilewatkan dalam urusan merawat Miss V. Perawatan praktis yang harus anda lakukan tidak sulit, anda dapat selalu menjaga si Miss V tetap sehat, jika anda mau memperhatikan dan melakukan sedikit tips menjaga miss v berikut ini.

Tips Penting Cara Menjaga Kesehatan dan Merawat Miss V

1. Selalu bersih setelah buang air.

Cara membersihkan daerah kewanitaan salah satunya adalah dengan cara menyiram air dari arah miss V menuju ke bagian belakang. Membersihkan dengan arah yang berbalikan itu tidak benar, karena sapuan air dari belakang ke depan malah justru akan mendorong bakteri atau kuman masuk ke Miss V. Selain tidak baik untuk kesehatan, bakteri dan kuman juga salah satu penyebab bau tidak sedap. Setelah itu, barulah keringkan dengan menggunakan handuk bertekstur lembut atau tisu yang “tidak” beraroma atau tisu yang tidak menggunakan pewangi.

2. Mengganti CD minimal sehari 2 kali

Celana dalam akan lebih mudah lembab dan kotor, jadi sebaiknya gantilah CD anda minimal 2 kali sehari. Atau jika memang sudah berasa lembab, segera gantilah dengan yang kering. Miss dan daerah sekitarnya adalah bagian tubuh yang sangat sensitif dan kelembapannya cukup tinggi. Keadaan seperti itu sangat rentan terhadap pertumbuhan jamur. Usahakan memilih bahan kain celana dalam dari katun atau kaus, karena bahan-bahan kain seperti itu akan menyerap keringat dengan baik.

3. Perhatikan kebersihan air

Cara merawat tubuh di daerah kewanitaan berikutnya adalah dengan cermat memilih dan menggunakan air. Lihat keadaan dan kebersihan toilet umum, terutama airnya. Jika memang anda harus buang air di toilet umum, akan lebih baik jika anda menyiapkan air minum kemasan yang lebih steril ketimbang air yang berada di bak atau ember di toilet umum untuk mencuci miss v anda.

4. Ganti pembalut secara berkala

Jangan malas mengganti pembalut saat anda sedang haid. Ganti sebanyak 4 hingga 6 kali dalam sehari, setelah buang air, juga setelah buang air besar. Atau jika memang diperlukan, ketika haid anda sedang banjir, anda boleh mengganti pembalut 2 atau 3 jam sekali. Saat anda mestruasi, kuman akan mudah sekali masuk ke bagian dalam miss V, dan bahayanya akan dapat menimbulkan penyakit di bagian saluran reproduksi anda.

5. Pilih-pilih pembalut

Jangan terlena oleh iklan dari merek pembalut. Pilih pembalut dengan bahan lembut dan cepat menyerap, tidak memakai wewangian apapun, serta dapat melekat dengan baik pada CD anda, tidak mudah bergeser-geser saat anda beraktivitas.

6. “SAY NO”” pakai wewangian

Salah satu cara menjaga kesehatan miss v yang satu ini benar-benar perlu dicatat. Jangan pernah lakukan ini! Menggunakan wewangian di Miss V anda. Sabun yang terlalu wangi juga sangat tidak disarankan, meski sebenarnya niat anda hanya ingin membuat miss v dan daerah sekitarnya tidak berbau. Namun ternyata, memberi pewangi di bagian miss v dapat menyebabkan iritasi, apalagi jika anda menderita alergi tertentu. Selain itu, bahan pewangi juga akan mengganggu keseimbangan kimiawi dalam miss v anda.

Daerah kewanitaan yang sehat tentu akan tidak berbau tak sedap. Jika perlu, percayakan kesehatan daerah kewanitaan anda ke dokter ahli, dengan cara cek up kesehatan secara berkala setiap rentang waktu tertentu. Jangan biarkan berbagai ancaman penyakit datang hanya karena anda belum atau tidak tahu bagaimana cara merawat miss v. So, be healthy, dear friends!

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *