Lakukan Pencegahan Penyakit Diabetes Mulai Sekarang

Penyakit diabetes melitus sering datang tanpa terduga, terutama bagi mereka yang tidak pernah melakukan cek up kesehatan secara berkala. Kebiasaan makan berbagai macam makanan dan cemilan tanpa kontrol cukup beresiko terhadap diabetes. Pemeriksaan kesehatan minimal 5 tahun sekali bila anda tak memiliki risiko dan tiap tahun bagi yang memiliki risiko sangat disarankan.

cara pencegahan penyakit diabetes melitus

Image courtesy by pat138241 | freedigitalphotos.net

Ada dua tipe diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Tipe Diabetes 1 biasanya berkembang pada masa kanak-kanak, merupakan gangguan genetik autoimun ketika sistem imun menyerang pankreas dan menghambat produksi insulin. Sedangkan penyebab diabetes melitus tipe 2 lebih banyak terjadi karena faktor obesitas (kelebihan berat badan) dan konsumsi gula berlebihan.  Bahaya yang ditimbulkan cukup tinggi, tingginya kadar gula darah yang terus menerus terjadi, akan menyebabkan masalah di organ-organ tubuh lainnya, dari penyakit jantung, kebutaan, pecahnya pembuluh darah, hingga ke penyakit stroke.

Di tahun 2000, telah tercatat di WHO sebanyak 8,4 juta penderita diabetes di Indonesia, jumlah ini merupakan urutan keempat terbanyak di dunia. Jika penderita diabetes militus terus meningkat, pada tahun 2030 diperkirakan, di Indonesia akan terdapat penderita diabetes baru sebanyak 1178 setiap harinya.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah diri anda mengalami pradiabetes dan diabetes melitus tipe 2. Berikut beberapa cara yang disarankan.

Tips Sehat Cara Pencegahan Penyakit Diabetes

Jadwal Angkat Beban

Menurut penelitian di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, penyakit diabetes dengan resistansi insulin dapat diturunkan kemungkinannya dengan meningkatkan massa otot. Lakukan latihan 3 hari beban dalam jadwal olah raga mingguan anda. Lakukan juga dua setengah jam setiap minggunya untuk beraktivitas kardio seperti bersepeda, lari, atau berenang, untuk membakar gula dalam tubuh anda.

Cukup Waktu Tidur

Bagi anda yang suka begadang, sebaiknya rubah pola tidur anda segera. Kurang tidur dalam jangka panjang yang terus berulang-ulang dapat menyebabkan terjadinya resistansi insulin tubuh. Cukupkan waktu tidur yang berkualitas dalam 7 jam setiap harinya di waktu malam.

Perkaya Serat dalam Tubuh

Serat baik untuk memperlambat aliran glukosa ke dalam aliran darah. Imbangi dengan makanan yang kaya serat seperti buah-buahan jeruk (dengan kulit ari) atau buah pir, saat anda sudah mengonsumsi makanan manis. Masukkan menu nasi merah dua porsi atau lebih dalam seminggu untuk menghindari datangnya penyakit diabetes.

Jangan Lupa Bersantai

Hindari stres, apalagi stres kronis. Banyak penyakit yang dapat timbul yang disebabkan oleh stres, tidak terkecuali penyakit diabetes. Sering-seringlah berlatih pernapasan dalam meditasi, yoga, pijat, atau mendengarkan musik untuk bersantai. Menurunkan gula darah dapat dilakukan dengan meredakan hormon stres dalam tubuh anda.

Cukupkan kebutuhan Omega

Untuk meningkatkan sensitivitas insulin, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung Omega-3, yang biasanya dapat ditemukan dalam makanan seperti ikan berlemak, salmon atau sarden.

Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang dapat memerangi diabetes. Vitamin D ini sering dikenal juga sebagai vitamin matahari. Cobalah untuk menyempatkan diri mengunyah IU sehari dengan mengonsumsi makanan, buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin D, seperti misalnya melalui susu, ikan berlemak, atau suplemen.

Bumbu Makanan

Kayu manis merupakan salah satu bumbu makanan yang cukup berperan dalam menurunkan kada gula dalam darah, dan membuat kerja insulin bekerja lebih efektif. Anda dapat menggunakan batang kayu manis atau bubuk kayu manis dalam , atau anda juga dapat mencampurkannya dalam kopi dan oatmeal.

Namun bagi anda ternyata telah kedapatan mengalami diabetes, maka cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut.

Cara Mengatasi Diabetes

Buat dan ikuti pola makan seimbang disertai olah raga yang teratur. Minimalnya pengetahuan tentang diabetes sering menyebabkan komplikasi pada penderita, maka sebaiknya carilah informasi tentang diabetes dan pengendaliannya secara lengkap.

Patuhi saran dokter, termasuk mematuhi konsumsi obat atau insulin yang dianjurkan oleh dokter.

Cek up kesehatan secara rutin. Kadar gula harus diposisikan pada tingkat normal, tidak boleh terlalu tinggi juga terlalu rendah. Tak ada salahnya memiliki alat monitor gula darah (glucosemeter), agar anda dapat mengukur sendiri tingkat gula darah anda di rumah.

Berhatil-hatilah mengonsumsi makanan manis yang menggiurkan dan berbagai macam junk food. Bahkan gula juga sering bersembunyi di balik makanan sehat seperti dressing salad rendah lemak. Pastikan anda memperhatikan dengan baik pola makan dan gaya hidup anda.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This