Menu Makanan Sehat Cegah Anemia

Seharian menghabiskan waktu dan energi dengan kesibukan di kantor, sering membuat banyak orang melupakan waktu untuk istirahat apalagi berolah raga.  Waspadai gejala anemia gizi atau kurang darah, jika anda tak benar-benar memperhatikan kesehatan anda selama sibuk di kantor.  Sebagai tips kesehatan, anda perlu membuat menu makanan sehat yang menjadi menu seimbang setiap harinya untuk mencegah anemia. Dan jangan lupakan pola hidup sehat dengan waktu tidur atau istirahat yang cukup.

menu-makanan-sehat-cegah-anemia

Image courtesy by Ambro | freedigitalphotos.net

Banyak juga mereka yang melewatkan sarapan pagi, walaupun sebenarnya sarapan pagi itu aktivitas yang tak boleh terlewatkan. Energi yang didapatkan dari sarapan pagi dapat memberikan banyak keuntungan agar tubuh tetap fit sepanjang hari. Sementara seseorang yang mengalami gejala kurang darah atau anemia, cenderung akan lebih mudah merasa letih, lemas, lesu, hingga ke sakit kepala, mual, sulit berkonsentrasi dan membuat tubuh dan pikiran anda kurang bersemangat.

Anemia disebabkan oleh berkurangnya tingkat protein pada sel darah merah yang mengandung hemoglobin (Hb). Substansi ini bertugas membawa oksigen ke otak dan ke organ-organ tubuh lainnya. Dengan berkurangnya hemoglobin, akan membuat kemampuan untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh akan berkurang. Inilah yang menyebabkan kapasitas dan kinerja seseorang yang menderita penyakit anemia menjadi berkurang.

Sebenarnya penyakit anemia terdiri dari berbagai jenis. Namun anemia yang paling sering terjadi adalah jenis anemia gizi. Anemia gizi ini disebabkan oleh kurangnya zat besi, vitamin B6, B12, dan vitamin C dalam asupan gizi dari makanan sehari-hari yang dibutuhkan oleh seseorang.

Selain memanfaatkan suplemen, penyembuhan anemia juga dapat dibantu dengan mengonsumsi menu makanan  sehat dengan kadar zat besi dan variasi vitamin yang terpenuhi kebutuhannya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan prinsip seimbang pada pola makan sehari-hari. Usahakan untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi dari berbagai makanan yang memiliki banyak kandungan hidrat arang, lemak dan protein, vitamin dan mineral.

Contoh menu makanan sehat yang seimbang :

  • Pukul 06.00 Buat sarapan pagi dengan roti isi selai kacang atau keju, satu buah segar dilengkapi dengan segelas susu.
  • Pukul 09.00 Telur rebus dan buah segar
  • Pukul 12.00 Makan siang dengan menu nasi putih yang dilengkapi dengan daging atau empal, hati ayam, dan tambahan sayuran seperti buncis, wortel dan tahu. Makan buah untuk menu penutup makan siang anda.
  • Pukul 15.00 Jika sempat, makanlah bubur kacang hijau untuk kudapan dan buah-buahan lagi.
  • Pukul 19.00 Menu makan malam dengan nasi putih, sayur bayam, tempe, ayam goreng kecap, dan tahu.
  • Pukul 21.00 Apel merah dengan susu skim.

(Referensi sumber : Majalah Men’sHealth / April 2005)

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This