Tips Bijak dan Hemat Listrik di Rumah

Hal-hal kecil yang biasanya tidak terlalu diperhatikan biasanya justru membuat pemakaian listrik di rumah anda boros. Bijak dan hemat listrik di rumah memberi banyak keuntungan pada anda. Selain membuat biaya pemakaian listrik menjadi lebih murah, anda dapat menghemat pemakaian listrik secara global.

tips cara hemat listrik di rumah

Image courtesy by bplanet | freedigitalphotos.net

Tips Cara Hemat Listrik :

  • Hilangkan kebiasaan membiarkan televisi atau radio dalam keadaan menyala saat acara telah usai, saat sudah tidak ditonton atau didengarkan lagi.
  • Atur intensitas warna terang atau brightness tampilan layar televisi dan monitor anda. Karena semakin terang setting warna yang digunakan, maka semakin besar pula energy yang harus digunakan. Selain itu, settingan cerahnya warna juga baik untuk kesehatan mata.
  • Jika tidak digunakan dalam periode waktu yang lama, sebaiknya tv atau radio dari switch atau tombol power yang ada di perangkat tv atau radio langsung, bukan dari remote control. Biasanya jika dimatikan lewat remote control, maka posisi tv atau radio anda masih dalam keadaan stand-by. Hal ini akan menyedot listrik sebanyak 5%.
  • Sebaiknya gunakan 1 buah televisi saja untuk satu rumah. Atau jika terdapat lebih dari satu tv, gunakanlah secara bergantian. Selain menghemat listrik, maka akan membuat keluarga anda semakin dekat dan hangat dengan kebersamaan. Tontonan anak-anak di rumah juga menjadi lebih terkontrol di bawah pengawasan anda.
  • Matikan penggunaan screen-saver pada layar monitor komputer agar anda dapat lebih hemat listrik. Jika memang tidak lagi akan digunakan, sebaiknya matikan saja komputer dan monitornya.
  • Gunakan mesin cuci jika memang cucian anda dirasa terlalu banyak. Jika cucian anda hanya terdiri dari beberapa setel pakaian saja, sebaiknya pilihlah mencuci dengan cara manual saja.
  • Biasakan menyetrika sekaligus dalam jumlah banyak daripada menyicil sedikit-sedikit. Ini akan membantu anda menghemat listrik di rumah. Atur juga panas yang digunakan pada setrika, sesuaikan dengan bahan yang akan disetrika.
  • Lepaskan kabel listrik pada setrika, cabut dari stop kontak setelah anda selesai menggunakannya. Selain aman, juga dapat menghemat pemakaian listrik. Setrika listrik 450 watt akan sama jumlah penggunaan listrik sebanyak 10 buah lampu neon bersamaan.
  • Bersihkan permukaan bawah setrika dari kotoran dan kerak yang menempel. Kotoran atau kerak yang menempel dapat menghambat panas. Sehingga pakaian akan lebih lama rapi dan waktu menyetrika akan lebih lama.
  • Gunakan tangki penampungan air agar motor pompa air tidak harus selalu on/off saat akan digunakan. Hal ini akan membuat pompa air anda lebih awet, dan pastinya akan menghemat listrik.
  • Jika anda menggunakan rice-cooker di rumah untuk menanak nasi, maka gunakanlah air panas dari air termos atau dispenser di rumah anda. Dengan cara ini nasi dapat matang lebih cepat, dan jumlah energi listrik yang disedot oleh rice-cooker pun akan berkurang.
  • Jangan lupa untuk selalu melepas colokan charger menempel di handphone, laptop, atau perangkat lainnya yang yang dicas. Cabut juga charger dari stop kontak.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *