Tips Dompet Aman Dari Pencopet

Perjalanan kerja, kuliah, sekolah, sering dihantui oleh perasaan khawatir hadirnya pencopet dompet atau barang-barang penting lainnya dari tas dan saku anda. Tak sedikit yang menjadi tidak aman dari pencopet dalam perjalanannya. Disaat-saat tertentu seperti mengejar waktu terburu-buru, tingkat kewasapadaan kita biasanya menjadi bekurang. Atau bahkan banyak yang keasyikan menikmati gadgetnya dengan bermain game atau chatting saat perjalanan di kendaraan umum.

Mengamankan dompet dari tangan pencopet bukan berarti anda harus mengunci gembok dompet anda lho. Ada beberapa tips untuk mencegah tangan-tangan jahat menjauhi anda dan menjauhi saku atau tas anda saat anda berada di tempat umum atau berada di kendaraan umum. Ikuti tipsnya berikut ini.

5 Tips Dompet Aman dari Pencopetan

tips dompet aman dari pencopet di tempat umum

Image courtesy by Vichaya Kiatying-Angsulee | Freedigitalphotos.net

1. Gunakan warna tidak mencolok

Warna yang mencolok dapat memusatkan perhatian banyak orang kepada anda, termasuk sang pencopet. Apalagi warna-warna mencolok bukan dari pakaian saja, tapi berasal dari perhiasan emas yang anda kenakan. Usahakan hindari warna-warna mencolok melekat di badan anda. Menggunakan penampilan sexy juga dapat menarik perhatian mereka juga lho, karena umumnya pencopet lebih banyak pria daripada perempuan. Usahakan penampilan anda tetap menggunakan riasan make-up ringan, dan tidak terlalu menarik perhatian banyak orang.

2. Pilih Kondisi Penuh

Pencuri atau pencopet lebih leluasa bergerak saat berada di tempat sepi atau lengang orang. Sekitar 4-5 pencopet bisa beraksi di kendaraan umum. Jadi akan lebih aman jika anda memilih kendaraan umum yang sudah penuh, meskipun kita belum dapat memastikan, apakah diantara mereka sudah terselip sang pencopet atau belum. Jangan lengah memperhatikan sebelah kiri dan kanan penumpang di sebelah anda. Biasanya, jika ada penumpang yang bertahan untuk tetap tinggal di pintu keluar, ada kemungkinan anda sudah terkepung.

3. Cermati Penampilan

Bukan tidak mungkin pencopet berdandan rapi dan benar-benar tidak ada kesan penjahat pada dandanan penampilannya. So, jangan sampai tertipu. Pencopet jaman sekarang lebih pandai menyembunyikan identitasnya, mereka tak lagi tampil lusuh dan mencurigakan. Seseorang yang dengan dandanan rapi namun berbekal peralatan beraksinya seperti tas besar, koran, atau map seperti lamaran kerja, patut tetap anda curigai. Lebih cermatlah dan jangan tertipu penampilan mereka.

4. Tingkatkan Kewaspadaan

Para pencopet beraksi dengan berbagai cara dan akan memanfaatkan kelengahan anda. Tetaplah waspada saat ada penumpang lain di kendaraan umum meminta anda membukakan jendela, menjatuhkan koin, atau berpura-pura hendak muntah. Jika melihat kejadian itu, segera posisikan barang-barang bawaan anda aman dari pencopet dan tidak terjangkau oleh mereka. Inilah tak tik yang mereka gunakan untuk mengecoh dan mengalihkan perhatian anda dari barang bawaan anda. Jangan juga terlalu keasyikan menelepon, sms, atau main game di gadget anda. Simpan dulu keasyikan anda untuk nanti sesampainya di tempat tujuan. Ini akan memperbesar kelengahan anda disambangi pencopet.

5. Siapkan Tempat Receh

Hilangkan kemungkinan anda untuk membuka dompet saat di kendaraan umum. Siapkan saja dompet kecil yang terpisah, khusus untuk menyimpan uang receh atau uang kecil. Membuka dompet di angkutan umum akan memberikan sinyal pada mereka para pencopet, dan memberikan kesempatan lebih lebar untuk mereka mendapatkan dompet anda.  Dengan begitu dompet anda akan lebih aman dari pencopet.

Untuk kaum pria biasanya memanfaatkan tali atau rantai yang dikaitkan ke ikat pinggang pada dompet yang  mereka kenakan. Namun cara ini juga belum terlalu efektif untuk aman dari kejahilan tangan pencopet yang berkeliaran di tempat umum. Karena panjanganya rantai yang digunakan, biasanya masih memberikan kesempatan kepada pencopet untuk mengambil isi dompet dengan trik yang mereka gunakan, dengan meninggalkan dompet yang sudah raib isinya tetap di tempat semula.  Jadi tetaplah waspada walaupun sudah mengenakan rantai untuk mengikat dompet anda.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

3 Comments

  1. Trims tipsnya berguna sekali.
    dapet tips dari sodara.
    Kalau ke pasar atw naik metromini di jakarta,untuk keamanan diri sendiri juga.
    Kita penampilan sederhana aja, bisa dibilang tampil kere gitu.
    Biar yang copet males. Copet juga lihat target pilih” juga mana yang oke mana yang ngga.

    Post a Reply
    • Terima kasih kembali…
      Iya betul sob. Mereka lebih jeli milih target, apalagi kalo penampilan kita mencolok di umum.

      Post a Reply
      • Bs dibilang sebagai anti aksi copet no.3,mereka upgrade kita downgrade penampilan

        Post a Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *