Cara Merawat Rambut Berminyak dengan Bahan Alami

Keindahan rambut yang senantiasa dijaga oleh kaum wanita membutuhkan perawatan rambut yang tepat. Tahukah anda, merawat rambut dengan bahan alami tidak kalah hebatnya dengan yang menggunakan bahan kimia. Bahkan perawatan rambut secara alami justru akan lebih membuat rambut anda sehat dan berkilau natural. Masalah rambut yang sering timbul seperti kerontokan rambut, rambut berminyak, rambut kering, rambut pecah-pecah, dan berbagai permasalahan rambut dapat juga diatasi dengan bahan-bahan alami.

merawat rambut menggunakan jeruk dan madu

Image courtesy by Paul | freedigitalphotos.net

Merawat rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami tentu akan membebaskan rambut dari berbagai resiko atau efek samping yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala. Anda dapat membuat sendiri ramuan tradisional yang ringan untuk menyehatkan setiap helai rambut mahkota kebanggaan wanita ini. Apalagi jika anda sering menggunakan peralatan tata rambut dan bahan-bahan hairstyling, sangat disarankan agar melakukan perawatan yang menggunakan bahan alami untuk menyeimbangkan kesehatan pada rambut anda.

Rambut berminyak sering menyebabkan rambut cepat lepek. Benar-benar mengganggu penampilan. Selain itu, rambut berminyak membuat rambut menjadi susah diatur. Masalah rambut berminyak dapat diatasi dengan cara merawat rambut dengan bahan alami yang cukup praktis. Simak cara mengatasi masalah rambut berminyak berikut ini.

Cara Merawat Rambut Berminyak dengan Bahan Alami

1. Campuran Jeruk Lemon dan Minyak Kelapa

Ambil 3 sendok minyak kelapa dan air perasan 2 jeruk lemon, campurkan merata. Usapkan ke seluruh permukaan helai rambut hingga benar-benar merata, dan diamkan selama kurang lebih 20 menit, biarkan campuran bahan alami tersebut menyerap dengan baik ke rambut. Kemudian, bilas menggunakan sampo dan air dingin.

2. Campuran Yogurt, Putih Telur dan Madu

Ambil satu buah yogurt, satu putih telur, dan satu sendok makan madu. Campurkan dan aduk merata. Basahi terlebih dahulu rambut anda, kemudian oleskan bahan campuran tadi hingga merata ke seluruh bagian helai rambut. Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar campuran bahan alami tersebut benar-benar menyerap. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

3. Campuran Alpukat dan Madu

Cacah halus daging satu buah alpukat dan campurkan dengan satu sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit agar campuran benar-benar menyerap. Kemudian, bilas bersih dengan air dingin.

Dari ketiga campuran diatas, di akhir perawatan selalu disarankan untuk dibilas dengan air dingin, tahukah anda mengapa demikian? Karena jika anda menggunakan air panas saat, maka akan menyebabkan kulit kepala dan rambut justru akan semakin berminyak. Maka dari itu, saat membilas rambut, sebaiknya gunakan air dingin.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *