Karakter Daging Ikan Salmon yang Lembut dan Bergizi

Ikan Salmon dikenal sebagai salah satu seafood yang mengandung banyak kadar gizi. Para ahli menyarankan, agar kita mengonsumsi ikan dalam 2 kali seminggu. Meski disarankan, terkadang banyak kaum wanita yang mengonsumsi ikan, dengan alasan takut akan kandungan racun dalam tubuh ikan.Sekarang mari kita lihat bagaimana karakter ikan salmon.

karakteristik daging ikan salmon

Image courtesy by rakratchada torsap | freedigitalphotos.net

Salmon memiliki tekstur daging yang lembut dan berwarna merah muda. Ikan salmon kaya akan omega-3 dan merupakan sumber vitamin D yang baik untuk mendukung kesehatan tulang dan kekebalan tubuh.

Mengonsumsi 75 gram salmon, ternyata dapat memenuhi saran asupan gizi sebanyak 52% akan kebutuhan niacin-vitamin B per harinya. Manfaat lain yang paling banyak dicari adalah bahwa  salmon dapat dijadikan peningkat energi serta dapat membantu tubuh anda untuk membakar karbohidrat dan lemak dengan baik.

Karakter Ikan Salmon:

Aroma amis dari dagingnya cukup tajam. Karena daging salmon mengandung lemak yang tinggi.

Saran Penyajian:

Untuk mensiasati aroma amis dari dagingnya, anda dapat menambahkan sedikit perasan jeruk lemon atau menggunakan kecap asin. Sebagai teman sajian, pilih sayuran hijau seperti bok choy atau bayam, karena kedua sayuran ini dapat mengimbangi tingginya kandungan lemak.

Masak atau panggang dagingnya dengan perasan air jeruk lemon. Salmon juga sering dipilih untuk menu makanan jepang seperti sushi dan sashimi. Anda juga dapat membuat salad salmon, yang dilengkapi dengan irisan daun bawang dan daun dill, yang dicampurkan dengan saus yogurt.

Mengolah daging ikan salmon sebelum dimasak juga jangan dicuci terlebih dahulu, selain dapat  menghilangkan juicy-nya, juga dapat menghancurkan dagingnya mengingat teksturnya yang sangat lembut. Saat akan mengolahnya, anda harus lebih lembut dan berhati-hati. Jadi cara membersihkannya dapat dilakukan hanya dengan di lap saja.

Selain itu, anda dapat memanggangnya dengan membubuhkan lumuran sirup maple atau saus jeruk.

Menurut ahli nutrisi, Rita Ramayulis, Ikan salmon sangat bermanfaat untuk kesehatan anak. Secara keseluruhan, kandungan gizi dan vitamin dalam daging salmon yang dikonsumsi setiap minggu, paling tidak 2-3 kali, akan dapat membantu daya konsentrasi anak dengan baik, sehingga anak juga dapat tumbuh lebih cerdas. Ikan yang memiliki kandungan lemak sehat dan omega-3 ini dijual di pasaran dengan harga yang cukup tinggi. Ikan salmon dengan kekayaan gizi ini sering dianggap pula sebagai ikan yang berkelas dan mewah.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *