Menghitung Berat Badan Ideal

Mendapatkan berat badan ideal dan membuat tubuh langsing tidak harus dengan diet mati-matian. Diet seperti ini justru malah membuat anda menjadi tidak sehat, asupan gizi yang seharusnya didapatkan oleh tubuh menjadi kurang.

menghitung berat badan ideal

Image courtesy by sattva | freedigitalphotos.net

Seperti yang selalu ditekankan dalam menjaga kesehatan adalah dengan menganut pola makan sehat dengan gizi seimbang dan gaya hidup yang menyehatkan. Ini adalah cara diet paling alami. Aktivitas dan olahraga cukup berperan penting untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Banyak pula yang salah persepsi mengenai cara menurunkan berat badan.

Anda bisa menghindari makanan yang terlalu asin ataupun terlalu manis. Sedangkan untuk camilan, cobalah untuk memilih camilan yang memiliki kadar 100 kkal saja per sajian, kandungan gula yang relatif rendah, kandungan serat diatas 4 gram, dan garam di bawah takaran 2,5 gram. Biasanya, anda bisa mendapatkan informasi kandungan camilan pada kemasan di bagian belakang. Makanan serba hijau dari sayuran atau buah-buahan juga baik untuk dikonsumsi.

Menurunkan berat badan atau melangsingkan badan dengan sama sekali tidak makan tentu cara yang benar-benar harus dihindari. Tubuh anda tak akan bisa mendapatkan asupan gizi yang cukup, meski tubuh anda bisa menuju berat badan ideal. Akibatnya, anda akan terlihat tidak sehat, tidak segar, dan lekas letih.

Jangan lupa, minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari akan membantu kesegaran tubuh, selain konsumsi buah-buahan dan sayuran. Selain membuat tubuh sehat, maka tubuh juga dapat awet muda. Sel-sel tubuh akan bekerja secara maksimal dengan bantuan asupan gizi yang anda konsumsi dari makanan sehari-hari. Anda tentu tak ingin nampak cepat tua bukan?

Bagaimana cara menghitung berat badan ideal seseorang? Hitung dengan Rumus BMI (Body Mass Index)

Berat badan : (Tinggi Badan)²

Misal:

  • Jika berat badan anda 45 kilogram dan tinggi badan 1,65 meter (165 centimeter)

45 : (1,65) ² = 16,5

  • Hasil perbandingan antara berat badan dan tinggi badan anda adalah 16,5
  • Berarti berat badan anda belum ideal, karena BMI-nya kurang dari 18,5

STANDAR UKURAN BMI

BMI < 18,5 = Berat badan kurang

BMI 18,5 – 22,9 = Berat badan ideal

BMI 25 – 29,9 = Berat badan berlebih

BMI ≥ 30 = Obesitas

Jangan panik jika memang berat badan anda terlalu berlebih ataupun kurang. Lakukan usaha dengan batas wajar, artinya tidak langsung melakukan diet berat atau olahraga berat. Jika memang anda ingin membuat tubuh anda memiliki berat badan ideal, cobalah untuk melakukan segala hal dengan smooth, dengan tidak melakukan hal-hal yang membuat tubuh anda berkurang atau bertambah secara drastis dalam waktu singkat. Karena hal tersebut justru akan membuat tubuh anda kaget dan dapat membahayakan.

Jangan juga serta merta percaya kepada obat-obatan penambah berat badan atau pengurang berat badan. Periksa secara cermat dan lebih teliti tentang keabsahan dan keamanan obat-obat tersebut. Perhatikan pula resiko dan efeknya setelah meminum obat-obatan diet. Cara paling aman adalah mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter ahli.

Untuk mencapai nilai atau ukuran BMI yang ideal, biasanya seseorang akan memilih untuk mengelola berat badannya, ketimbang mencari keidealan dengan menambah tinggi badan. Anda bisa memilih program diet sehat untuk menuju berat badan yang sesuai. Menambah berat badan atau mengurangi berat badan merupakan pendekatan yang paling mudah untuk memiliki porsi ideal.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *