Perbedaan Karakter Antara Beberapa Jenis Bedak

Sebelum memutuskan unmengaplikasikan bedak pada wajah, sebaiknya kenali  terlebih dahulu jenis kulit anda. Apakah jenis kulit anda termasuk dalam kategori jenis kulit normal, kering, berminyak, atau bahkan kulit yang sensitif. Dari beberapa jenis bedak yang tersedia di pasaran, mempunyai karakter dan pengaruh yang cukup berbeda, sesuaikan dengan usia, jenis dan warna kulit wajah saat menggunakannya. Perbedaan mendasar apa saja yang membedakan antara beberapa jenis bedak yang satu dengan yang lainnya? Simak beberapa jenis bedak berikut ini.

perbedaan macam macam jenis bedak

Image courtesy by photoexplorer | freedigitalphotos.net

Perbedaan Karakter Antara Beberapa Jenis Bedak

1. Karakteristik Bedak Padat

Bedak padat yang dikenal juga sebagai Compact Powder biasanya cocok digunakan untuk jenis kulit wajah kering atau normal. Namun demikian, seiring dengan perkembangan dan inovasinya, kini sudah banyak  bedak yang memiliki kandungan untuk kulit berminyak, sehingga pemilik kulit berminyak akan dapat tetap tampil dengan riasan menawan menggunakan bedak padat.

Karena penggunaannya akan memperlihatkan hasil yang cukup jelas dan tegas, maka sebaiknya anda menggunakannya tipis-tipis saja. Jika memang terasa kurang, maka anda dapat menambahkan intensitas pembaurannya saja.

Ada pula jenis bedak padat yang disebut dengan bedak Two Way Cake. Bedak padat ini lebih praktis digunakan, karena sudah terdiri dari foundation dan bedaknya sekaligus. Artinya, jika anda menggunakan bedak padat, maka anda sudah menggunakan foundation dan bedaknya. Maka dari itu, hasilnya pun akan terlihat lebih jelas, nyata dan lebih tahan lama. Anda bisa mengaplikasikan bedak padat ini menggunakan sponge basah (dibasahi terlebih dahulu).

Bedak ini biasanya tersedia dalam warna-warna natural, yang mendekati warna kulit wajah.

Bedak pada lebih cocok digunakan untuk acara atau event khusus, misalnya saja untuk acara pesta atau event-event khusus lainnya.

2. Karakteristik Bedak Tabur

Bedak tabur atau Loose Powder ini lebih cocok digunakan jenis kulit berminyak, karena bedak tabur lebih mudah menyerap keringat.
Menggunakan bedak tabur akan menghasilkan riasan yang lebih natural dibandingkan dengan menggunakan bedak padat. Untuk pemakaian sehari-hari, bedak tabur lebih cocok digunakan, meski terkadang, anda harus kerepotan untuk membersihkan butiran serbuk yang berjatuhan ke pakaian.

Namun sayangnya, bedak tabur sedikit kurang praktis untuk dibawa kemana-mana. Karena bentuknya berupa serbuk atau bubuk, seringkali mudah tumpah jika tutup kemasannya longgar.

Bedak tabur memang kurang tahan lama, karena sifatnya tadi yang mudah menyerap minyak atau keringat. Maka dari itu, untuk membuatnya bisa lebih bertahan lama, disarankan untuk menggunakan foundation atau alas bedak sebelum menyapukan bedak tabur ke kulit wajah, yang fungsinya seolah-olah sebagai perekat.

Seperti halnya bedak padat, bedak ini biasanya tersedia dalam warna-warna natural, yang mendekati warna kulit wajah.

Untuk membaurkan bedat padat secara merata pada wajah, gunakanlah spons dan dan kuas berukuran besar di akhir sapuan supaya lebih merata, dan menipiskan atau meratakan jika terjadi gumpalan. Cucilah wajah dengan sabun pembersih muka secara teratur, minimal 3 kali dalam seminggu agar kulit anda tetap sehat dan terhindar dari bersarangnya bakteri yang berkembang biak di kulit wajah.

3. Karakteristik Bedak Glitter

Bedak Glitter lebih dikenal dengan sebutan Shimmering Powder. Bedak ini merupakan bedan tabur yang dicampur dengan glitter, yang berfungsi untuk memberikan kesan cemerlang dan bersinar pada riasan wajah. Biasanya di aplikasikan di urutan akhir pemakaian make-up.
Shimmering Powder cocok digunakan pada event khusus seperti pesta , pemotretan, make up panggung, make up video shooting, atau make up artis.

Bedak ini biasanya tersedia dalam warna-warna natural, yang mendekati warna kulit wajah.

Selain untuk wajah, bedak ini juga dapat ditaburkan di bagian leher, punggung dan dada untuk memberikan kesan kulit berkilau. Anda dapat dengan mudah menyapukan bedak shimmering ini dengan menggunakan kuas.

4. Karakteristik Bedak Meteorite

Bedak berbentuk bulatan-bulatan padat berukuran kecil, dengan diameter kurang lebih 1/2 – 1 sentimeter.

Kesan yang dihasilkan dari penggunaan bedak meteorite ini akan menghasilkan riasan wajah yang lebih cemerlang dan lebih terlihat natural.

Dalam satu kemasan, ada yang terdiri dari satu warna, warna senada, ataupun kumpulan dari beberapa butiran warna. Ragam warna yang tersedia lebih banyak daripada bedak-bedak lainnya. Bedak meteorite ini juga biasa digunakan sebagai sentuhan akhir riasan tata wajah.

Berbeda dengan bedak lainnya yang bisa digunakan dengan menggunakan sponge, bedak ini digunakan dengan menggunakan kuas saja. Jika anda menggunakan sponge, maka warna sapuannya akan kurang merata, bahkan butiran bedak ini bisa mudah hancur jika terlalu ditekan.

5. Karakteristik Body Talc

Body talc merupakan bentuk lain dari bedak tabur atau bedak bubuk. Warna bedak ini tidak seperti bedak lainnya, body talc biasanya berwarna putih, dan fungsinya lebih mengutamakan penyerapan keringat, bukan bagian dari make up wajah.

Sesuai dengan namanya, jenis bedak Body talc ini digunakan untuk tubuh, bukan untuk riasan wajah. Tanpa harus menggunakan sponge seperti bedak lainnya, bedak ini bisa langsung dipakai dan ditaburkan ke tubuh anda.

Bedak ini biasanya di taburkan di bagian lipatan tubuh yang lebih sering memproduksi keringat berlebih, seperti misalnya di ketiak, pangkal paha, bagian belakang lutut, dan lipatan siku.

Dari semua jenis bedak di atas, memiliki karakter dan warna yang beragam. Anda dapat menyesuaikan warna bedak dengan warna kulit anda serta menyesuaikan bedak sesuai usia. Usahakan agar perbedaan warna tidak terlalu jauh, maksimum satu atau dua tingkat di atas warna kulit asli anda, agar bedak yang anda digunakan tidak seperti kedok atau topeng ketika melekat dikulit wajah anda.

Perhatikan pula tanggal produksi, kadaluarsa dari setiap produk yang akan anda beli. Hingga anda dapat memperkirakan umur bedak, kapan akan habis dan kapan bedak tersebut sudah tidak dapat digunakan. Dan jangan lupa, jika rajinlah merawat kulit wajah anda secara rutin, agar kolagen pada kulit wajah anda tetap sehat dan  tidak mudah kering  atau berminyak.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *