Tips Kerja Atasi Pekerjaan Menumpuk

Menatap meja kerja dengan setumpuk tugas yang belum terselesaikan memang menyebalkan. Malah terkadang, belum apa-apa sudah malas duluan. Memulainya pun terasa sangat malas. Duh, jadi harus bagaimana nih? Ikuti tips kerja tentang bagaimana menyelsaikan tugas menumpuk berikut ini.

tips kerja atasi kerjaan menumpuk

Image courtesy by Michal Marcol | freedigitalphotos.net

Menyelesaikan tugas atau pekerjaan banyak sekaligus itu tentu tidak mungkin. Cobalah ikuti urutan pekerjaan “BBC” seperti yang dikutip dari putihbening.com , “Benar, Bagus dan Cepat”.

Tips Kerja Menyelesaikan Pekerjaan Menumpuk

1. Lengkapi Informasi dan Data

Cobalah untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya atas tugas yang diberikan. Ketahui keingininan atasan dengan lebih terperinci. Sehingga anda dapat meminimalisir kesalahan, dan anda tak perlu mengulangi kembali pekerjaan yang sama di waktu berikutnya. Jika kesalahan terus terjadi, maka pekerjaan anda tentu akan terus bertumpuk, sementara pekerjaan baru terus datang.

2. Urutkan Pekerjaan

Buatlah urutan pekerjaan berdasarkan skala prioritas dari masing-masaing pekerjaan. Mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu, mana deadline pekerjaan terdekat. Mulailah mengerjakan tugas sesuai dengan urutan tersebut.

3. Cari Bantuan Pelengkap

Jika memang pekerjaan anda bukan hal rahasia perusahaan, dan ada yang menyulitkan anda, maka diperlukan uluran tangan dari rekan kerja yang memiliki keahlian lebih. Cobalah meminta bantuan, saran, pendapat dari mereka. Bukan untuk meminta untuk pekerjaan tersebut diselesaikan oleh rekan anda, tapi untuk dapat mendampingi mengerjakan pekerjaan anda. Setiap pekerjaan yang dapat terselesaikan oleh anda sendiri, tentu akan memberi anda pengalaman dan keahlian ekstra dari waktu ke waktu.

4. Alihkan Perhatian

Menyelesaikan pekerjaan dengan tingkat Perfect itu memang bagus. Tapi jika anda terlalu berkutat dengan salah satu tugas harus menjadi perfect yang berlebihan, tentu perlu waktu lebih banyak. Jika memang sudah selesai, teliti hingga menjadi perfect, bukan menjadi ekstra perfect dulu, kemudian beralihlah ke tugas berikutnya terlebih dahulu. Lakukan penelitian lebih lanjut agar tugas menjadi benar-benar perfect atau sempurna setelah anda melakukan beberapa tugas lainnya.

4. Jangan Lupa Relaksasi

Tips kerja berikutnya adalah jangan lupa relaksasi di sela-sela kesibukan. Meski anda dikejar-kejar waktu deadline, jangan lupakan bahwa tubuh dan pikiran anda perlu juga waktu istirahat dan rileks. Jangan forsir dan paksakan pikiran anda untuk mengerjakan semua pekerjaan sekaligus. Hal itu dapat membuat anda malah menjadi tidak fokus dan tidak teliti. Pikiran yang penat dan lelah, juga akan membuat cara berpikir anda melemah. Cobalah meluangkan sedikit waktu saja, untuk hanya sekedar melakukan relaksasi, misalnya dengan minum teh, memejamkan mata beberapa saat, melihat pemandangan indah, mendengarkan musik, atau hal-hal lainnya yang dapat merefresh pikiran dan tubuh di sela-sela kesibukan. Tidak ada salahnya membuat jadwal hang out atau rekreasi setiap akhir pekan bersama keluarga, kekasih atau sahabat-sahabat anda.

5. Motivasi Diri

Membangkitkan motivasi diri dapat dilakukan dengan banyak cara. Buat aktivitas di luar jam pekerjaan yang menyenangkan dan yang juga dapat membangkitkan motivasi dalam diri anda. Seseorang yang memiliki motivasi diri yang baik, tentu akan terpacu untuk menyelesaikan semua tanggung jawab dan pekerjaannya dengan baik dan akan lebih cepat dan efisien.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *