Mata Sehat dan Nyaman Menggunakan Lensa Kontak

Pengguna kacamata kini lebih banyak memilih menggunakan lensa kontak sebagai alat bantu pengelihatannya. Tak hanya mata minus atau plus, mata normal pun kini menggunakannya kontak agar mendapatkan penampilan yang lebih unik. Ada tips ber-contact lens yang perlu diperhatikan, agar tetap nyaman dan sehat saat menggunakan lensa kontak.

Tak sedikit pengguna contact lens yang mengeluhkan mengalami iritasi mata. Sebenarnya lensa seperti ini lebih cocok dikategorikan sebagai pendamping kaca mata, penggunaannya pun sebaiknya tidak terlalu lama. Jika anda berkacamata, maka penggunaannya dapat bergantian dengan kaca mata secara berkala, agar mata anda tidak lelah dan tidak mengalamai iritasi.

tips cara nyaman dan sehat menggunakan lensa kontak

Image courtesy by marin | freedigitalphotos.net

Lensa kontak yang dianjurkan menurut medis adalah digunakan untuk:

1. Membantu para pengguna kaca mata yang memiliki mata minus, plus, atau silindris dengan ukuran yang sudah besar, sehingga membutuhkan kaca mata yang yang cukup tebal.

2. Membantu menyeimbangkan perbedaan ukuran mata minus atau plus antara kiri dan kanan yang cukup jauh. Selain itu, juga membantu mengatasi masalah silindris tinggi dengan lebih baik.

3. Membantu mata menerima titik bayangan, fokus, dan cahaya dengan lebih baik.

4. Membantu memberikan kepraktisan saat banyak melakukan aktivitas gerak, seperti misalnya saat olah raga.

5. Kacamata cenderung lebih mudah berembun atau memantulkan sinar pada saat-saat tertentu, lebih sering bergeser dari posisinya. Lensa mata berjenis lensa kontak ini membantu anda menghindari masalah seperti ini.

Untuk anda yang memiliki riwayat penyakit atau rentan mengalami infeksi, tinggi kadar mukusnya (sedikit produksi air matanya), bekerja di lingkungan berdebu, sebaiknya tidak menggunakan lensa kontak.

Meski lensa kontak dapat membuat anda lebih fashionable dan membuat mata lebih indah, namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan menggunakannya. Menggunakan lensa ini harus benar-benar memperhatikan kebersihan dan kandungan air tetap terjaga. Iritasi dan luka goresan pada mata akan berbahaya bagi kesehatan mata.

Lalu bagaimana caranya agar anda dapat terhindar dari masalah iritasi pada mata saat menggunakan lensa kontak?

Tips Sehat dan Nyaman Menggunakan Lensa Kontak

1. Konsultasi ke Dokter

Pastikan anda memeriksakan dan mengikuti anjuran dokter sebelum menggunakan dan memilih lensa kontak. Anda dapat memastikan jenis, bentuk, serta ukuran yang cocok digunakan untuk mata anda. Apakah Soft lens atau hard lens yang sebaiknya anda gunakan. Ketahui pula pertolongan pertama apa yang harus dilakukan saat terjadi iritasi ringan, jika memang harus menggunakan obat tetes, ikuti anjuran dokter.

2. Periksa Mata Berkala

Hindari efek samping penggunaan soft lens atau hard lens secara berkala. Dalam keadaan normal atau tidak bermasalah, periksakan tiga atau enam bulan sekali. Jangan tunda-tunda, segera periksakan jika memang mata mulai tidak nyaman dan merasa terganggu, seperti mulai memerah atau perih.

3. Perwatan Secara Berkala

Anda harus melakukan perawatan untuk menjaga kebersihan serta kadar airnya. Gunakan cairan pembersih dan perawatan sesuai dengan anjuran dokter. Biasanya cairan perawatan atau cairan perendam akan disesuaikan dengan mereknya sendiri.

4. Kualitas Produk

Jangan tergiur oleh mode dan harga. Pastikan lensa yang akan anda gunakan sudah teruji kualitasnya, atau sudah terkenal mereknya sebagai produsen alat kesehatan yang baik. Jangan asal-asalan memilih produk lensa kontak. Bandingkan kadar air setiap lensa dari merek yang satu dengan merek yang lain. Kadar air lebih besar akan lebih baik, membuat mata anda tidak cepat kering.

5. Kebersihan Tangan

Pastikan anda mencuci bersih tangan anda sebelum mengambil memasangkan lensa pada mata. Begitu pula jika anda menggunakan penjepit karet yang digunakan untuk mengambil lensa dari wadah penyimpanan, pastikan dahulu kebersihan penjepitnya. Simpan di wadah tertutup penjepit karet setiap saat, agar terhindar dari bakteri atau debu.

6. Merawat Wadah Penyimpanan

Pastikan juga kebersihan wadah atau tempat menyimpan lensa. Cuci selalu dengan bersih, keringkan dengan kain bersih, isi dengan cairan perendam, setiap akan digunakan untuk menyimpan lensa usai digunakan. Ganti setiap hari cairan pembersih, atau setiap akan menyimpan lensa kontak.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This