Mengulas Seputar Tentang Selulit

Beberapa pertanyaan tentang selulit sering diajukan oleh kaum wanita. Masalah selulit seringkali membuat wanita merasa kurang percaya diri. Selulit bisa dialami oleh wanita yang belum menikah, mapun wanita yang sudah menikah. Mari kita lihat beberapa pertanyaan seputar selulit dan jawabannya, dikutip dari Kosmopolitan.

seputar pengetahuan tentang selulit

By Lanzi (Own work) [CC-BY-3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/3.0)], via Wikimedia Commons

Pertanyaan Seputar Tentang Selulit

Selulit itu apa?

Selulit sebenarnya adalah kondisi permukaan kulit yang tak rata dan bergumpal, berlokasi di sekitar paha, pinggul dan lengan bagian bawah. Bila ditekan, kulit akan tampak seperti kulit jeruk.

Apa penyebab selulit?

Selulit disebabkan oleh penumpukan pembuangan sisa-sisa zat dan kelebihan cairan yang tidak terpakai tubuh sehingga sirkulasi darah dan metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik. Zat dan kelebihan cairan ini terjebak dalam ruang-ruang jaringan lemak sehingga jaringan membesar dan mendesak lapisan epidermis kulit. Akibatnya, terjadilah lekukan kulit jeruk yang biasa disebut selulit.

Apakah selulit sama dengan strecth mark?

Tidak sama. Stretch mark adalah parut/gores putih yang terjadi dalam lapisan kulit dermis sebagai akibat tarikan tubuh dalam waktu yang lama, seperti kehamilan, obesitas, ataupun penurunan berat badan secara drastis.

Siapa yang paling mudah terkena selulit?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika, selulit menyerang hampir 99% wanita ketika memasuki usia 30 tahun. Selulit sudah mulai terbentuk sejak masa puber, tapi belum terlalu kelihatan karena kulit pada usia tersebut masih halus.

Lalu apa yang harus dilakukan agar selulit berkurang?

Olahraga yang teratur. Jangan kurang, tapi juga jangan berlebih. Karena aktivitas yang kelewat berat akan membuat jaringan mengerut dan tonjolan selulit jadi semakin tampak. Mengoleskan krim anti selulit (krim selulit) tidaklah cukup karena hanya akan menghaluskan permukaan kulit saja.

Menjaga kesehatan kolagen pada kulit ada hal penting, konsumsi makanan pencegah kerusakan kulit amat diperlukan. Sehingga kulit lebih sehat dan bisa mengurangi timbulnya selulit.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This