Tips Sukses Membuat Sushi

Tahukah anda bagaimana cara membuat sushi agar sukses? Hidangan sushi kini tak hanya tersedia di hotel berbintang saja, sushi semakin banyak diminati oleh masyarakat dunia. Di berbagai kota kini bermunculan cafe, kedai atau resto khusus yang menyediakan hidangan sushi dengan beraneka ragam harga. Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan jika anda ingin membuat sendiri Sushi di rumah, agar bisa menghasilkan Sushi yang lezat dan sempurna. Perhatikan pemilihan bahan yang tepat dan cara pengolahan yang benar.

tips mengolah dan membuat sushi

Image courtesy by podpad| freedigitalphotos.net

Tips Sukses Membuat Sushi Cita Rasa Jepang

1. Nasi

Nasi untuk membuat Sushi terbuat dari beras Jepang, yang memiliki jenis medium-grain. Tekstur nasi dari beras Jepang akan lebih lengket, sehingga saat digulung, nasi akan menggumpal sempurna, tidak tercerai berai.

Jangan digulung dengan bahan pencampur isi lainnya jika nasi masih panas. Diamkan nasi yang telah masak hingga memiliki suhu ruang yang cukup. Jika dicampur dalam keadaan panas, maka bahan isi nantinya akan lengket dengan nasi.

Nasi yang sudah mendingin, campur cuka beras (rice vinegar), garam, dan sedikit gula pasir ke dalam nasi dan aduk merata. Proses pengadukan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan wadah  kayu dan pengaduk kayu, agar kelebihan larutan cuka di dalamnya dapat terserap. Campuran ini akan memberikan cita rasa dan aroma khas pada nasi. Anda harus menggunakan rice-vinegar cuka beras jepang, sehingga aroma sushi akan benar-benar merupakan aroma khas Jepang. Biasanya cuka beras jepang juga tidak terlalu asam.

2. Nori

Nori merupakan pembungkus adonan sushi yang terbuat dari rumput laut berupa lembaran berukuran 20×20 cm. Warnanya nori hijau gelap.

Untuk Pilih nori rasa rumput laut, jangan gunakan nori yang berupa snack. Jika anda menggunakan nori snack, maka rasa original sushi akan tersamarkan oleh garam atau perasa yang sudah ada pada nori snack.

3. Higienis

Sushi identik dengan bahan-bahan mentah, jadi anda harus benar-benar memperhatikan kebersihannya. Sebelum mengolah bahan-bahan, pastikan kebersihan tangan anda. Simpan ke dalam lemari es ikan mentah, udang, yang dipersiapkan untuk diolah menjadi sushi ke dalam wadah yang tertutup. Anda tinggal mengeluarkannya dari lemari es jika akan segera mengolahnya. Makan segera sushi yang sudah dibuat, sehingga tidak segera tercemar bakteri jika terlalu lama didiamkan atau dibiarkan.

Pemilihan ikan juga harus benar-benar diperhatikan saat membuat sushi. Pilih ikan yang benar-benar berkualitas baik dan benar-benar masih segar. Ikan yang masih segar biasanya terlihat dari warna yang masih segar dan tidak pucar, baunya yang masih segar dan tidak menyengat, serta kekenyalan atau tekstur daging yang masih bagus, dan terbebas dari parasit. Sebaiknya beli ikan untuk bahan sushi di supermarket di bagian khusus area penjualan ikan untuk sushi. Di bagian tersebut akan lebih mengetahui dan paham tentang pemilihan, penyimpanan, serta penanganan ikan-ikan bahan untuk pembuatan sushi. Untuk makanan yang diproses, jangan lupa selalu perhatikan tanggal kadaluwarsanya.

4. Trik Menggulung

Sebelum membubuhkan nasi di atas nori, beri air pada permukaan nori agar nasi atau bahan pengisinya bisa menempel sempurna.
Siapkan makisu, sebuah alat penggulung khusus untuk membuat sushi yang terbuat dari bambu khusus. Gulung dan padatkan perlahan sambil didorong sehingga nantinya nasi bisa merekat dengan baik dan bentuknya bulat.

5. Proses Penyajian

Setelah membuat sushi, siapkan juga bumbu pelengkap yang dapat menambah cita rasa jepang semakin terasa diantaranya kecap Asin Jepang dengan tambahan wijen, wasabi, acar jahe (gari), dan bubuk cabai (togarashi). Tambahkan taburan tobiko (telur ikan terbang) di atas potongan sushi yang akan disajikan beserta bumbu pelengkapnya.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This