Cara Membersihkan Kulkas Bebas Bakteri

Pernahkah anda merasa terganggu dengan bau kulkas yang menyengat saat anda membukanya? Meski temperaturnya cukup dingin, bakteri masih berkesempatan hinggap di dalamnya jika anda tak cukup merawat bagian dalam dan isi kulkas. Membersihkan kulkas secara berkala cukup penting agar kulkas ada tetap dapat berfungsi dengan baik dan tetap sehat.

cara membersihkan kulkas bagian dalam

Refrigerator Display – Image courtesy by Pat Guiney | flickr.com (https://www.flickr.com/photos/mrmystery/14517725/in/photostream/)

Anda harus benar-benar memperhatikan makanan yang tersimpan dalam kulkas. Segeralah singkirkan makanan yang sudah basi atau kadaluarsa. Makanan basi yang tersimpan dalam kulkas tentu akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Misalnya saja anda lupa telah menyimpan daging dalam kulkas terlalu lama.

Jika memang ternyata bau tetap melekat setelah anda mengeluarkan makanan yang sudah basi, anda dapat menghilangkan bau tersebut dengan menggunakan campuran cuka dengan air dengan rasio 1:1, atau menggunakan baking soda di dalam kulkas selama kurang lebih 1 minggu. Simpan dalam piring kecil di dalam lemari. Cara ini hanya mampu menghilangkan bau tidak sedap saja, belum tuntas masalah bakteri yang ditimbulkan oleh bekas makanan yang basi.

Agar bakteri juga lenyap, maka usahakan membersihkan seluruh kulkas bagian dalam dengan frekuensi paling tidak 1 minggu sekali. Siapkan 1/4 cangkir baking soda dan campurkan ke dalam 1 liter air hangat, kain atau handuk berbulu lembut untuk membersihkan seluruh bagian dalam kulkas. Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana membersihkan isi kulkas secara lebih detail.


Cara Membersihkan Kulkas


Peralatan yang dipersiapkan:

Bahan cairan pembersih:

Cairan pemutih
Air bersih

Alat yang digunakan:

1 buah sarung tangan karet
1 buah baskom berdiameter cukup lebar
1 buah Sikat atau sikat gigi berbulu lembut
2 buah lap bersih (boleh kain lembut atau handuk lembut)
1 buah spon lembut

Cara Membersihkan Kulkas Bagian Dalam :

1.  Pastikan anda sudah mencabut kabel yang masih menancap ke listrik. Kosongkan isi kulkas terlebih dahulu dari semua makanan yang tersimpan didalamnya.

2. Satu persatu keluarkan rak dan laci di bagian dalam kulkas.

3. Siapkan baskom lebar atau anda juga bisa memanfaatkan bath tub di kamar mandi. Isi dengan air bersihkan dan campurkan pemutih, gunakan perbandingan 1:1. Rendam rak dan laci kulkas ke dalam air campuran tersebut. Sambil menunggu rendaman, mulailah membersihkan bagian dalam kulkas.

4. Bersihkan bagian dalam di setiap permukaan dinding dalam kulkas dengan menggunakan spon. Celupkan terlebih dahulu spon tersebut ke dalam cairan pemutih yang sudah dibuat tadi.

5. Bersihkan celah-celah yang sulit dijangkau, serta permukaan yang tidak rata, dengan menggukaan sikat lembut atau sikat gigi dengan gosokan lembut, jangan terlalu keras. Karena jika terlalu keras bisa menggores permukaan bagian dalam kulkas.

6. Bilas bagian dalam kulkas dari bekas cairan pemutih dengan menggunakan lap basah (lap yang sudah dicelup dan diperas dari dalam air bersih, bukan dari air campuran pemutih). Pastikan pembilasan ini hingga benar-benar bersih dari cairan pemutih. Kemudian keringkan lagi dengan menggunakan lap kering.

6. Setelah bagian dalam telah dibersihkan, kembali ke rendaman laci dan rak di dalam baskom. Gosok secara perlahan dan lembut dengan menggunakan spon atau sikat hingga bersih.

7. Cuci bersih rak dan laci yang telah disikat dengan cara mengguyurnya dengan air bersih yang baru, hingga cairan pemutih tadi benar-benar hilang. Kemudian keringkan dengan menggunakan lap kering dan bersih.

8. Masukkan dan rapikan kembali rak dan laci ke dalam kulkas seperti semula.

Biasakan untuk selalu menggunakan sarung tangan karet untuk kegiatan bersih-bersih yang melibatkan cairan-cairan pembersih.

Agar di waktu berikutnya kulkas anda tetap sehat, tidak berbau dan bersih, selain melakukan pembersihan secara rutin, pastikan juga anda memperhatikan cara menyimpan makanan dalam kulkas yang baik. Jangan sampai ada makanan basi lagi di dalam kulkas.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *