Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Rontok

Ada beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab rambut rontok dan tipis. Namun sayangnya, kebiasaan ini sering dilakukan tanpa kita sadari, dan kita tidak mengetahui dampaknya terhadap rambut. Berikut akan kita ulas kebiasaan apa sajakah itu.

Kebiasaan Yang Menjadi Penyebab Rambut Rontok dan Tipis

kebiasaan buruk penyebab rambut rontok

Image courtesy by Patou | freedigitalphotos.net

1. Sering Mandi Uap

Uap panas dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut menjadi kering dan rapuh jika bersentuhan terus menerus.

Tips:

Turunkan suhu mandi uap (steam shower) beberapa derajat. Pilih mandi air hangat dan bilas rambut dengan temperatur dingin.

2. Sering Menggunakan Peralatan Hair Styling

Suhu panas dari peratalan hair styling dapat merusak protein pembentuk rambut, juga merusak kultikula pelindung rambut. Kelembapan rambut akan terganggu dan bisa menyebabkan rambut rontok dan menjadi mudah patah.

Tips:

Batasi penggunaan hair styling 2 – 3 saja dalam seminggu. Semakin jarang semakin baik. Aplikasikan spray heat protection agar terdapat pelindung rambut dari gesekan peralatan hair styling yang digunakan.

3. Diet Berlebihan

Diet berlebihan memungkinkan rambut kurang menerima nutrisi. Padahal rambut membutuhkan asupan makanan yang mengandung besi, beta carotene, omega-3, protein, zinc, dan biotin.

Tips:
Konsumsi makanan sehat yang kaya akan protein dan yang memiliki kandungan seperti tersebut diatas, misalnya ikan, ayam dan kacang-kacangan. Rambut paling tidak membutuhkan protein paling tidak 46 gram per hari. Hal ini dapat membantu mengatasi kerontokan rambut.

4. Salah Memperlakukan Rambut Basah

Ketika rambut dalam keadaan jenuh H2O, kultikula pelindung sedikit terangkat, maka akan membuat rambut lebih sensitif. Kebiasaan menyisir rambut dengan cara yang salah saat keadaan rambut basah itu perlu dihindari. Apalagi ditambah dengan mengeringkan rambut dengan menggosok-gosokkan handuk ke rambut terlalu keras.

Tips:
Biasakan menyisir atau merapikan helai rambut sebelum mencuci rambut atau sebelum basah. Saat keramas jangan menggosok rambut terlalu keras. Gunakan handuk pengering yang berbulu lembut untuk mengeringkan rambut. Gunakan sisir yang sesuai untuk rambut setelah keramas, biasanya bergigi renggang.

5. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Gaya ekor kuda atau gelung yang terlalu keras akan membuat rambut mengalami ketegangan berlebihan pada folikel rambut, dan lama-kelamaan dapat menimbulkan luka. Folikel rambut lama-lama akan melemah dan menurunkan kemungkinan tumbuhnya rambut baru.

Tips:
Kurangi kekuatan ikatan rambut, kendurkan dari biasanya. Jangan mengikat rambut saat tidur, karena rambut butuh istirahat juga saat tidur.

6. Terlalu Banyak dan Sering Menggunakan Produk Hair Styling

Terlalu sering menggunakan produk hair styling juga dapat menjadi penyebab rambut rontok, apalagi penggunaannya cukup lama. Misalnya menggunakan hair spary atau gel yang kuat sepanjang hari. Biasanya hair spray mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi, sehingga helai rambut akan kering, rapuh dan mudah patah.

Tips:
Jangan terlalu menggunakan produk hair styling dengan volume terlalu banyak, terlalu lama, dan terlalu sering. Gunakan sesuai kebutuhan. Atau jika memang harus menggunakannya, pilih produk hair styling yang lebih lembut, seperti sejenis krim yang dapat menjaga keseimbangan kelembapan rambut.

7. Pemilihan Pil KB

Pil yang mengandung androgen dapat menyebabkan kerontokan bagi mereka yang sensitif terhadap androgen.

Tips:
Pilih pil KB yang mengandung androgen lebih rendah. Konsultasikan dengan dokter lebih jauh, dan coba diskusikan mana yang tidak terlalu banyak berpengaruh pada pertumbuhan rambut.

8. Sering Menggaruk-garuk Kepala

Gosokan yang terlalu keras atau sering pada kulit kepala dapat merusak kulit kepala tempat tumbuhnya rambut. Kultikula rambut dapat rusak dan helai rambut akan menjadi sensitif dan rentan mengalami rambut rontok.

Tips:
Kurangi resiko gatal-gatal di kepala dengan memilih shampo yang cocok dengan jenis rambut, atau sampo yang mengandung selenium, zinc pyrithione, atau tea tree oil. Jika masih belum bisa mengatasi gatal, konsultasikan pada dokter untuk memilih sampo yang lebih tepat, meminta pendapat juga penggunaan sampo anti jamur atau crotisone foam.

9. Sering Terkena Ultra Violet

Meski sudah berusaha melindungi rambut dari sinar UV, terkadang masih saja kecolongan pada saat-saat tertentu yang tak bisa dihindari. Terlalu sering tersengat sinar UV dapat menyebabkan kekuatan dan elastisitas rambut terganggu.

Tips:
Lindungi kepala dengan topi di bawah terik matahari, lengkapi pula dengan UV protector. Gunakan kondisioner pelindung tabir surya.

10. Frekuensi Mencuci Rambut Terlalu Sering

Memang benar, rambut yang selalu bersih setiap hari tentu membuat nyaman. Namun perhatikan frekuensi mencuci rambut, jangan setiap hari. Terlalu sering keramas dapat menimbulkan penumpukan sisa produk, ketombe, dan minyak dapat merusak folikel rambut, yang nantinya akan menyebabkan sulitnya tumbuh rambut baru setelah rambut rontok terjadi.

Tips:
Kurangi frekuensi keramas menjadi 2 hari sekali. Gunakan produk sampo yang mengandung sulfate-free untuk mengurangi kekeringan rambut.

11. Kebiasaan Menggunakan Obat-obatan

Jenis-jenis obat tertentu seperti obat anti-depresi, anti-hypertensi, anti kecemasan, atau obat pengganti tiroid, dapat mengganggu siklus normal tumbuhnya rambut.

Tips:
Konsultasikan mengenai penggunaan obat, ini adalah cara terbaik menggunakan obat yang sesuai. Mintalah juga obat alternatif lainnya kepada dokter, jika ada beberapa obat yang sekiranya memberi dampak pada kerontokan rambut. Tangani atau kendalikan stress dengan melakukan rekreasi, refreshing atau melakukan hobby secara berkala. Pijatan creambath juga dapat membantu merileksasikan otot-otot regang di kepala, leher dan punggung yang lelah dan tegang, sehingga dapat mengurangi keharusan penggunaan obat-obatan.

Referensi sumber: http://www.prevention.com/beauty/beauty/11-bad-habits-make-your-hair-thinner

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This