Tips Pilah Pilih Sabun Mandi yang Baik

Sudahkah sabun mandi anda sesuai dengan jenis kulit? Jangan hanya memperhatikan wangi atau aroma sabun saja, sabun mandi yang bagus untuk anda gunakan sebaiknya sesuaikan dengan jenis kulit yang anda miliki. Selain kesegaran, memilih sabun mandi yang baik dan tepat akan membuat kulit tubuh anda lebih terjaga keindahannya. Berikut tips memilih sabun mandi yang baik untuk beberapa jenis kulit.

tips pilah pilih sabun mandi

Image courtesy by Praisaeng | freedigitalphotos.net

Sabun mandi yang bagus tidak hanya dilihat dari wangi atau mereknya saja. Sabun yang tidak disesuaikan jenis kulit, kadang-kadang bisa menyebabkan kulit anda menjadi kering atau kusam, padahal tentu saja anda ingin kulit anda halus. Cobalah beberapa tips berikut ini untuk membantu anda pilah pilih sabun mandi yang cocok.

  • Sabun Mandi Kulit Normal

Kulit normal tak terlalu menyebabkan banyak masalah dengan menggunakan sabun. Kulit normal memiliki ciri-ciri, cukup kelembabannya, segar, lembut dan halus.

Tips memilih sabun:

Sabun yang menggunakan bahan seperti lavender, chamomile, camation rose atau minyak zaitun adalah pilihan yang baik untuk sabun mandi bagi anda yang memiliki kulit normal. Hindari pemakaian sabun yang diformulasikan untuk kulit kering dan berminyak.

  • Sabun Mandi Kulit Sensitif

Kulit sensitif biasanya lebih mudah terkena iritasi jika terjadi ketidakcocokkan dalam pemakaian sabun. Ciri-ciri kulit sensitif biasanya tampak tipis dan kemerahan.

Tips memilih sabun:

Kulit sensitif bisa juga sensitif terhadap alergi. Gunakan sabun yang lebih sedikit kandungan pewangi dan pewarnanya. Pilih sabun dengan Ph seimbang. Sabun yang mengandung ekstrak lidah buaya, Cocoa dan vitamin E, juga chamomile juga baik digunakan untuk kulit sensitif.

  • Sabun Mandi Kulit Berminyak

Produksi sebum atau minyak alami kulit lebih banyak dikeluarkan oleh kulit jenis berminyak. Ciri-ciri kulit berminyak biasanya tampak mengkilat, dan rentan tumbuh jerawat.

Tips memilih sabun:

Pilih sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Gunakan sabun yang lembut dan terbuat dari bahan alami seperti oatmeal, sea salt (mengandung garam), tea tree oil, citrus, lime, grapefruit atau tangerine. Produksi minyak dapat diseimbangkan oleh bahan-bahan tersebut. Sabun yang mengandung bahan alami tersebut biasanya berbentuk sabun batangan. Hindari pula menggunakan sabun dengan kandungan parfum buatan (fragrance oil) yang terlalu tinggi.

  • Sabun Mandi Kulit Kering

Kulit kering cenderung tampak lebih kusam dan terkadang terlihat mudah rapuh. Ciri-ciri kulit kering biasanya terdapat keriput di area mata, pipi dan bibir. Untuk itu, diperlukan sabun yang dapat memberikan cukup kelembaban pada kulit.

Tips memilih sabun:

Sabun mandi untuk kulit kering sebaiknya pilih yang mengandung bahan cocoa butter, jojoba (minyak kelapa), ekstrak avocado, Aloe Vera (lidah buaya), minyak zaitun, dan mengandung vitamin E.

Sabun mandi yang baik dapat juga menggunakan sabun alami, artinya sabun yang memang dibuat dari bahan-bahan dasar alami, baik untuk bahan dasar sabun, pewangi serta pewarna yang digunakan. Nah sobat KilasDara, cobalah untuk lebih selektif lagi dalam memilih sabun mandi yang anda gunakan sehari-hari, agar kulit anda tetap sehat dan indah.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This