3 Jenis Keju yang Cocok Untuk Digoreng

Kelezatan berbagai jenis keju sudah tak diragukan lagi. Selain bisa langsung disantap, keju juga dapat dipadupadankan dengan berbagai makanan, dapat diolah bersama kue dan roti, diolah menjadi makanan ringan, hingga menjadi topping berbagai sajian atau hidangan.

Ada beberapa jenis keju yang cocok digunakan untuk pengolahan secara digoreng. Keju yang cocok untuk digoreng biasanya dipilih keju yang mudah meleleh saat digoreng.

Jenis Keju Yang Cocok Untuk Digoreng

1. Keju Mozarella

keju mozarella

Image courtesy by Jon Sullivan – http://pdphoto.org/PictureDetail.php?mat=pdef&pg=8553

Keju mozarella adalah jenis keju yang memiliki tekstur lembek, berwarna kuning keputihan, saat dingin teksturnya kenyal. Biasanya, keju ini digunakan sebagai topping makanan seperti pizza, sebagai isi roti, atau adonan kue yang digoreng. Keju ini lembek sehingga mudah meleleh. Keju ini juga dapat anda olah menjadi Cheese Ball lezat sebagai hidangan ringan.

2. Keju Camembert

jenis keju camembert

Myrabella / Wikimedia Commons / CC-BY-SA-3.0 & GFDL

Keju ini adalah salah satu keju yang memiliki tekstur lembek, biasanya bisa langsung langsung dimakan, diselipkan pada roti atau sandwich, atau dibungkus dengan kulit yang siap digoreng (seperti kulit martabak). Keju camembert ini berbentuk bulat dengan lapisan tipis diatasnya dan merupakan keju yang paling mudah meleleh saat dipanaskan.

3. Keju Cheddar

jenis keju cheddar

Photographer: Jon Sullivan

Keju Cheddar merupakan keju yang paling umum digunakan. Jenis keju cheddar ini memiliki tekstur yang agak keras, tidak terlalu keras juga tidak terlalu lember, berwarna putih, ada pula yang berwarna orange. Dapat ditemui di pasaran dengan berbagai macam rasa dan aroma. Keju ini dapat dihidangkan dengan cara membungkusnya dengan kulit lumpia yang kemudian digoreng untuk menjadi cemilan ringan.

Untuk membuat cheese stick goreng, anda juga dapat menggunakan keju parmesan sebagai alternatif.  Sedangkan jika anda ingin membuat cheese cake, biasanya dipilih jesnis keju krim cottage cheese, keju quark, mascarpone, ricotta dan neufchatel. Memilih jenis keju yang tepat untuk berbagai jenis masakan yang akan anda buat sebaiknya diperhatikan, agar cita rasa keju dapat benar-benar terasa. Selain memiliki berbagai macam tekstur yang berbeda-beda, keju juga memiliki aroma dan cita rasa yang beragam. Pilih yang sesuai atau paling cocok untuk masakan anda.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This