8 Tips Cara Merawat Pakaian Dalam

Cara memilih dan merawat pakaian dalam khususnya untuk wanita harus diperhatikan dengan baik. Bagus dan tidaknya pakaian dalam yang anda gunakan bukan ditentukan oleh brand, merek, harga mahal. Namun dapat dipengaruhi oleh bagaimana cara anda memilih dan merawat pakaian dalam itu sendiri.

tips cara merawat pakaian dalam

Image courtesy by anankkml | freedigitalphotos.net

Berikut ini kilasdara akan mengupas tentang bagaimana cara memilih dan merawat underwear yang tepat.

1. Pilih Ukuran yang tepat.

Saat memilih, pastikan anda memilih ukuran yang sesuai dengan ukuran tubuh anda. Jangan sampai terlalu ketat. Anda tentu sudah tahu bagaimana pengaruh pakaian ketat pada tubuh anda, apalagi di daerah sensitif. Selain anda akan tidak nyaman dibuatnya, berpengaruh pula pada kesehatan anda. Pilih ukuran yang biasanya sudah anda gunakan sehingga anda tidak harus mengira-ngira lagi. Biasanya, toko atau penjual pakaian dalam melarang calon pembeli mencobanya terlebih dahulu, karena ini merupakan barang yang sensitif terhadap kulit. Sehingga tidak boleh bercampur dengan orang lain.

2. Cari bahan yang berkualitas.

Bahan yang nyaman akan membuat pakaian dalam anda nyaman digunakan. Jangan pilih pakaian dalam yang tidak menyerap keringat dengan baik, apalagi jika efeknya membuat gatal. Rasakan kelembutan bahannya. Jangan terlalu tipis atau terlalu tebal. Pilih bahan yang lebih flexibel atau lentur, sehingga dapat mengikuti lekuk atau bentuk tubuh anda dengan baik.

3. Jangan gunakan bra ketat terlalu lama.

Bra ketat yang terlalu lama digunakan dapat membuat anda tidak nyaman, iritasi, pernafasan pori-pori kulit terhambat, gatal-gatal dan bahkan bisa membuat tekanan ketidaknyamanan saat anda beraktifitas. Jika terlalu lama digunakan, juga bisa membuat garis bekas pada kulit. Aliran darah pada tubuh juga akan kurang berjalan dengan baik. Pakaian dalam yang baik biasanya berbahan lentur sehingga jarang sekali meninggalkan bekas pakai di kulit.

4. Jangan tergiur diskon besar-besaran.

Kadangkala barang yang dibandrol diskon besar-besaran bisa jadi merupakan bahan reject, atau bahan yang kurang baik. Atau bahkan merupakan barang-barang yang tidak laku karena kualitasnya memang tidak bagus. Meski belum tentu demikian seluruhnya pada diskon besar-besaran, namun anda harus lebih teliti.

5. Lepaskan Tag pakaian dalam.

Bagian tag pakain dalam yang anda beli biasanya terbuat dari bahan yang lebih keras. Tag tersebut bisa merupakan tag ukuran pakaian dalam, merek, atau petunjuka perawatan. Ada beberapa tag pakaian yang menggunakan bahan karet, namun pada umumnya tag tersebut terbuat dari bahan yang lebih keras dari bahan pakaian dalam. Maka dari itu, sebaiknya anda membuang tag pakaian dalam yang anda beli, agar terhindar dari goresan, terutama dibagian kulit sensitif. Namun demikian, anda dapat menyimpan potongan-potongan tag yang sudah anda lepaskan tadi, untuk mengingatkan anda merek, ukuran, dan cara perawatan pada saat anda ingin membeli lagi karena kenyamanannya sudah anda temukan pada pakaian dalam yang anda gunakan tersebut.

6. Cuci dengan teratur.

Jangan menggunakan pakaian dalam dan menyimpan bekas pakai terlalu lama. Segera cuci dengan teratur. Sebaiknya anda tidak menggunakan mesin cuci saat mencuci pakaian dalam. Gunakan cara manual, yaitu dengan menguceknya dengan tangan. Baca cara perawatan jika ada dalam tag pakaian dalam yang baru anda beli. Setelah dicuci, gantung pakaian dalam untuk dijemur. Cara menjempur pakain dalam yang paling baik adalah dengan jangan langsung terkena sorot sinar matahari. Dengan begitu underwear anda bisa lebih awet.

7. Pisahkan penyimpanan.

Pisahkan area penyimpanan pakaian dalam dengan pakaian anda lainnya. Jangan ditumpuk bersamaan dengan pakaian anda lainnya. Karena ukuran pakaiana dalam itu lebih kecil dari pakaian lain, maka saat anda mencarinya tumpukan pakaian dalam anda akan tetap rapi. Jika sudah disimpan di lemari terlalu lama dan apalagi jika baunya sudah berbeda, segeralah cuci kembali sebelum siap digunakan lagi.

8. Tentukan kapan waktu harus ganti baru.

Anda tentu bisa merasakan kapan pakaian dalam anda sudah tidak nyaman lagi digunakan. Jika dirasa sudah tidak nyaman, segeralah ganti dengan yang baru. Rata-rata usia bra bisa 3 hingga 6 bulan, sedangkan untuk celana dalam bisa sampai 6 bulan. Jika anda memiliki jenis kulit yang gampang berkeringat atau banyak beraktifitas, cobalah pertimbangkan untuk menggunakan bahan pakaian dalam yang benar-benar dapat menyerap keringat dengan biak. Cara mengetes bahan adalah dengan cara berikan air pada pakaian dalam anda, perhatikan apakah air bisa langsung diserap atau tidak

Jika pakaian dalam anda bersih dan terawat, tentu akan membantu menyehatkan daerah Miss-V. Nyaman, rileks serta sehat ber-underwear adalah tujuan utama untuk mempelajari cara memilih dan merawat pakaian dalam dalam artikel ini.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This