Aneka Ragam Macam Macam Saus Terkenal di Dunia

Kebanyakan masakan memanfaatkan saus sebagai penambah cita rasa makanan agar lebih nikmat disantap. Di Indonesia, saus tradisional lebih banyak disebut sebagai sambal. Berbagai daerah di Indonesia memiliki sama ciri khas yang beraneka ragam. Begitu pula dengan saus, beraneka macam macam saus terkenal di dunia dari berbagai negara.

macam macam saus terkenal di dunia untuk-penyedap-makanan

 1. Apa itu Saus?

Saus adalah cairan yang digunakan sewaktu memasak atau yang dihidangkan bersama-sama makanan sebagai penyedap atau penambah cita rasa. Sambal dan kecap manis merupakan saus utama pada sebagian besar masakan Indonesia.

Kata “saus” berasal dari bahasa Perancis (sauce) yang diambil dari bahasa Latin salsus yang berarti “digarami.”

(Definisi saus : Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)Saus terdiri dari 2 macam jenis utama, yaitu saus dasar (Mother sauce) dan saus turunan (small sauce).

2. Jenis Utama Saus

Saus terdiri dari 2 macam jenis utama, yaitu saus dasar (Mother sauce) dan saus turunan (small sauce).

Mother sauce terdiri dari 5 jenis saus, yaitu:

  1. Bechamel Sauce, terbuat dari susu dengan Roux putih (roux adalah campuran tepung dengan mentega panas).
  2. Veloute Sauce, terbuat dari bahan cair kaldu putih ditambah roux putih atau kuning.
  3. Espagnole Sauce, terbuat dari bahan cair kaldu coklat dan roux. bila espagnole sauce dimasak lagi sampai kental akan menghasilkan Demiglace Sauce.
  4. Tomato Sauce, terbuat dari bahan cair tomat ditambah stock dan roux . tomato sauce dibuat dari wortel, bawang bombay, bawang putih, tomat segar, tomato pasta, dan bumbu bumbu ( merica utuh, bayleaf, tyhme, dan oregano).
  5. Hollandaise Sauce, terbuat dari bahan cair butter yang ditambahkan dengan kuning telur sebagai pengental.

3. Produksi Saus

Saus dapat berupa buatan pabrik dan sudah menjadi bahan jadi dalam kemasan.

Dari berbagai macam jenis Saus yang terkenal di dunia, dapat dibuat sendiri oleh pemasak atau koki. Beraneka ragam resep saus diciptakan dari macam-macam bahan olahan masakan, disesuaikan dengan jenis makanannya. Dalam olahannya tersebut dapat juga menggunakan saus produksi pabrik ditambah dengan bahan-bahan dan bumbu-bumbu masakan lainnya.

Macam-macam Saus Terkenal dari Berbagai Negara yang Terkenal

Nama-nama saus apa saja yang terkenal dari negara-negara di dunia?

  • Worcestershire Sauce

By photo: Qurren (talk) Taken with Canon IXY 10S (Own work) [GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html) or CC BY-SA 3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)], via Wikimedia Commons

Di Indonesia, saus ini lebih dikenal sebagai kecap Inggris, karena kecap ini adalah merupakan salah satu kecap khas dari Negara Inggris.

Kecap ini terbuat dari campuran beberapa bahan, diantaranya: kecap asin, cuka, molases, cabai, dan rempah-rempah lainnya.

Rasa kecap inggris ini gurih dan sedikit asam. Cairannya berwarna coklat dan biasanya dijual dalam bentuk kemasan botol. Saus ini dapat digunakan untuk penambah cita rasa sup, masakan daging atau steak, bumbu steak, masakan Eropa, dan sebagai bahan campuran untuk masakan tumis ala Cina.

  • Salsa

Salsa ini merupakan salah satu saus pedas khas Mexico. Salsa bukan berarti dansa. Salsa disini berasal dari bahasa Spanyol yang berarti saus. Di negara-negara besar yang berbahasa Inggris, saus pedas dari Mexico ini dirujuk sebagai saus celup untuk berbagai macam makanan.

Salsa terbuat dari campuran bahan-bahan diantaranya; tomat merah, bawang bombai dan avockad yang dipotong sebesar dadu kecil, dengan tambahan cuka dan lada hitam.

Rasa salsa ini asam dan segar. Saus ini biasa dihidangkan bersama tacos, nacos, buritos dan makanan khas mexico lainnya.

  • Tabasco Sauce

By DJM (Own work) [CC BY-SA 3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)], via Wikimedia Commons

Satu lagi macam saus pedas terkneal dari negara Mexico yaitu saus Tabasco.

Saus ini terbuat dari cabai merah khas Mexico yang terkenal pedas. Nama Tabasco sendiri diambil dari nama daerah di Mexico daerah asal penghasil merica.

Rasa saus Tabasco ini sangat pedas, asam dan menyengat. Cairan sausnya berwarna oranye muda dan teksturnya lebih cair dari saus-saus lainnya. Saus Tabasco ini biasanya dijual dalam kemasan botol kecil.

  • Alfredo Sauce

By Suchitra08 (Own work) [CC BY-SA 4.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)], via Wikimedia Commons

Alfredo sauce merupakan salah satu jenis saus putih yang biasanya jadi saus siram pada masakan-masakan Italia, terutama makanan pasta. Nama sausnya sendiri, diambil dari seseorang yang bernama “Afredo”, orang yang pertama kali membuat saus ini.

Saus Alfredo terbuat dari bahan susu, telur, keju, irisan daging bacon dan lada hitam. Anda dapat menaburkan keju dan peterseli diatasnya saat menghidang saus ini.

Tekstur saus alfredo ini lebih kental dari saus lainnya dan cukup creamy. Rasanya gurih karena rasa keju lebih mendominasi rasa saus ini.

  • Pesto Sauce

Pesto Sauce merupakan salah satu macam saus yang terkeanl di dunia, khas Italia. Saus ini berasal dari bagian utara wilayah Italia. Nama Pesto memiliki arti “dipukuli” atau “dihancurkan” dalam bahasa Italia.

Saus Pesto ini terbuat dari bahan-bahan diantaranya bawang putih, daun basil, dan pine nuts yang dihaluskan bersama dengan olive oil, kemudian ditambahkan keju parmesan ke dalamnya. Warna saus ini hijau segar.

Ada beberapa jenis variasi Pesto Sauce, diantaranya pesto ala genovesa (pesto yang dibuat dari genovese basil, garam, bawang putih, taglasco atau extra virgin olive oil, pine nuts dan keju) dan Pesto ala Calabrese (menggunakan campuran lada hitam hitam dalam campuran sausnya). Saus Pesto Genovese ini warna merah karena terdapat campuran bahan tomat, hampir mirip dengan saus pesto alla siciliana.

  • Bolognese Sauce

Saus ini merupakan saus tomat khas dari Bologna, Italia. Di daerah asalnya sendiri saus ini disebut ragu alla bollognese. Resep ini pertama kali dipopulerkan oleh Pellegrino Artusi.

Saus Bolognese kini dapat dibeli dalam bentuk kemasan. Restoran, koki, dan siapa saja sebenarnya sudah banyak yang bisa membuatnya sendiri secara manual. Bahan dasar saus ini adalah saus tomat, cincangan halus daging sapi muda, yang dicampur dengan dengan pencetta (Italian Bacon), bawang bombay, wortel dan beberapa macam rempah-rempah. Bahan-bahan tambahan yang biasa ditambahkan diantaranya adalah jamur kering dan ati ayam.

Rasa saus ini asam manis yang gurih. Teksturnya kental namun tidak terlalu halus.

Masakan yang menggunakan pasta-panjang seperti masakan spaghetti, lasagna, ataupun gliatelle biasanya menggunakan saus ini sebagai saus siramnya. Bisa ditambahkan potongan paprika hijau dan bawang putih ke dalam adonan sausnya.

  • Pasta Tahini

By Charles Haynes from Bangalore, India, upload by Herrick (Hummus) [CC BY-SA 2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0)], via Wikimedia Commons

Pasta Tahini merupakan salah satu saus Khas Timur Tengah dan Yunani.

Saus Tahini terbuat dari biji wijen sangrai yang ditumbuk halus bersama bawang putih dan minyak sayur/minyak wijen/minya zaitun. Tahini lebih dikenal umum sebagai mentega, pasta atau puree wijen.

Tekstur ini teksturna kental dan berminyak. Pasta Tahini biasa digunakan sebagai saus celup (hummus) dan saus salad. Tersedia saus tahini dalam bentuk kemasan di pasaran, namun anda juga dapat membuatnya sendiri.

  • Doenjang

By Badagnani (Own work) [GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html) or CC BY 3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/3.0)], via Wikimedia Commons

Bagi anda penggemar dan sering mmasakan Korea, pasti kenal dengan saus yang satu ini. Doenjang juga adalah salah satu macam saus terkenal di berbagai negara lainnya. Doenjang mengandung sumber mineral dan flavanoid yang bersifat antioksidan. Manfaat kesehatan Denjang lainnya adalah menjadi bahan makanan anti kanker.

Doenjang terbuat dari kedelai yang direbus yang kemudian dijemur atau dipanaskan dibawah terik matahari. Hasil pengeringan tersebut kemudian dipotong bentuk persegi, biasa dinamakan dengan mejubap atau meju. Pada proses pengeringan tersebut digunakan sebagai proses fermentasi sehingga akan muncul jamur berbau khas. Meju kemudian dindahkan ke dalam tempayan yang berisi air garam di tempat hangat setelah proses pengeringan tadi. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses fermentasi. Hasilnya inilah yang disebut doenjang. Jika dipisahkan dari air ferementasinya, maka akan menghasilkan ganjang.

Doenjang biasanya dimasak sebagai Doenjangjjige, terdapat tambahan tahu dan tambahan bumbu bubuk cabai, jamur, makanan laut dan daging.

  • Ssamjang

By leeey (https://pixabay.com/photo-552495/) [CC0], via Wikimedia Commons

Saus khas dari Negara Korea lainnya adalah Ssamjang. Ssamjang dapat diartikan sebagai saus pembungkus dalam arti harfiahnya. Ssamjang bisa disebut sebagai saus pedas manisnya Barbeque Korea.

Saus Ssamjang terbuat dari kombinasi doenjang, gochujang, minyak wijen, bawang merah, bawang putih dan bawang bombay.

Rasa ssamjang ini asam manis. Cara makan saus Ssamjang ini biasanya adalah dengan menaruh sejumput nasi dengan sepotong daging panggang (galbi atau samgyepsal) bersama kimchi diatas sehelai daun sangchu (sejenis daun bawang). Atau bisa juga dipadukan dengan daun perilla.

Saus ini rasanya manis pedas dan teksturnya kental. Ssamjang biasa diunakan dalam berbagai jenis masakan Korea terutama untuk SSambap.

  • Teriyaki Sauce

By Murcotipton (Own work) [CC BY-SA 3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0)], via Wikimedia Commons

Macam saus terkenal berikutnya adalah Saus Teriyakim adalah saus khas Jepang. Teriyaki sendiri adalah sebutan teknik memasak dari Jepang.

Saus ini terbuat dari bahan dasar kecap asin Jepang (Shoyu), jahe, kaldu, dan mirin. Selain tersedia dalam bentuk kemasan, kecap ini juga bisa anda buat sendiri di rumah. Dengan bahan campuran 4 sdm kecap asin, 2 sdm gula pasir, 1/4 jahe parut, 1 sdm sake dan 6 sdm mirin, maka anda dapat menikmati saus teriyaki ini di rumah.

Warna saus teriyaki ini cokelat kehitaman dan seikit kental. Rasanya asin dan sedikit hangat (bukan pedas) karena ada ada campuran air jahe. Saus ini bisa digunakan untuk cocolan makanan Jepang, bahan untuk melumuri baik yang berupa masakan seafood, ikan-ikanan maupun daging-dagingan, sebelum proses memasak atau memanggang.

  • Hoisin Sauce

By http://www.flickr.com/photos/joyosity/ [CC BY 2.5 (http://creativecommons.org/licenses/by/2.5)], via Wikimedia Commons

Saus Hoisin adalah saus khas dari China. Kata “hoisin” berasal dari pengucapan aksara Tionghoa. Dalam bahasa kanton, “hoisin” berarti seafood atau makanan laut. Namun demikian, saus Hoisin ini tidak mengandung seafood.

Saus ini didapat dari hasil fermentasi kedelai. Kedelai ini disangrai dan dihalus dicampur dengan gula, air, cuka, bawang putih, wijen, cabai merah dan bermacam-macam rempah-rempah.

Warna saus hoisin ini cokelat dan teksturnya kental, rasanya pedas manis dan beraroma khas. Sekilas terlihat seperti saus tiram atau saus plum.
Saus Hoisin digunakan untuk saus perendam daging panggang, sebagai saus yang dicocol (seperti cocolan masakan bebek peking, daging panggang, dan lainnya), juga sebagai bumbu dalam menumis dalam masakan cina. Biasanya dijual dalam kemasan botol.

  • Plum Sauce

By Badagnani (Own work) [GFDL (http://www.gnu.org/copyleft/fdl.html) or CC BY 3.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/3.0)], via Wikimedia Commons

Di Cina, saus ini sering digunakan untuk pelengkap hidangan peking duck. Saus Plum ini juga dikenal dengan sebutan saus bebek (duck sauce).

Saus Plum terbuat dari buah plum, aprikot, cuka, bula kecap, dan rempah-rempah.

Warna saus ini merah kecokelatan, rasanya manis dan teksturnya kental dan lengket seperti selai. Saus Plum biasanya dikemas dalam botol kaca.

 

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This