Tips Belanja: Membeli Sepatu OffLine dan OnLine

Pernah kecewa sepulang membeli sepatu di toko? Hal ini mungkin jarang terjadi, namun bisa saja anda pernah mengalaminya. Kecewa dengan sepatu pilihan anda, mungkin lebih banyak terjadi saat anda membeli sepatu secara online, karena anda kurang cermat memilih sepatu yang anda beli, dan juga kurang teliti memilih toko online yang anda percayakan. Berikut ini ada beberapa tips praktis dalam memilih dan membeli sepatu saat berbelanja. Tips ini berlaku untuk semua jenis sepatu, sepatu wanita, pria, dan sepatu anak, sepatu formal, serpatu sport, dan jenis-jenis sepatu lainnya.

Tips cara : membeli sepatu

6 TIPS MEMBELI SEPATU OFFLINE (DI TOKO)

KECEWA TERNYATA TERLALU SEMPIT DAN TIDAK SESUAI UKURAN KAKI

Ketika anda mencoba sepatu ketika masih berada di toko sepatu, anda merasa sepatu yang anda coba itu sudah cukup pas. Tapi ketika sampai di rumah, ternyata sepatu tersebut terasa sempit?

Tips:

  • Jangan membeli sepatu di pagi hari. Waktu yang baik untuk membeli sepatu adalah siang atau sore hari, karena pada saat itu, kaki anda sudah digunakan untuk dipakai berdiri atau berjalan. Kondisi kaki anda sudah mengembang di waktu-waktu tersebut. Sepatu yang terlalu sempit akan menyebabkan sirkulasi udara di dalam kaki akan semakin sempit pula sehingga dapat menyebabkan kaki berbau tidak sedap.

 

  • Model yang sesuai dengan keinginan dan selera anda sudah ditemukan di toko sepatu. Model tersebut bisa saja anda lihat langsung di rak pilih sepatunya, atau anda lihat dari etalase toko. Jika sudah menetukan model, sebaiknya mintalah sepatu yang masih baru kepada karyawan toko untuk mengambilkan sepatu yang masih tersimpan di gudang sekaligus dengan ukuran yang anda cari. Biasanya, sepatu yang dipajang di toko sepatu, bisa saja sudah pernah di coba oleh pembeli lainnya sehingga ukurannya bisa saja sedikit berubah.

 

  • Sepatu yang terbuat dari bahan kulit biasanya lebih mudah mengembang jika dibandingkan dengan sepatu yang terbuat dari bahan sintetis. Sepatu jenis kulit asli biasanya juga mengikuti bentuk kaki. Cobalah memilih kenyamanan dan ukurannya yang benar-benar pas dengan kaki anda.

 

  • Ada baiknya anda membawa kaus kaki jika anda membeli sepatu yang nantinya akan anda gunakan dengan berkaos kaki. Seperti sepatu kantor, sepatu olah raga dan sepatu formal. Belilah sepatu dengan ukuran satu nomor lebih besar dari ukuran kaki anda seharusnya. Sehingga saat digunakan menggunakan kaus kaki, sepatu baru tidak berubah menjadi sempit.
KECEWA TERNYATA SEPATU TIDAK NYAMAN DIGUNAKAN

Saat sudah sampai di rumah, anda coba lagi sepasang sepatu yang anda beli tadi ternyata tidak nyaman. Coba ingat-ingat kembali apakah tadi saat mencoba di toko, anda mengenakannya sudah sepasang atau hanya sebelah saja?

Tips Memeriksa dengan teliti:

  • KENYAMANAN SEPATU

Saat mau membeli sepatu baru di toko, sebaiknya anda mencoba kedua sisi sepatu, kanan dan kiri. Karena biasanya yang dipajang di toko memang hanya sebelah sisi saja. Mintalah kepada karyawan untuk mengambilkan pasangan sepatu sisi lainnya. Anda harus merasakan kenyamanan sepatu saat sudah digunaan di kedua sisinya. Cobalah berjalan-jalan sedikit di dalam toko untuk mengetahui kenyamanan dengan kedua sisi sepatu.

  • KONDISI SEPATU

Sepatu yang anda beli tentu saja harus dalam keadaan baik, artinya tidak rusak saat kembali diperiksa di rumah. Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi fisiknya saat masih berada di toko sepatu.

  • SOL SEPATU

Perhatikan kondisi sol sepatu. Sol sepatu yang kaku atau terlalu tipis dapat menyebabkan telapak kaki dan tumit anda lebih mudah merasakan pegal dan nyeri.

  • JAHITAN

Perhatikan pula jahitannya pada seluruh sepatu, apakah anda yang cacat atau tidak, rapi atau tidak. Jika terdapat cacat, sebaiknya minta sepatu yang tersimpan di gudang.

 

Lalu bagaimana jika anda membeli sepatu secara online? Tips tersebut diatas tentu sulit dilakukan karena anda hanya dapat memilih sepatu hanya dari gadget anda. Anda tidak dapat menyentuh dan mencobanya secara langsung. Berikut tips khususnya.

TIPS MEMBELI SEPATU ONLINE

Sebelum menentukan pilihan yang anda suka, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu tips berikut ini:

  • Jangan dulu tergiur oleh diskon besar-besaran, apalagi untuk sepatu-sepatu tidak bermerek, atau sepatu bermerek namun dijual dengan harga sangat jauh.

 

  • Jangan terburu-buru untuk membeli sepatu karena terlihat bagus di gadget anda. Pastikan anda cukup memiliki waktu untuk memilah toko-toko online yang terpercaya, reputasi baik dan laris.
    Lihat reputasi penjual atau toko sepatu tempat dimana anda akan berbelanja.

 

  • Sudahkah banyak yang membeli di toko tersebut atau masih nol ataukah jumlah pembeli sudah sangat banyak (minimal ratusan)?

 

  • Lihat halaman komentar pembeli lainnya sebelum membeli sepatu di toko tersebut? Apakah toko memberikan layanan tanya jawab yang nyaman dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan sebelum membeli?

 

  • Bagaimana feedback atau komentar para pembeli sesudah membeli di toko tersebut.

 

  • Baca dulu kebijakan pengembalian dan pengiriman jika setelah transaksi dilakukan barang tidak sesuai pesanan, rusak atau cacat. Toko yang baik untuk dipilih biasanya selalu menyertakan kebijakan pembelian di dalam toko online-nya.
    Jangan terburu-buru untuk membeli sepatu karena terlihat bagus di gadget anda.

 

  • UKURAN SEPATU YANG BENAR. Nah, masalah ini yang seringkali muncul ketika membeli sepatu online. Bisa saja ukuran ternyata tidak pas saat anda coba di rumah. Perlu anda ketahui, bahwa beda merek biasanya beda patokan ukurannya. Bahkan ada beberapa negara memiliki sistem standar ukuran sepatu yang berbeda-beda, diantaranya sistem ukuran Prancis, Inggris, dan ukuran Amerika.

Merek merek sepatu terkenal seperti sepatu Nike, sepatu Adidas, sepatu Puma dan merek terkenal lainnya juga memiliki standar ukurannya masing-masing. Jadi sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada pihak penjual apakah mereka menerima pemesanan dari ukuran telapak kaki yang digambar terlebih dahulu, disertai dengan penjelasan karakter kaki gemuk atau kaki kurusnya.

Lihat tabel ukuran sepatu internasional berikut ini:

tips membeli sepatu : tabel ukuran sepatu internasional

Kesimpulan:

Lebih teliti sebelum membeli sepatu akan membuat anda lebih puasĀ  dan sangat nyaman mengenakan sepatu barunya. Berbagai jenis sepatu baik merek terkenal maupun tidak, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tak semua sepatu murah itu tidak baik dan tidak awet. Tinggal bagaimana anda dapat mencermati bahan, jahitan, ukuran yang paling sesuai untuk melindungi dan memperindah kaki anda tentunya. Nyaman digunakan adalah hal yang sangat penting didapat agar kaki anda tetap sehat.

 

 

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This