Mencicipi Ciri Khas Masakan Mancanegara

Menyantap masakan Indonesia mungkin sudah terbiasa dalam keseharian. Bagi anda pecinta kuliner, sering penasaran dengan berbagai masakan nusantara yang jauh dari tempat tinggalnya, bahkan penasaran ingin mencoba berbagai masakan mancanegara. Artikel ini akan memberikan ulasan tentang beberapa ciri khas masakan mancanegara, bagi anda yang ingin mencobanya.

Masalah kandungan gizi masakan mancanegara yang ingin dicoba biasanya tidak terlalu dipikirkan terlebih dahulu oleh para pecinta kuliner. Menu masakan baru langsung dicicipi, karena lebih besar didasari oleh rasa keingin tahuannya. Namun ada baiknya jika anda punya sedikit gambaran ciri khas masakannya masing-masing.

CIRI KHAS MASAKAN MANCANEGARA YANG MENYEHATKAN UNTUK DICOBA

HIDANGAN ALA THAILAND

ciri khas masakan mancanegara thailand

PILIHAN:

  • Ayam ala Thailand terdiri dari sayur-sayuran. Kadang-kadang penyajiannya dihidangkan dalam nanas yang dilubangi. Makanan ini kaya akan gizi. Ciri khas hidangan Thailand ini kaya akan bumbu dan pedas, terdapat rasa asam, manis, masam dan sekaligus ada rasa pedas. Bumbu yang digunakannya biasa rempah-rempah segar, bukan yang dikeringkan.
  • Summer Roll, tauge, sayuran rebus, dan udang atau ikan yang dibungkus dalam kulit dari tepung beras yang rendah kalori.

HINDARI:

  • Sambal kacang. Rasanya memang lezat dan gurih, tetapi mengandung banyak lemak.
  • Teh Thailand rasanya sangat manis, karena dibubuhi susu kental manis dan kirim.

HIDANGAN ALA CINA

ciri khas masakan mancanegara cina

PILIHAN:

  • Wonton soup, masakan sup yang berisi siomay dengan berisi udang atau ikan. Jenis sup ini ringan namun menyegarkan dan penuh cita rasa lezat. Tetapi, berhatil-hatilah karena biasanya sup ini mengandung banyak sodium. Jika anda menikmati sup ini, ada baiknya anda banyak minum air mineral sesudahnya.

Di negara asalnya, rasa masakan dapat dipengaruhi pula oleh kondisi alam dan lokasi masakan tersebut. Beberapa daerah di Cina memiliki masakan ciri khas nya sendiri, misalnya masakan Szechuan, Cantonese, Hunan, Fujian, Shandong, Anhui, Jiangsu, dan Zhejiang.

  • Daging ayam, sapi, atau udang dengan brokoli. Karena kaya akan protein, serat, juga antioksidan. Untuk mengatur kalori, mintalah saus secara terpisah.
  • Nasi merah. Zat gizi dan seratnya lebih tinggi daripada nasi putih.

HINDARI:

  • Chow mein noodles dan menu-menu lain yang digoreng.
  • Kung pao chicken karena biasanya disajikan dengan banyak kacang mete yang kandungan lemaknya tinggi.

HIDANGAN ALA MEKSIKO

ciri khas masakan mancanegara mexico

PILIHAN:

Masakan Meksiko terlihat lebih menarik karena penampilannya beraneka warna. Rata-rata masakan Meksiko kaya akan protein, vitamin dan mineral.

PILIHAN:

  • Fajitas (ayam atau sayur) adalah makanan khas Meksiko yang diolah dengan sedikit minyak. Untuk mendapatkan manfaat lebih, mintalah tortilla jenis whole-wheat.
  • Black bean soup. Sup jenis ini kaya akan serat pencegah penyakit jantung.
  • Plain beean burrito. Sebagai isinya, pesanlah saus selada dan salsa, Untuk mengurangi kalori, mintalah agar keju dan saus krim disajikan secara terpisah.

HINDARI:

  • Nachos, salah satu masakan meksiko yang memiliki karakter renyah dan gurih, karena digoreng hingga kering dan disajikan dengan krim atau keju yang sudah pasti banyak mengandung kalorinya.
  • Tacos dan taquitos. Dagingnya penuh lemak dan kulitnya digoreng dengan banyak minyak.

HIDANGAN ALA INDIA

ciri khas masakan mancanegara india

Masakan India punya khas dari rempah-rempah dan sayuran yang digunakannya.

PILIHAN:

  • Tandoori. Dagingnya dibumbui dengan rempah-rempah dan yogurt beberapa sebelum dipanggang. Tandoori ayam biasanya terbuat dari daging ayam yang sudah tidak disertai kulitnya. Artinya, kandungan lemaknya lebih sedikit.
  • Kari vegetarian. Semakin banyak sayurnya, semakin sehat.
  • Dal. Puree dari lentil yang disajikan bersama roti ini sarat akan serat dan cita rasa.

HINDARI:

  • Samosa, yaitu olahan daging sapi goreng yang dilumuri dengan mentega.
  • Sebaiknya hindari apapun yang mengandung santan dan terlalu berlemak.

Kesimpulan:

Namun demikian, bukan berarti menu makanan lainnya tidak sehat. Tentu saja, masih banyak jenis masakan ciri khas mancanegara yang juga menyehatkan. Begitu pula di Indonesia, berbagai jenis masakan memiliki cita rasa disertai dengan nilai gizinya yang berbeda-beda. Bagi anda yang memiliki alergi terhadap makanan, atau punya riwayat penyakit tertentu seperti darah tinggi, kolesterol, tidak ada salahnya jika anda mempertimbangkan apa saja masakan baru yang sebaiknya anda cicipi.

Author: Fika Thiana

Share This Post On

Dapatkan Artikel-artikel Menarik KilasDara.com ke Inbox Anda!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This